5 Cara Mengatasi Kekurangan Kalori Saat Diet wajib Kamu Pahami

Cara Mengatasi Kekurangan Kalori Saat DietKalori merupakan salah satu ukuran yang digunakan untuk mengetahui jumlah energi yang ada pada tubuh kita yang diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis zat makanan yang mempunyai fungsi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi antara lain adalah protein dan juga karbohidrat.

ads

Tentu asupan sumber energi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bisa berdampak yang tidak baik jika sumber energi tersebut tidak mencukupi.  Maka dari itu berikut ini adalah beberapa cara  mengatasi kekurangan kalori pada tubuh yang bisa dicoba agar asupan kalori pada tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

  1. Memperbanyak konsumsi karbohidrat dan protein

Tentu salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kekurangan kalori bagi tubuh adalah meningkatkan jumlah konsumsi karbohidrat dan juga protein. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan semangat menjalani berbagai aktivitas sehari-hari

Sayuran yang mengandung karbohidrat seperti kentang, jagung, biji-bijian dan kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh agar dapat dibakar menjadi energi. Selain itu lengkapi juga dengan makanan yang tinggi protein seperti daging dan ikan agar bisa otot juga bisa terbentuk sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kekurangan kalori pada tubuh.

  1. Meminum minuman berenergi

Salah satu akibat dari kekurangan kalori adalah tentu tubuh menjadi lemas dan juga tidak berenergi dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Mengkonsumsi minuman berenergi sesuai anjuran  bisa juga menjadi suatu cara mengatasi kekurangan kalori pada tubuh.

Namun untuk mengkonsumsi minuman berenergi ini juga sebaiknya jangan berlebihan karena juga bisa berdampak tidak baik bagi tubuh.

  1. Perbanyak konsumsi serat

Salah satu gejala dari kekurangan kalori adalah susah buang air besar karena kurangnya jumlah asupan serat yang masuk ke tubuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah tentu dengan rajin mengkonsumsi makanan berserat dan juga banyak minum air putih agar pencernaan dapat kembali lancar.

  1. Memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh

Terkadang tanpa sadar karena banyaknya kesibukan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari sering membuat kita kurang memperhatikan  apa yang konsumsi konsumsi. Selain itu diet ketat juga bisa menyebabkan seseorang juga bisa mengalami kekurangan kalori yang justru menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Salah satu cara mengatasi kekurangan kalori tersebut adalah dengan cara menghitung kebutuhan kalori yang diperlukan tubuh dan juga memperhatikan nutrisi yang diperlukan saat diet.

  1. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi

Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan seseorang dapat menjadi kekurangan kalori, dan tentu akibat dari kekurangan kalori bisa berdampak tidak baik bagi tubuh jika dibiarkan secara terus menerus. Maka dari itu ada baiknya juga untuk mengecek secara berkala kepada dokter ataupun konsultasi dengan ahli gizi agar kita dapat mengetahui apakah kandungan kalori dalam tubuh kita sudah mencukupi atau tidak.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi kekurangan kalori yang bisa menjadi rekomendasi, terutama sebelum memutuskan untuk melakukan diet. Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini. Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet