6 Khasiat Asparagus Untuk Diet Belum Banyak Orang Tau

Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Seperti sup asparagus yang biasanya menjadi menu pembuka di beberapa restoran di ibu kota. Asparagus tergolong sayuran eksklusif karena harganya yang relative mahal dan langka dibanding sayuran lainnya. Maka tidak heran jika belum banyak orang atau ibu-ibu yang mengetahui jenis sayuran ini. Asparagus sejatinya adalah rebung atau tunas muda dari tanaman asparagus itu sendiri. Karena itu asaparagus juga dikenal dengan sebutan ‘rebung elite’. Namun, tidak semua jenis tanaman asparagus menghasilkan rebung dan dapat dikonsumsi. Beberapa jenis asparagus justru menjadi tanaman hias karena bentuknya yang cantik, seperti:

ads
  1. Asparagus setactus

Varietas asparagus itu tumbuh merambat sehingga cantik jika diletakkan di halam rumah sebagai pembatas atau hanya sekedar ornament taman.

  1. Asparagus densiflorus

Asparagus jenis ini memiliki tajuk yang tebal dan mnyerupai ekor tupai.

  1. Asparagus umbellatus

Asparagus umbellatus juga salah satu varietas asparagus yang sering menjadi tanaman dekorasi taman.

  1. Asparagus falcatus

Asparagus falcatus memiliki daun yang lebar dan berbeda dengan jenis asparagus pada umumnya

Itulah beberapa jenis asparagus untuk tanaman hias, sedagkan varietas asparagus yang dapat dikonsumsi dan menghasilkan rebung adalah Asparagus officinalis. Asparagus itu terdiri dari dua jenis yang berwarna putih dan hijau muda. Kedua asparagus itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan teratur. Salah satunya khasiat asparagus untuk diet yang sangat digemari kaum hawa. Asparagus officinalis adalah tanaman tahunan yang berasal dari Eropa dan Asia. Dalam bahasa Persia asparagus dikenal dengan nama asparag yang berarti tumbuhan. Sekarang asparagus dapat dibudidayakan di Indonesia dengan ketinggian lahan mencapai 600 hingga 1700 meter diatas permukaan laut. Bagian rebung yang dikonsumsi biasanya berukuran 20-30 cm. Asparagus dapat ditemukan dibeberapa pasar modern, sedangkan dipasar tradisional asparagus jarang ditemui.

Kandungan Gizi Asparagus

Selain nikmat diolah menjadi berbagai jenis masakan asparagus juga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan masalah kencantikan. Khasiat asparagus untuk diet misalnya. Asparagus dapat dikonsumsi langsung tanpa pengolahan seperti mengkonsumsi lalapan untuk diet. Mengkonsumsi asparagus setiap hari adalah salah satu Cara Diet Vegetarian yang aman. Sedikitnya terdapat 6 kandungan asparagus yang mampu membuat khasiat asparagus untuk diet lebih cepat terasa, yaitu

  1. Mengandung inulin

Inulin merupakan salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat yang tergolong sebagai probiotic. Sehingga inulin dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi dalam tubuh dan menekan nafsu makan. Dengan begitu kita tidak akan makan secara berlebihan.

  1. Vitamin B

Asparagus mengandung banyak jenis vitamin salah satunya adalah vitamin B termasuk B1, B2, B3, dan B6. Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan bahwa vitamin B  mampu mengatur gula darah dan melancarkan metabolisme glukosa. Dengan kadar gula yang setabil maka akan meghindari anda untuk megkonsumsi makanan secara berlebihan.


  1. Bersifat diuretic

Vitamin C pada asparagus juga dapat bersifat diuretic alami. Sehingga mengkonsumsi asparagus dengan tepat merupakan salah satu Cara Diet Alami yang dianjurkan beberapa ahli gizi.

  1. Serat

Hampir sama dengan jenis sayuran lain, asparagus mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga setelah mengkonsusi asparagus perut akan merasakan kenyang lebih lama dan menghindari makan makanan yang berlebihan.

  1. Alkaloid

Alkaloid merupakan zat kimia yang dapat merangsang ginjal agar meningkatkan aliran peradaran darah. Alkaloid juga mampu memecah atau meluruhkan kandungan lemak dalam tubuh.

  1. Mengahancurkan lemak

Khasiat asparagus untuk diet yang terakhir karena asparagus mengandung zat kimia yang mampu membantu proses detokfikasi dan meluruhkan lemak dalam tubuh. Lemak akan luruh dengan cara memecah asam oksalat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet