6 Khasiat Roti Gandum Untuk Diet Tarbukti Ampuh

Kini mengkonsumsi roti bukan lagi hanya menjadi kebiasaan orang barat. Namun di Asia seperti di Indonesia konsumsi roti sudah menjadi salah satu menu favorit untuk sarapan cepat, sehat, dan mengenyangkan setiap harinya. Mulai dari roti tawar, manis, sampai roti dengan isian berbagai macam selai buah atau coklat. Bahkan dikalangan anak muda roti mulai menggeser nasi sebagai sumber karbohidrat utama di Indonesia.

ads

Secara umum roti yang sering kita konsumsi terbagi menjadi dua jenis yaitu roti tawar putih dan roti gandum. Roti tawar putih merupakan roti yang terbuat dari bahan utama tepung terigu sehingga warnanya lebih putih dan teskturnya lebih lembut. Sedangkan roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum utuh atau tepung gandum bukan tepung terigu. Tepung gandum utuh memiliki tekstur yang agak kasar dan berwarna kecoklatan.

Agar lebih mengenyangkan biasanya orang lebih senang mengkonsumsi roti gandum untuk sarapan. Itu karena roti gandum memiliki lebih banyak serat dibandingkan dengan roti tawar putih. Beberapa toko roti yang menjual roti gandum biasanya menambahkan beberapa jenis biji-bijian atau buah-buahan untuk menunjang penampilan dan melengkapi nutrisi pada roti. Roti gandum kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Salah satunya adalah khasiat roti gandum untuk diet dan anti kanker. Sebelum membahas mengenai khasiatnya, ada baiknya kita mengetahui kandungan roti gandum terlebih dahulu. Berikut beberapa informasi nilai gizi yang terkandung pada 100 gram roti gandum:

  1. Kalori 259 kkal
  2. Lemak 4,11 g
  3. Karbohidrat 47,14 g
  4. Serat 4,4 g
  5. Gula 5,49 g
  6. Protein 9,13 g
  7. Sodium 530 mg
  8. Kalium 204 mg

Roti gandum juga memiliki beberapa kandungan lainnya seperti vitamin B, mineral dan magnesium. Rendahnya kadar lemak dalam roti gandum dan tidak adanya kolesterol membuat roti gandum aman dikonsumsi setiap hari. Roti itu juga memiliki senyawa fitokemikal yang konon mampu melawan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Manfaat Roti Gandum Untuk Diet

Konsumsi roti gandum sangat dianjurkan saat melakukan diet rendah kalori. Biasanya roti gandum menjadi menu sarapan saat diet dan disandingkan dengan menu sehat lainnya seperti telur rebus dan jus wortel. Diet menggunakan roti gandum tidak hanya aman untuk ibu hamil tapi juga aman untuk ibu menyusi. Namun untuk ibu menyusui ada baiknya memperhatikan beberapa Tips Diet Ibu Menyusui. Salah satu khasiat roti gandum untuk diet didapatkan karena roti gandum mampu memperlancar pencernaan.  Hal itu terjadi karena roti gandum yang dikonsumsi mampu menjaga gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri yang berfungsi untuk menghancurkan makanan di dalam lambung, lalu sisa-sisa makanan yang tidak bermanfaat dapat cepat di buang melalui saluran pembuangan.  Selain itu kandungan serat pada roti gandum juga membuat pemakanannya merasakan kenyang yang lebih lama dan menghindari makan makanan lain yang dapat menambah berat badan. Khasiat roti gandum untuk diet akan makin terasa jika dilakukan dengan benar dan diimbangi olahraga yang rutin. Berikut cara diet roti gandum setiap hari:

  1. Konsumsi 1-2 lembar roti gandum setiap pagi sebagai menu sarapan
  2. Sandingkan menu sarapan tadi dengan makanan sehat lainnya seperti salad sayuran atau buah
  3. Minum 1 gelas susu tanpa gula atau jus buah atau sayur
  4. Hindari konsumsi nasi saat makan siang
  5. Lakukanan olahraga dengan rutin minimal 15 menit dalam sehari
  6. Lakukan kegiatan itu berulang setiap harinya

Jika cara diet roti gandum itu dilakukan dengan benar maka hasilnya berat badan anda akan berkurang hingga 11 kg dalam waktu 3-4 bulan. Kalau anda ingin melakukan diet yang lebih cepat dan tidak punya waktu yang cukup untuk olahraga anda bisa melakukan Cara Diet Cepat tanpa olaraga dalam watu seminggu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!