20 Cara Diet Alami dan Sehat Secara Cepat Dalam 1 Minggu (#Teruji)

Cara Diet Alami dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan pasti tetap menyehatkan badan. Bukan hal yang baru lagi diet ditelingga masyarakat indonesia. Mereka melakukan diet untuk satu tujuan yaitu agar mendapatkan berat badan ideal sesuai dengan harapan. Karena rasa yang tidak nyaman dengan perut menggelambir, lengan dan paha yang besar, pipi yang chubby menjadikan mereka sangat beriat untuk melakukan diet.

ads

Berbagai macam diet dilakukan oleh seseorang mulai dari diet yang biasa sampai yang luar biasa atau ekstrim. Mulai dengan diet OCD, diet mayo, diet dengan buah dan sayuran, diet dengan air putih, sampai diet yang tanpa makan nasi (Baca Juga : Cara Diet Dengan Jeruk Nipis ). Selain cara itu banyak juga macam diet lainnya tanpa harus menghindari salah satu jenis makanan, yaitu diet dengan cara yang alami.

Cara Diet Dengan Alami

1. Menentukan Target

Tragetkan penurunan badan kamu dengan realistis. Jangan terlalu berobsesi untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan waktu yang singkat. Misalkan anda mentargetkan dalam waktu seminggu berat badan anda harus turun 5kg. Ini membuat anda sangat mengontrol asupan harian anda. Tetapi apabila target penurunan berat badan anda ini tidak tercapai, apa yang terjadi ? Anda akan setres dan frustasi karena anda merasa gagal untuk melakukan diet. Yang ada kamu akan membenci ini dan memakan sepuasnya makanan karena rasa dendam telah gagal melakukan diet. Jadi targetkan penurunan berat badan kamu secara rasional. Lakukan diet yang sewajarnya tetapi mendapat hasil yang memuaskan. Targetkan pula tentang kebiasaan buruk anda. Biasanya anda suka sekali dengan makan makanan ringan, mulai sekarang mulailah untuk berhenti mengkonsumsi makanan ringan dan gantilah dengan memakan buah segar setiap hari. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Lemon )

2. Optimis Untuk Kurus

Selain target penurunan angka berat badan, anda juga harus megontol pikiran anda untuk menguruskan badan. Dengan demikian kamu akan melakukan diet secara sungguh-sungguh. Tetapi jika bibir anda mengatakan untuk kurus tetapi pikiran anda tetap membayangkan makanan-makanan enak dan takut kelaparan saat diet, maka diet anda akan gagal seketika. Jadi mulailah untuk berfikir untuk kurus, jadi diet anda akan terasa enjoy dijalani.

3. Olahraga

Dijaman modern seperti ini banyak orang yang lebih memilih naik sepeda motor atau mobil untuk bepergian. Jadi mereka hanya mengandalkan mesin tanpa menggunakan kakinya. Padahal olahraga dimulai dari kebiasaan berjalan. Anda bisa melakukan olahraga kira-kira 30 menit dalam sehari secara rutin. Diawali dengan pemanasan tangan, kaki, dan kepala. lalu bisa dilanjutkan dengan joging, sit up, ataupun push up. Kegiatan olahraga ini apabila dilakukan secara rutin dapat membantu anda dalam proses penurunan berat badan. Selain menurunkan berat badan dengan olahraga anda bisa terhindar dari kolesterol tinggi, stres, dapat meningkatklan kinerja otak dan badan terlihat lebih segar bugar. Maka mulailah dari sekarang untuk melakukan olahraga 30 menit saja dalam sehari secara rutin. (Baca Juga: Cara Diet Tanpa Olahraga Dalam Seminggu )

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih dalam tubuh berperan sangat penting, seperti :

  • Menghilangkan dehidrasi
  • metabolisme tubuh
  • meningkatkan kinerja ginjal
  • membuang racun-racun yang masuk dalam tubuh melalui urine
  • membuat kulit tampak lembut dan cerah
  • meredakan sakit kepala
  • Mencegah penyakit sembelit
  • membantu meningkatkan kinerja otak

Selain manfaat diatas, salah satu manfaat yang sering dicari adalah air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Setiap kali kamu lapar cobalah redakan dengan meminum 2 gelas air putih, maka lambung kamu akan terisi penuh oleh air dan rasa lapar kamu teratasi. Untuk mendapatkan manfaat air putih yang begitu banyak minumlah 8 gelas air putih dalam sehari. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Air Putih )

5. Konsumsilah Kacang Pistachio

Kenapa harus kacang pistachio? Ini karena dalam kacang pistachio mengandung lemak dan kalori yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Tetapi lemak yang dikandung dalam kacang pistachio ini mudah larut dalam air jadi tidak akan menaikan berat badan anda. Selain dapat menurunkan berat badan kacang ini juga dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, melindungi sistem saraf, menurunkan resiko diabetes dan menjaga kesehatan mata. Kacang ini tumbuh diderah Iran, Turkmenistan, Azerbaijan Barat. Kacang pistachio ini juga mengandung protein yang tinggi sama dengan jenis kacang-kacangan lain.

6. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Serat

Serat sangatlah penting fungsinya bagi tubuh, antara lain :

  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  • Mengendalikan gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa

Cobalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat ini secara rutin dan rasakan manfaat-manfaat diatas. Contoh makanan yang mengandung serat : Kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, beras merah. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

7. Sering Makan Tapi Dengan Porsi Sedikit

Cara diet alami yang selanjutnya adalah sering makan namun tetap dengan porsi yang sedikit saja. Banyak orang berfikir bahwa kelebihan berat badan disebabkan karena terlalu sering makan. Tepi tanggapan ini salah, karena orang yang makan dengan porsi besar dan jarang ini malah menimbulkan masalah baru. Orang yang makan dengan porsi sedikit tapi sering membuatnya berfikir untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Orang yang makan dalam porsi besar cenderung akan makan malam dan membuat tubuh menjadi gemuk. Maka jika anda tidak bisa mengurangi porsi makan setiap kali anda makan, maka makanlah satu porsi makanan anda itu secara berulang. Jadi anda dapat mengukur sebrapa jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. (Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Diet )

8. Mengkonsumsi Makanan yang Mampu Membakar Lemak

Lemak sendiri juga komponen penting dalam tubuh, lemak berfungsi mengatur suhu tubuh, penyuplai energi terbesar dalam tubuh, pelindung organ lain, mengontrol kinerja empedu. Tetapi apabila anda mengkonsumsi makanan yang menganduk lemak secara berlebihan maka dapat menaikan bobot tubuh anda. Contoh sayur-mayur yang dapat membakar lemak dalam tubuh seperti bayam, brokoli, wortel, buncis, asparagus, cabai, dan kacang-kacangan. Brokilo mengandung vitamin A, riboplavin, vitamin B6 yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh semakin cepat. Buah- buahan juga dapat membakar lemak dalam tubuh dengan cepat, seperti alpukat, buah kelapa, nanas, mentimun, pisang, dan apel. Buah pepaya mengandung air, vitamin C, serat, dan rendah lemak. Jadi anda dapat mengkonsumsi buah pepaya untuk mempercepat membakaran lemak dalam tubuh dan membuat pencernaan menjadi lancar.

9. Mengganti Karbohidrat Biasa dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat dalam tubuh berfungsi sebagai :

  • Menjaga metabolisme tubuh
  • Proses oksidasi lemak
  • Energi utama dalam tubuh
  • Mengoptimalkan kinerja protein
  • memberi efek kenyang

Karbohidrat dalam tubuh diproses menjadi gula dan dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas apabila dalam konsumsinya terlalu banyak. Karbohidrat yang sering kita konsumsi yaitu nasi, gula, tepung, mie, roti, pasta, jagung, singkong. Dengan itu untuk mendapatkan berat badan yang ideal gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula. Karena molekulnya lebih kompleks maka membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Karbohidrat kompleks ini pula menyebabkan perlambatan kenaikan glukosa dalam darah. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, kentang, pisang, ubi jalar, alpukat dan kedelai. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )

10. Mengurangi Makanan Kemasan

Makanan kemasan sangat murah dan mudah didapat. Mengkonsumsi makanan ringan dengan alasan untuk mengganjal perut, tetapi ini hal yang salah. Karena dalam makanan kemasan mengandung bahan-bahan berbahaya seperti garam, MSG, gula dalam takaran yang tinggi dan juga pengawet makanan. Makanan kemasan pula tidak mengandung serat tetapi mengandung lemak. Maka untuk mendapatkan berat badan yang ideal kurangilah untuk mengkonsumsi makanan kemasan. Lebih baik kita membuat makanan sendiri dengan bahan yang masih segar dan dapat mengukur jumlah garam, MSG dan gula yang masuk kedalam tubuh kita. Dan gantilah cemilan anda dengan mengkonsumsi buah segar. (Baca Juga :  Pantangan Diet Mayo )

11. Hindari Waktu Makan Malam

Saat sarapan kita dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang cukup banyak, karena makanan yang kita makan dipagi hari digunakan untuk beraktifitas. Saat makan siang makanlah dengan porsi yang sedang. Dan saat makan malam makanlah dengan porsi yang sangat sedikit. Bila perlu anda tidak mengkonsumsi nasi tapi dengan mengkonsumsi sebuah apel saja. Karena makan malam yang berlebihan akan menyebabkan orang mudah mengantuk dan akhirnya tertidur. Makan malam dapat menyebabkan makanan tidak tercerna secara sempurna dan mengakibatkan obesitas. Makan malam yang baik kurang dari jam 6 malam.

12. Mengatur Isi Makanan Dalam Piring

Mengatur isi makanan dalam piring sangatlah penting, sehingga anda dapat memperkirakan berapa jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda. Anda juga harus mengganti piring anda yang semula menjadi piring yang lebih kecil dengan demikian kamu tidak bisa mengambil makanan terlalu banyak. Isi setengah piting anda dengan sayur-mayur hijau, seperempat piring dengan daging atau makanan yang mengandung protein, dan seperempat lagi di isi dengan karbohidrat seperti nasi putih, nasi merah, kentang atau ubi. Jika anda ingin menambahkan buah, carilah buah yang tidak terlalu manis seperti apel, alpukat, atau pisang.

13. Hindari Makanan Dengan Kandungan Gula Tinggi

Ini juga sangat penting untuk proses diet anda. Hindarilah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Dengan cara membaca tabel nutisi dalam setiap kemasan makanan yang dibeli. Dengan demikian anda tahu berapa kalori dan gula pada makanan tersebut. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak resiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

14.Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah sangatlah baik dikonsumsi saat anda melakukan program diet. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh seperti mecegah perkembangan sel kanker. Semua jenis sayur dan buah baik untuk dikonsumsi. Manfaat mengkonsumsi sayur dan buah :

  • Sistem kekebalan dalam tubuh meningkat
  • Gigi dan tulang tumbuh kuat dan sehat
  • Menurunkan kolesterol yang tinggi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah penyakit jantung

Anda bisa mengkonsumsi sayur seperti bayam, selada, wortel, buncis, brokoli, sledri, terong dan juga buah-buahan seperti apel, pisang, pepaya, anggur, jeruk dan lain-lain. Atau juga anda dapat membuat salad buah dan sayur. Dengan cara potong dadu buah-buahan yang anda inginkan serta potong sayuran. Aduk buah dan sayur hingga tercampur rata dalam mangkok.

15. Mengurangi Makanan Berlemak

Dalam diet sering kali kita menghindari makanan yang berkalori dan berlemak, tetapi anda menyukai makanan itu. Seperti contoh, anda sangat menyukai gorengan tetapi anda tahu bahwa gorengan sangat tidak baik untuk kesehatan dan menyebabkan obesitas. Tetapi kamu tidak serta merta membenci makanan itu dan tidak akan memakannya lagi. Ini malah membuat anda semakin berhasrat untuk mengkonsumsi gorengan. Lebih baik anda mencoba perlahan untuk mengurangi makan gorengan. Dengan cara membeli gorengan dalam jumlah sedikit. Biasa anda dalam sekejap bisa menghabiskan 5 gorengan, sekarang dikurangi menjadi 1 gorengan saja. Lama kelamaan anda akan terbiasa tidak makan gorengan. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim )

16. Mengkonsumsi Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau mengandung lemak, kalori dan gula yang sangat rendah. Kelapa hijau bagus untuk menurunkan berat badan. Selain itu, banyak manfaat lain yang  diperoleh dengan mengkonsumsi air kelapa hijau seperti :

  • Menetralisir rancun dalam tubuh
  • Penambah energi dalam tubuh
  • Melindungi ibu dan janin dari penyakit
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menangkal radikal bebas

Anda tidak perlu mengkonsumsi air kelapa hijau setiap hari, minimal 3 kali dalam seminggu maka tubuh anda akan tetap langsing.

17. Mengkonsumsi Makanan Kaya Protein

Makanan yang mengandung protein antara lain daging, ikan, telur, keju, susu, kacang kedelai, gandum, kacang-kacangan, kentang, brokoli dan lain sebagainya. Mengapa harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein? Karena protein sangat penting fungsinya dalam tubuh selain dapat menurunkan berat badan yaitu :

  • Sebagai sumber energi
  • Memperbaiki sel yang rusak
  • Mengatur fungsi DNA
  • Membantu metabolisme tubuh

Protein sendiri terbentuk dari molekul karbon, hidrogen, oksigen, sulfur dan fosfor. Fosfor dalam protein berfungsi sebagai pemberi energi untuk mempercepat proses metabolisme lemak dan pati. Sehingga lemak dalam tubuh akan dimetabolisme oleh protein. Protein memberikan perasaan kenyang lebih lama.

18. Tertawa

Ternyata tertawa bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan. Tertawa akan membuat jantuk berdetak lebih kencang serta otot-otot bekerja lebih aktif. Tertawa selama 5- 10 menit dapat membakar 10-40 kalori. Tertawa juga dapat mengurangi rasa sakit, menghilangkan rasa stres, dan melancarkan peredaran darah. Tertawa dapat memperlebar pembuluh darah, jadi peredaran oksigen dari jantung menuju seluruh tubuh menjadi lancar. Tetapi perlu diingat tertawa boleh asal jangan tertawa sendirian.

19. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat mempengaruhi diet seseorang. Mereka beranggapan bahwa dengan bergadang berat badan akan menjadi turun, tetapi sebaliknya dengan bergadang kamu akan terasa lapar ditengah malam. Atau anda minum secangkir kopi untuk menghilangkan kantuk, itu adalah hal yang salah. Kafein dalam kopi menyebabkan kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, ketidaksuburan pada wanita, dan obesitas. Maka kualitas tidur seseorang sangatlah penting. Apabila anda tidur kurang dari 4 jam selama sehari maka anda akan mengkonsumsi banyak kalori dihari betrikutnya.

20. Cara Bernafas

Ini mungkin sering disepelekan orang. Mereka tidak mengerti bernafas juga dapat menurunkan kalori dalam tubuh. Cara bernafas yang benar dan dapat menurunkan kalori adalah dengan pernafasan diafragma. Cara bernafas dengan diafragma yaitu badan tegak lalu ambil nafas dari hidung dan keluarkan lewat mulut. Lakukan kegiatan ini kurang lebih selama 10 menit maka kalori anda akan terbakar cepat. Oksigen yang masuk dalam tubuh juga berfungsi untuk memperbaiki sistem kinerja otak, Meningkatkan kekebalan tubuh, Melancarkan peredaran darah, memperkuat jantung, mengobati sakit kepala atau migrain.

Makanan dan Minuman Untuk Diet Alami


1. Sayur bening bayam dan wortel

Bahan :

  • 2 ikat bayam
  • 2 wortel (dipotong dadu)
  • 1 labusiam ( dipotong menjadi 8 bagian )
  • 3 siung bawang merah yang sudah di iris
  • garam
  • 750 cc air
  • penyedap rasa

Caranya : Panaskan 750 cc air dan irisan bawang merah kedalam panci hingga mendidih. Lalu masukan juga wortel dan labusiam agar matang terlebih dahulu. Setelah wortel dan labusiam empuk masukan bayam lalu tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa. Memasak bayam tidak perlu terlalu lama karena vitaminnya akan berkurang. Setelah matang hidangkan pada mangkok besar dan taburi dengan bawang goreng.


2. Oats Jagung

Bahan :

  • 4 sdm oats
  • 1 jagung lalu iris pisahkan dari tongkolnya
  • toge
  • kacang panjang iris kecil-kecil
  • garam
  • 250 cc air
  • bawang merah dan bawang putih lalu dicincang

Caranya : Masukan 250cc air dalam panci hingga mendidih, lalu masukan jagung, kacang panjang serta bawang merah dan bawang putih. Masukan toge dan oats, lalu tambahkan sedikit garam. Aduk hingga semua bahan tercampur. Tunggu hingga air menyusut dan oats jagung siap dihidangkan.


3. Sup Tomat kentang

Bahan :

  • 2 siung bawang putih yang telah dicintang halus
  • 2 kentang yang telah dikupas dan dipotong dadu
  • 1 tomat iris menjadi 6 bagian
  • sawi hijau
  • 500 cc air
  • garam
  • penyedap rasa

Caranya : Masukan 500 cc air dan bawang putih hingga mendidih. Lalu masukan potongan kentang dan masak hingga matang. lalu masukan juga tomat, sawi hijau, garam dan penyedap rasa. Setelah semua bahan masak angkat dan hidangkan didalam mangkok.


4. Tumis Kembang Kol

Bahan :

  • 1 kembang kol lalu iris
  • 1 ikat sawi hijau lalu iris
  • 2 siung bawang putih yang telah dicincang
  • air
  • garam
  • penyedap rasa

Caranya : Masukan sedikit air dan juga cincangan bawang putih. Lalu masukan kembang kol dan sawi hijau aduk hingga merata. Tidak lupa tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa dan aduk kembali hingga matang sengan sempurna. lalu hidangkan tumis kembang kol dipiring berwarna putih.


5. Sup jamur

Bahan :

  • 1 wortel dipotong seperti dadu
  • 1 genggam kacang merah
  • 1 brokoli
  • 500 gram jamur lalu iris
  • air
  • garam
  • penyedap rasa
  • 1 buah tomat iris tipis
  • 2 siung Bawang putih lalu cincang

Caranya :  masukan sedikit air dan bawang putih cincang kedalam wajan. Lalu tumis wortel, kacang merah, brokoli, dan jamur aduk hingga rata. Setelah semua bahan tercampur masukan juga sedikit garam dan penyedap rasa. Dan hidangkan sup jamur ini didalam mangkok.


6. Jus tomat dan mentimun

Bahan :

  • 2 wotel
  • 2 tomat
  • garam
  • 1 bungkus susu kental manis rendah lemak
  • 150cc air
  • es batu

Caranya : Cuci wortel dan tomat terlebih dahulu. Kupas dan potong wortel seperti bentuk dadu. Iris tipis tomat lalu masukan kedalam blender. Masukan juga potongan wortel, sedikit garam, 150 cc air, susu kental manis rendah lemak dan juga es batu. Blender semua bahan hingga halus. Tuang jus toman dan wotel kedalam gelas jus dan siap dinikmati.


7. Jus pisang dan strawberry

Bahan :

  • 1 buah pisang yang sudah matang
  • 5 buah strawberry
  • air
  • 1 bungkus susu kental manis rendah lemak
  • es

Caranya : Iris pisang dan strawberry terlebih dahulu. Lalu masukan potongan pisang, strawberry, air, es dan susu kental manis rendah lemak kedalam blender. Campur semua bahan dalam blender. Lalu tuang jus pisang dan strawberry kedalam gelas jus dan siap dinikmati.


8. Jus bayam dan buah pir

Bahan :

  • daun bayam
  • 1 buah pir
  • daun sledri
  • air
  • es
  • 1 bungkus susu kental manis rendah lemak

Caranya : Daun bayam dan daun sledri diiris terlebih dahulu. Lalu kupas buah pir dan ambil dagingnya. Masukan semua bahan kedalam blender dan aduk menjadi satu hingga rata. Jus bayam dan buah pir siap dinikmati untuk menu diet alami.


9. Jus wortel dan apel

Bahan :

  • 1 buah wortel
  • 1 buah apel merah
  • 1 bungkus susu kental manis rendah lemak
  • air
  • es

Caranya : Kupas dan cuci wortel lalu potong dadu. Kupas juga buah apel lalu potong-potong. Masukan semua bahan yang telah disiapkan kedalam blender. Campur semua hingga tercampur rata. Sajikan jus wortel dan apel ini dalam gelas jus.


10. Jus sawi, mentimun dan pir

Bahan :

  • 1 ikat sawi hijau
  • 1 buah mentimun
  • 1 buah pir
  • 1 bungkus susu kental manis rendah lemak
  • es
  • air

Caranya : Potong buah mentimun dan buah pir lalu iris juga sawi hijau. Masukan sawi hijau, mentimun, buah pir, susu kental manis rendah lemak, es dan air dalam blender. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata. Lalu tuang jus sawi, timun dan buah pir kedalam gelas jus.


Resiko Penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat

1. Kurang nutrisi

Nutisi sangat penting bagi kenerja organ tubuh. Apabila anda terlalu mementingkan diet tanpa berfikir kekurangan nutisi itu hal yang salah. Diet tetapi tetap mengontrol nutisi dalam tubuh itu yang benar. Jadi hindarilah diet dengan cara yang ekstrim untuk menurunkan berat badan dengan cepat.


2. Tubuh mudah lelah dan lemas

Memang sangat menyenangkan apabila berat badan yang ideal anda dapatkan. Tetapi penurunan berat badan yang drastis itu juga mempunyai resiko yaitu tubuh mudah lelah dan lemas. Ini terjadi karena kita terlalu nbnernafsu untuk menurunkan badan sehingga energi yang diperlukan tubuh terabaikan.

3. Mudah gemuk kembali

Ini terjadi karena tubuh yang tidak terbiasa melakukan diet. Dengan satu kali diet ekstrim yang berhasil menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat ini membuat anda cepat puas dan percaya diri bahwa diet itu gampang. Sehingga untuk merayakan keberhasilan anda ini, anda akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

4. Menstruasi tidak taratur

Penurunan berat badan yang drastis ini juga dapat mengganggu menstruasi pada wanita. Karena kurangnya asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Perkembangan sel telur juga membutuhkan nutrisi. Jadi saat melakukan diet cukupilah nutrisi agar tidak menganggu kesehatan dalam tubuh.

5. Rambut rontok 

Diet yang dapat menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat juga menyebabkan Rambut rontok. Rambut membutuhkan protein untuk tumbuh, tetapi saat melakukan diet anda tidak memenuhi asupan protein yang cukup sehingga rambut rontok.

6. Sulit tidur 

Diet yang berlebih ini pula membuat anda sulit tidur. Ini terjadi karena diet hanya berfokus mengurangi asupan nutrisi tapi tidak mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Hal ini menyebabkan anda mudah lelah dan ingin makan makanan apapun dan menyebabkan anda susah tidur.

Diet alami memang tidak terlalu banyak memiliki pantangan seperti diet-diet lainnya. Hanya saja harus mengetahui makanan apa saja yang telah masuk dalam tubuh dan harus mengontrolnya agar berat badan ideal anda dapatkan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan