10 Cara Alami Menggemukkan Badan Paling Efektif dan Aman

Cara Alami Menggemukkan Badan Selain obesitas, terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu kurus dapat menyebabkan munculnya osteoporosis, lemahnya sistem imun tubuh sehingga Anda lebih rentan terkena infeksi. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga berat badan yang ideal, tidak gemuk dan tidak kurus. Banyak penyebab tidak bisa gemuk yang mungkin Anda alami sehingga meskipun sudah banyak makan berat badan Anda tetap stabil.

ads

Menambah berat badan bukan berarti Anda bisa makan sembarangan dengan jumlah yang banyak tanpa memperhatikan nutrisi. Ingat bahwa Anda harus bertambah gemuk namun tetap sehat. Agar Anda bisa menambah berat badan namun tetap sehat, berikut beberapa langkah Cara Alami Menggemukkan Badan yang bisa dilakukan dengan mudah:

1. Konsumsi Kalori Lebih Banyak

Setiap hari tubuh selalu membakar kalori. Kunci menggemukkan berat badan adalah dengan memberikan tubuh asupan kalori yang lebih banyak daripada yang dibakar. Pertama Anda harus terlebih dahulu menghitung asupan kalori yang dibutuhkan.

Pelajari cara menghitung kalori makanan untuk diet terlebih dahulu kemudian pastikan berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan berdasarkan kondisi tubuh Anda. Untuk menambah berat badan, konsumsi 300 hingga 500 kalori lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh. Kalori bisa didapat dari nasi, namun Anda bisa mendapatkan banyak alternatif makanan mengenyangkan selain nasi untuk menambah berat badan.

2. Imbangi Kalori dengan Protein

Meskipun membantu Anda menambah berat badan, kalori yang terlalu banyak di dalam tubuh hanya akan berakhir menjadi lemak yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu imbangi konsumsi kalori dengan menambahkan protein karena sebagian besar otot dalam tubuh dibentuk oleh protein. Dengan mengkonsumsi protein tubuh bisa mengubah tambahan asupan karbohidrat menjadi otot, bukan lemak.

Akan tetapi berhati-hatilah dalam mengkonsumsi protein karena sifat protein itu mengenyangkan. Artinya, Anda mungkin tidak ingin lagi makan karbohidrat sehingga berat badan sulit bertambah. Pastikan untuk memperhatikan jumlah yang dikonsumsi agar keduanya seimbang. Selain protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan, ada banyak pilihan makanan penambah massa otot lainnya yang bisa Anda coba.

3. Minum Susu

Agar berat badan cepat bertambah, pilihlah susu murni, bukan susu bubuk atau susu skim. Susu murni memiliki 10 kali kalori lebih banyak daripada susu bubuk. Selain itu, kandungan vitamin dan nutrisinya pun lebih banyak karena tidak mengalami proses perubahan bentuk dari cair menjadi susu.

Jika Anda alergi laktosa, cobalah susu almon karena manfaat susu almond untuk diet juga cukup banyak. Pastikan untuk minum seperlunya saja karena susu almon dapat menekan rasa lapar yang mungkin menghambat proses penambahan berat badan.

4. Tambahkan Selai Kacang

Sarapan roti dengan selai kacang di pagi hari bisa menjadi awal yang baik untuk menggemukkan badan. Selai kacang mengandung kalori yang cukup tinggi namun tetap memberikan asupan berbagai nutrisi seperti asam folat dan vitamin. Selain roti, Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks lainnya untuk menu sarapan.


5. Gunakan Butter untuk Memasak

Tidak hanya selai kacang, roti yang dipanggang dengan butter juga dapat membantu menambah asupan kalori Anda. Butter tidak hanya berfungsi sebagai penambah kalori namun juga menambah citarasa roti untuk sarapan Anda. Akan tetapi butter mengandung lemak jenuh yang jika terlalu banyak dikonsumsi dapat membahayakan kesehatan, jadi jangan terlalu sering menggunakannya untuk memasak.

6. Tambahkan Keju ke Dalam Menu Masakan

Keju mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga cukup efektif untuk menambah berat badan. Makan keju tentunya akan sangat mengenyangkan karena rasanya yang gurih dan nikmat. Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak sekali jenis keju yang bisa dicampurkan ke dalam masakan atau cemilan.

7. Hindari Olahraga Lari

Setelah Anda berhasil menambah beberapa kilogram berat badan, jangan sia-siakan usaha keras tersebut dengan berlari. Olahraga yang satu ini dapat dengan mudah membakar kalori dalam tubuh Anda. Untuk sementara Anda bisa mencoba jenis olahraga lainnya.

8. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat tubuh lelah dan lesu yang berakibat pada berkurangnya kalori dalam tubuh. Pastikan untuk tidur yang cukup setiap malam agar tubuh tetap sehat dan bugar.


9. Makan Lebih Sering

Jika biasanya Anda makan tiga kali sehari, cobalah untuk makan lima kali sehari namun dalam porsi yang kecil. Makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil terbilang efektif untuk menambah berat badan. Anda juga bisa makan cemilan diantara waktu makan misalnya smoothie atau kacang-kacangan karena kandungan kalorinya cukup tinggi.

10. Berhenti Merokok

Kebiasaan buruk yang satu ini ternyata berpengaruh terhadap berat badan. Perokok cenderung lebih susah menaikkan berat badan dibandingkan mereka yang tidak merokok. Berhenti merokok tidak akan merugikan Anda dari segi manapun. Selain berat badan lebih ideal, tubuh pun menjadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai penyakit berbahaya.

Ada banyak Cara Alami Menggemukkan Badan anda. Hindari mengkonsumsi suplemen yang mungkin bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Jika memang diperlukan, Anda bisa mencoba shake penambah berat badan yang dijual di pasaran, namun tentunya produk makanan alami seperti susu sapi jauh lebih baik.

Jika berat badan Anda sudah mencapai target yang diinginkan, pertahankan agar tidak turun lagi secara drastis. Banyak cara menjaga berat badan agar tetap stabil yang bisa Anda pelajari sehingga Anda tidak lagi memiliki tubuh yang terlalu kurus. Boleh saja Anda kurus, namun jika terlampau kurus hingga membahayan kesehatan, menambah sedikit saja berat badan tidak ada salahnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tips