11 Cara Diet Vegetarian yang Benar – Makanan dan Cara Memulainya

Cara Diet Vegetarian juga menjadi jenis diet yang sedang naik daun di masyarakat umum. Pada umumnya orang melakukan program yang tujuan utamanya adalah untuk menurunkan berat badannya atau membuat badannya menjadi ideal dengan konsekuensi tetap menjaga kesehatan tubuh. Sehingga banyak orang yang melakukan program diet ini dengan memilih metode diet yang tetap menjaga kesehatan tubuhnya.

ads

Baca Juga:

Cara Diet Vegetarian

Salah satu metode diet yang tetap menjaga kesehatan tubuh ini adalah metode diet vegetarian. Diet vegetarian merupakan salah program diet yang mampu menurunkan berat badan dan tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan nabati bukan dengan hewani. Dengan kata lain, Anda akan dialihkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh dengan sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan bukan dengan daging hewan. Dalam menjalankan program diet, ada baiknya perlu perencanaan agar program diet dapat dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini dapat membuat Anda berhasil dalam menjalankan program diet dengan memenuhi rasa lapar melalui nutrisi yang cukup sehingga tetap bisa menurunkan berat badan Anda.

Baca Juga:

1. Bangun Tidur

Ketika Anda bangun tidur dan perut masih dalam keadaan kosong, mulailah hari Anda dengan madu dan jus lemon hangat. Minuman ini sangat efektif sebagai detoks dalam menyingkirkan racun dalam tubuh. (Baca juga: Manfaat Buah Lemon untuk Diet)

2. Sarapan

Jika Anda sarapan menggunakan telur dadar, ada baiknya Anda kurangi bagian kuningnya yang mengandung lemak itu. Lebih Anda gantikan kuning telur dengan menggunakan jamur, paprika, bayam, atau bawang. Namun jika Anda memilih sarapan menggunakan sereal, lebih Anda kurangi porsinya dan gantikan dengan apel, strawberry, pisang, pear, melon, atau papaya. Anda pun bisa memberikan variasi ketika sarapan menggunakan buah dengan memotong-motong kecil-kecil buah-buahan apa saja di mangkok. (Baca juga: Cara Diet Bagi Orang Malas)


3. Makan Siang

Lebih baik Anda mengurangi porsi makan siang yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, mie. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan sayuran segar seperti tomat, daun selada, dan timun. Atau Anda juga bisa mengkukus sayuran seperti brokoli, wortel, asparagus, sawi putih, labu siam kecil, atau jagung manis. Pada intinya, ketika Anda hendak makan, porsi sayuran harus melebihi 50 persen di piring Anda. (Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Cepat)

4. Makan Malam

Ketika Anda makan malam, ada baiknya Anda menggunakan salah satu menu berikut ini:

  • Sup bening yang terdiri dari wortel, brokoli, jamur, dan jagung
  • Semangkuk sayuran yang dikukus dengan pepes tahu
  • Sepiring salad sayuran segar yang terdiri dari selada, paprika, tomat yang rendah kalori

5. Camilan Malam

Mungkin Anda belum bisa menghilangkan kebiasaan lama seperti nyemil di malam hari. Hal itu masih diwajarkan dalam program diet vegetarian ini. Hanya saja Anda perlu mengganti camilan Anda dengan menggunakan kecambah, apel, mentimun, wortel, the dengan biscuit, atau talas kukus juga bisa dengan menggunakan jagung manis kukus. (Baca juga: Bahaya Diet Ekstrim)

6. Sebelum Tidur

Sebaiknya Anda meminum susu skim hangat sebelum Anda beranjak tidur. Tapi, jika ketika Anda di hari itu sudah sarapan susu, sebelum tidur Anda tidak dianjurkan meminum susu, lebih baik Anda cukup makan buah saja.

Baca juga:

Menu Makanan Diet Vegetarian

Untuk Anda yang mencoba melakukan program diet vegetarian, Anda perlu menyusun menu untuk diet. Inilah beberapa menu untuk diet vegetarian :

1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak vitajmin, mineral, fitonutrien, antioksidan, protein, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayur-mayur yang baik ini di antaranya seperti brokoli, bayam, peterseli, kale dan lain sebagainya. Sayur-mayur tersebut memiliki kandungan yang rendah kalori dan rendah lemak, sehingga tidak membuat tubuh terkena kolestrol ataupun lemak jenuh yang membuat gemuk badan. (Baca juga: Pantangan dalam Diet)

2. Biji-bijian

Biji-bijian ini memiliki banyak kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral. Biji-bijian memang juga mengandung asam lemak, namun lemak ini tergolong lemak yang sehat. Biji-bijian ini di antaranya adalah biji rami, wijen, almond, kenari, kacang, biji bunga matahari (kwaci), dan biji labu. Biji-bijian ini dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu karena seratnya, biji-bijian juga dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh. Biji-bijian memiliki banyak kandungan dan fungsi. Selain menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolestrol, biji-bijian juga mampu member kekuatan pada tulang dan kecerdasan otak karena kandungan omega 3 yang banyak.

3. Susu Kedelai

Ikan dan ayam merupakan pantangan bagi orang yang sedang melakukan program diet vegetarian ini. Padahal ayam dan daging merupakan makanan yang kaya akan proteinnya. Sehingga, hal itu dapat diganti dengan susu kedelai sebagai pengganti protein dan nutrisi juga serat yang membantu proses lemak dalam tubuh dari penimbunan hingga pembakaran. Dapat dikatakan bahwa makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, kacang panggang, buncis, lentil, kacang hitam, dapat membantu meningkatkan metabolism dalam tubuh. Metabolism ini akan mengurangi nafsu makan seseorang, sehingga program diet pun dapat berjalan baik untuk menurunkan berat badan. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah B)

4. Sereal dan Gandum

Diet Vegetarian bisa menambahkan menu roti gandum Brown Rice, Oats, bubur, atau menggunakan roti Barley yang merupakan makanan dengan kandungan akan kaya gizi yaitu zat besi dan seng sebagai penambah energy dalam tubuh Anda. (Baca juga: Pantangan Diet Golongan Darah O)

5. Buah-Buahan

Buah memiliki kandungan rendah kalori tapi kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Selain meningkatkan metabolism, buah-buahan juga dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan menyehatkan jantung. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kadar airnya seperti semangka, melon, apel, papaya, atau bery.

Manfaat Diet Vegetarian

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari menjalankan program diet vegetarian ini, di antaranya:

  1. Menurunkan kolestrol dalam tubuh karena sayur dan buah tidak mengandung lemak jenuh; (Baca juga: Tips Diet Tanpa Makan Nasi)
  2. Sayur dan buah merupakan makanan yang mengandung lemak yang baik bagi tubuh, sehingga sayur dan buah dapat mengurangi tekanan darah dan ketegangan hiper dengan tekanan pada batas wajar, bahkan jantung akan tetap berada di kondisi sehat; (Baca juga: Tips Diet OCD untuk Pemula)
  3. Mencegah adanya penyakit kardiovaskular.(Baca juga: Diet Kentang Rebus)
  4. Asupan gizi dan serat yang cukup diterima oleh tubuh, asupan tersebut jumlahnya sama dengan kalori yang dihasilkan oleh daging pada umumnya. (Baca juga: Cara Diet Ibu Menyusui)
  5. Selain keseimbangan gizi, makanan vegetarian pun juga memperlancar proses pencernaan dalam tubuh karena makanan yang mengandung serat yaitu biji-bijian. (Baca juga: Cara Mengolah Sayuran untuk Diet)
  6. Resiko kankerpun masih dapat terhindar karena makanan vegetarian ini, karena makanan vegetarian mengandung zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan masih banyak nutrisi lainnya yang menyehatkan tubuh. Beberapa nutrisi lainnya itu, dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas. Dari sinilah dapat dijadikan acuan bahwa makanan vegetarian dapat mengurangi resiko kanker. Selain kanker, makanan vegetarian juga mampu menghindari penyakit jantung, sembelit, wasir, kanker usus, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang masih belum pernah menjadi seorang vegetarian, maka untuk menjalankan Cara Diet Vegetarian ini akan terasa sukar dilakukan. Namun, Anda bisa memulainya secara perlahan asalkan konsisten dalam melakukan program diet ini. Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan menjalankan seminggu dulu. Anda bisa melihat perubahan pada tubuh Anda setelah menjadi seorang vegetarian selama seminggu. (Baca juga: Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi)

, , , , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan