25 Cara Diet Cepat dan Sehat Dalam Seminggu Tanpa Olahraga (#teruji)

Cara Diet Cepat dan juga sehat dapat membantu menurunkan berat badan anda secara drastis dalam waktu yang sangat singkat. Sering stres karena berat badan yang terus naik setiap harinya? Banyak cara yang dilakukan agar mendapatkan berat badan ideal. Mulai dengan diet alami atau pun diet instan, mengatur pola makan, olahraga dan sebagainya. Karena kebanyakan orang yang memiliki badan dengan bobot berlebih membuatnya tidak percaya diri dan minder. Jadi mulailah orang mencari banyak informasi tentang diet. ( Baca Juga : Cara Diet Alami )

ads

Cara Diet Cepat

1. Diet Mayo

Diet Mayo merupakan salah satu jenis diet yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Program diet mayo ini adalah menurunkan berat badan 7 kg sampai 13 kg dalam kurun waktu 13 hari saja, sangat cepat bukan? Tetapi jika anda melanggar peraturan diet mayo anda harus mengulang dari hari pertama dan dianggap diet mayo anda gagal. Diet mayo adalah program diet dengan cara tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung garam. Alhasil makan akan terasa hambar di mulut.

Namun demikian dengan hasil yang sangat memuaskan banyak orang melakukan diet mayo ini. Garam yang berlebihan akan menimbulkan endapan cairan dan ginjal akan terganggu kinerjanya. Selain menghindari makanan atau pun minuman yang mengandung garam, Cara Diet Mayo ini juga mengharuskan untuk menghindari air es dan pemperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Saat anda melakukan diet cukupi pula asupan air putih dengan minum air putih 8 gelas dalam sehari. Apabila anda berhasil dengan diet mayo ini maka anda akan puas dengan penurunan berat badan anda yang sangat cepat.

2. Diet Paleo 

Diet Paleo ini pula diyakini dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Prinsip dari diet paleo ini adalah back to nature atau kembali ke alam. Maksud dari kembali ke alam ini adalah saat melakukan diet paleo ini anda hanya boleh mengkonsumsi makanan dan minuman dari alam. Anda sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood. Karena kandungan gizi dalam makanan cepat saji tidaklah baik untuk kesehatan. Dalam makanan cepat saji mengandung garam, MSG, gula tidak dengan takaran yang tepat.

Didalam makanan cepat saji pula mengandung pengawet makanan yang berbahaya bagi tubuh seperti diare, mual, muntah, sakit kepala. Bahkan dalam waktu yang panjang dan dikonsumsi secara terus-menerus maka pengawet makanan ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan jantung serta menyebabkan diabetes. Maka anda diharuskan mengkonsumsi sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, daging, ikan, telur. Jadi anda akan terhindar dari bahan pengawet makanan dan tentunya berat badan anda akan cepat mengalami penurunan.

3. Diet Alkaline

Mungkin banyak orang yang belum mengenal diet alkaline bahkan belum pernah mendengar tentang diet ini. Diet alkaline adalah diet yang mengharuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkaline atau makanan yang mengandung basa. Apabila tubuh bersifat asam maka dapat dengan mudah terserah berbagai penyakit. Maka kita perlu menyeimbangkan PH tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkaline atau basa. Dengan melakukan diet alkaline ini tubuh secara otomatis akan melakukan detoxsifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh.

Diet ini bukan berarti kita menghindari makanan dengan rasa asam, tetapi makanan yang bersifat asam menambah ion hidrogen yang dapat membuat tubuh semakin asam. Tetapi anda tidak serta merta meninggalkan makanan yang bersifat asam seperti beras, gandum, ayam, keju, susu, jagung, mentega. Makanan yang bersifat asam juga diperlukan dalam tubuh tetapi di seimbangkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkaline atau basa seperti wortel, mentimun, bawang putih, kelapa, alpukat, air putih, jeruk nipis, pisang dan lain sebagainya. Dengan melakukan diet alkaline ini berat badan anda akan turun drastis. (Baca Juga : Cara Diet Tanpa Olahraga Dalam Seminggu )

4. Food Combining

Food combining adalah suatu program diet yang dimana tubuh mencerna makanan dengan enzim yang berbeda. Jadi anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dalam waktu yang bersamaan. Karena karbohidrat dan protein dua hal yang susah untuk dicerna. Jadi apabila dikonsumsi secara bersamaan hanya akan meyebabkan sisa makanan akan menumpuk dan menyebabkan penyakit. Karbohidrat dicerna oleh enzim amilase dan protein dicerna oleh enzim pepsin. (Baca Juga : Menu Diet Food Combining )

Dalam diet ini pula anda dilarang untuk mengkonsumsi makanan atau pun minuman yang mengandung gula, susu hewan, tetapi konsumsilah banyak air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Waktu makan yang tepat juga diatur dalam diet food combining ini. Makan sarapan harus kurang dari jam 9, makan siang harus sekitar jam 12, makanan camilan sekitar jam 4, dan makan malam harus kurang dari jam 7 malam. Ingin berat badan anda turun dengan drastis terapkan diet food combining.


5. Clean Eating

Clean eating juga salah satu jenis diet yang dapat menurunkan berat badan. Cara diet clean eating ini adalah mengkonsumsi makanan yang alami dan tidak terlalu lama dalam proses pemasakannya. Pemasakan yang terlalu lama menyebabkan vitamin dalam sayur atau buah akan berkurang. Jadi dalam diet clean eating ini anda diharuskan mengkonsumsi sayur hijau dan buah-buahan. Clean eating ini pula melarang seseorang untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood. Makanan cepat saji tidak mengandung serat, tetapi mengandung bnayk lemak yang tidak baik untuk tubuh. ( Baca Juga : Pantangan Diet Mayo )

Anda juga bisa mengganti kebiasaan anda mengkonsumsi karbohidrat seperti nasi dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum. Jika anda akan melakukan diet clean eating ini lakukan secara ketat selama beberapa minggu dan berhasil maka kebiasaan diet clean eating ini akan terus berlanjut setiap harinya.

6. Diet Atkins

Diet ini mungkin jarang didengar oleh masyarakat indonesia. Diet Atkins adalah diet yang memprogramkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan karbohidrat. Karbohidrat dalam tubuh dicerna dan menghasilkan gula yang menyebabkan bertambahnya berat dan apabila dikonsumsi dalam porsi yang besar. Sebagai pengganti asupan karbohidrat dalam tubuh, anda dapat mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein. Seperti gandum, daging ayam, kacang-kacangan, daging sapi, telur, dan keju.

Semua jenis daging sangat dianjurkan untuk diet atkins. Protein dalam tubuh berfungsi sebagai sumber energi, mengganti sel-sel yang rusak, mengatur kadar asam dalam sel. Diet ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat tetapi juga dapat menimbulkan penyakit jantung. Karena dalam diet ini dianjurkan mengkonsumsi banyak daging.

7. The South Beach Diet

The South Beach Diet adalah suatu program diet yang menganjurkan untuk menghindari lemak jenuh dan mengkonsumsi banyak karbohidrat komplek. Lemak jenuh dalam tubuh yang dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan, meningkatkan resiko kanker, sembelit, dan kolesterol tinggi. Anda harus menghindari makanan lemak jenuh seperti mentega, es krim, susu, dan daging yang mengandung lemak.

Anda harus memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti beras merah, kentang, pisang, alpukat, kedelai. Mengapa dianjurkan lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks? Karena karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan menyebabkan perlambatan gula darah dalam tubuh. Jadi dengan menerapkan The South Beach Diet berat badan anda akan turun dengan cepat.

8. Bloodtype Diet

Ini adalah jenis diet sesuai dengan golongan darah.

  • Golongan darah A

Untuk seseorang dengan golongan darah A dapat mengkonsumsi banyak sayur-mayur. Selain itu juga konsumsilah ikan mas, tempe, tahu, pisang, mangga, wortel, bayam, serta brokoli. Selain makanan diatas golongan darah A juga memiliki makanan pantangan atau makanan yang tidak diperbolehkan saat melakukan diet yaitu air soda, susu sapi, cumi-cumi, udang, kepiting, daging bebek, keju, dan pepaya.

  • Golongan darah B

Resiko penyakit seseorang dengan golongan darah B adalah serangan jantung. Untuk seseorang dengan golongan darah B dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti susu, daging, ikan dan kacang-kacangan. Selain itu konsumsi pula sayur dan buah-buahan seperti kecambah, kembang kol, kubis, brokoli dan wortel. Sedangkan makanan yang harus dihindari seseorang dengan golongan darah B yaitu air soda, es krim, daging ayam, lobster, kepiting, santan, dan tomat.

  • Golongan darah AB

Golongan darah AB termasuk golongan darah yang rumit karena perpaduan dari golongan darah A dan golongan darah B. Golongan darah AB memiliki beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat melakukan diet, seperti daging ayam, daging sapi, telur bebek, ice cream, mangga, pisang, jeruk, belimbing dan kelapa. Dan beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi seseorang bergolongan darah AB yaitu semangka, nanas, anggur, kiwi, kedelai, kacang tanah,tahu dan ikan laut.

  • Golongan darah O

Makanan yang paling baik dikonsumsi oleh golongan darah O adalah protein hewani. Seperti contoh daging sapi, susu kedelai, kacang kenari, brokoli, bayam, sawi. Selain makanan yang baik untuk dikonsumsi, ternyata golongan darah O ini mempunyai makanan pantangan seperti kecambah, terong, jagung, kacang merah, kacang tanah, lele, kerang dan gurita.

9. The Cabbage Soup Diet

The Cabbage Soup Diet adalah salah satu jenis diet yang dapat menurunkan berat badan degan cepat. Pada diet the cabbage soup diet ini anda diharuskan untuk mengkonsumsi sup kubis selama tujuh hari berturut-turut dan dapat menurunkan berat badan 5kg perminggunya. Selain mengkonsumsi sup kubis, anda bisa menambahkan wortel, paprika, kentang, seledri, dan bawang bombai lalu konsumsi pula makanan rendah lemak, rendah kalori kompleks dan rendah protein. (Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Diet )

The cabbage soup diet ini dibilang sangat ampuh menurunkan berat badan, tapi diet dengan sup kubis ini cepat menimbulkan rasa lapar, asupan kalori yang rendah, perut kembung dan lemas. Jika anda ingin melakukan diet dengan sup kubis ini tambahkan juga dengan mengkonsumsi suplemen vitamin untuk menjaga tubuh tetap sehat.

10. Zone Diet

Zone Diet adalah diet yang dikhususkan untuk penderita penyakit diabetes atau kencing manis. Fokus dari diet ini adalah kandungan dalam setiap makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Jadi anda tidak perlu terlalu memikirkan apa saja makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi. Anda dianjurkan mengkonsumsi dengan kandungan 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak. Apabila zone diet ini dilakukan secara rutin dan benar maka dapat menurunkan berat badan anda kurang lebih 2 kg setiap minggu.

Namun resiko besar jika anda berhenti untuk melakukan zone diet ini adalah rasa lapar dan nafsu makan yang semakin tinggi. Dan akhirnya anda akan makan makanan yang anda suka dengan porsi yang banyak dan mengalami obesitas atau pun kegemukan. Jadi bila sudah memilih dan menerapkan suatu diet harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar berat badan ideal tercapai.

11. Diet Makanan Berlemak

Diet ini berfokus dapa pengurangan jumlah makanan yang mengandung lemak untuk masuk kedalam tubuh. Lemak sendiri sangat baik untuk tubuh karena berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, pelindung organ lain, mengontrol kinerja empedu dan penyuplai sumber makanan.

Tetapi apabila anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi juga tidak baik terhadap kesehatan, seperti kolesterol tinggi, penyakit jatyung dan koroner. Contoh makanan yang mengandung banyak lemak yang harus dihindari saat melakukan diet adalah daging, susu, minyak sayur, mentega, coklat, gorengan. Beralih mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi solusi terbaik anda. Dan tidak lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

12. Diet Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka mengkonsumsi makanan ringan? Pasti semua orang suka, karena makanan ringan bisa menjadi alternatif untuk menganjal perut. Didalam makanan ringan mengandung berbagai bahan yang berbahaya bagi tubuh. Seperti garam, MSG, gula yang tidak sesuai takaran dan mengandung pengawet makanan, pemanis buatan dan zat berbahaya lainnya. Jadi baca tabel nutrisi pada kemasan saat akan membeli makanan ringan.

Diet ini mengharuskan seseorang untuk jauh dari makanan ringan. Sebagai pengganti makanan ringan gantilah dengan mengkonsumsi buah segar seperti pisang, pepaya atau apel. Dengan menghindari makanan ringan ini dapat menurunkan berat badan secara drastis.

13. Diet Dengan Air Putih

Bukan hal yang baru lagi tentang diet dengan air putih di indonesia. Diet air putih terbukti dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Air putih dalam tubuh juga berfungsi dalam metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari, karena dengan ini membuat seseorang menghilangkan kebiasaan terhadap mengkonsumsi minuman dengan kadar gula yang sangat tinggi. Diet air putih ini pula dapat meringankan kinerja ginjal menyaring racun yang masuk dalam tubuh melalui urine yang kita keluarkan.

Apabila anda kurang mengkonsumsi air putih anda akan mengalami dehidrasi, tubuh mudah lelah, kulit terlihat kusam, lebih mudah mengantuk dan lain sebagainya. Selain memperbanyak minum air putih, imbangi pula dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

(Baca Juga : Cara Diet Dengan Air Putih )

14. Diet Dengan Jeruk Lemon

Kandungan asam pada buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Kandungan vitamin C pada buah lemon juga menetralisir lemak pada perut. Jeruk lemon juga bermanfaat mengecilkan perut buncit, meredakan kembung, menghilangkan flek hitam dan komedo.

Banyak sekali olahan jeruk lemon yang dapat dikonsumsi saat diet seperti contoh jus jeruk lemon. Selain dengan manfaatnya yang beragam untuk kehidupan, ternyata mengkonsumsi buah jeruk lemon dalam porsi yang banyak dapat menyebabkan efek samping. Seperti merusak email gigi, berkurangnya nutrisi pada tubuh, menaikan produksi zat besi pada tubuh.

(Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Lemon )

15. Diet Dengan Jeruk Nipis

Khasiat jeruk nipis tidak kalah dengan jeruk lemon. Jeruk lemon mengandung asam sitrat, vitamin C, fosfor, mineral, zat besi dan kalsium. Kadar asam sitrat dan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu penyerapan gula berlebih dalam tubuh sehingga terhindar dari obesitas atau kegemukan. Selain itu manfaat jeruk nipis yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, membersihkan peralatan dapur, baik untuk kecantikan dan menghilangkan rasa pusing.

Sebagai contoh olahan jeruk nipis untuk diet yaitu air hangat dengan perasan jeruk nipis diminum pada pagi hari saat perut dalam keadaan kosong. Olahan ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara drastis. Namun mengkonsumsi jeruk nipis dalam jumlah yang banyak juga menyebabkan beberapa penyakit diantaranya asam lambung yang tinggi, perut begah, merusak email gigi, diare, dan pembentukan batu ginjal. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Jeruk Nipis )

16. Diet Dengan Beras merah

Beras merah sangat baik digunakan untuk diet, karena beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Beras merah pula mengandung serat, vitamin B, magnesium, kalium, kalsium, dan fosfor. Beras merah ini juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah batu empedu dan sebagai antioksidan.

Kandungan glikemiks pada beras merah juga dapat mengendalikan penyerapan kalori berlebih dalam tubuh. Selain mengkonsumsi beras merah untuk diet imbangi pula dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

17. Diet OCD ( Obsessive Corbuzier’s Diet )

Diet OCD ( Obsessive Corbuzier’s Diet  ini juga sedang terkenal di indonesia. Diet yang dibuat oleh Deddy Corbuzier ini memperbolehkan anda mengkonsumsi makanan sesuka hati anda tetapi dalam waktu tertentu. Untuk lebih jelas simak penjelasan dibawah ini.

  • Waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam

Pada metode awal ini anda di persilahkan makan sepuasnya selama 8 jam tetapi setelah itu anda harus berpuasa 16 jam. Tetapi disela waktu itu anda juga bisa mengkonsumsi minuman rendah kalori dan rendah gula. Metode ini baik digunakan 1 sampai 2 minggu bagi pemula agar mudah menyesuaikan ke metode selanjutnya.

  • Waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam

Metode yang kedua anda di persilahkan mengkonsumsi makanan yang anda suka selama 6 jam tetapi anda harus melanjutkan dengan berpuasa selama 18 jam. Disela waktu anda berpuasa selama 18 jam anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman dengan kadar kalori dan gula yang rendah.

  • Waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam

Metode ini semakin susah untuk dilakukan karena anda harus berpuasa selama 20 jam dan waktu bebas makan anda hanya 4 jam saja. Jika anda melakukan metode ke 3 ini terasa berat coba kombinasikan dengan metode pertama dan kedua.

  • Puasa selama 24 jam

Pada metode yang terakhir ini anda bukan harus puasa secara full, tetapi anda diberi kesempatan untuk makan sekali semau dan sesuka anda dan sisa waktunya untuk berpuasa. Apabila anda bisa melakukan sampai dengan metode yang ke 4 ini maka tubuh ideal akan menjadi milik anda. ( Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim )

18. Diet Tanpa Makan Nasi

Nasi adalah makanan pokok kita sehari-hati. Kebanyakan orang indonesia mengaku belum makan apabila belum mengkonsumsi nasi. Nasi mengandung karbohidrat yang sangat tinggi dalam tubuh sehingga karbohidrat ini akan dicerna dan menghasilkan gula. Gula dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Anda bisa mengganti asupan karbohidrat yang tinggi pada nasi dengan singkong, ubi, ketela, jagung, dan kentang.

Sebaiknya dalam diet tanpa nasi ini barengi juga dengan tidak mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung lemak jenuh tak baik untuk tubuh. Diet tanpa makan nasi ini dapat menurunkan berat badan secara drastis dalam kurun waktu yang singkat. Tetapi diet tanpa makan nasi ini pula mempunyai banyak resiko antara lain penyakit jantung dan diabetes, maramus, depresi, kwasiorkor. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )

19. Mediterranean Diet

Ini adalah jenis diet orang Yunani, Italia dan Spanyol. Menu paling utama disini adalah menggunakan minyak zaitun pada setiap makanan. Daging merah, garam, gula dijadikan menu tambahan. Penggunaan minyak zaitun pada makanan bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, juga mengurangi bobot tubuh. Diet ini dilakukan dalam waktu yang lama tidak terlalu bermasalah karena dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami untuk tubuh.

Dalam diet ini anda tidak dianjurkan untuk memakan makanan atau pun camilan yang diolah dengan minyak goreng atau mentega, anda harus menggantinya dengan minyak zaitun. Mentega mengandung kadar lemak dan kolesterol jahat yang harus ditinggalkan.

20. Diet 5:2

Metode diet 5:2 ini adalah 5 hari waktu normal untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang anda suka dan 2 hari selanjutnya berpuasa. Diet ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan menambah usia hidup seseorang seseorang.

Diet 5:2 ini juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit, meningkat kan fungsi kognitif (kemampuan seseorang untuk menerima, mengolah, menyimpan dan menggunakan kembali semua masukan sensorik secara baik ) dan menghindarkan dari penyakit Alzheimer. Selama anda melakukan puasa 2 hari ini anda akan mengalami pusing, dehidrasi, mual, ngantuk, bau mulut, dan susah tidur.

21. Diet Dukan

Diet dukan adalah diet yang menekankan pada konsumsi makanan yang tinggi protein tetapi rendah karbohidrat dan rendah lemak. Makanan dengan kandungan protein tinggi seperti gandum, bayam, kacang-kacangan, kentang, brokoli, ikan, telur, keju. Protein dalam tubuh berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh dan sumber energi. Diet dukan ini menjanjikan penurunan berat badan 3 kg hingga 4,5 kg dalam waktu 5 hari saja. Diet ini di programkan untuk anda tetap merasa kenyang.

Tetapi diet juga mempunyai efek samping seperti kelelahan, bau mulut, sembelit, dan apabila dilakukan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan ginjal dan hati. Jadi apabila anda akan melakukan diet dukan, lakukan dengan sungguh-sungguh dan berhasil menurunkan berat badan dengan cepat. Setelah anda berhasil jangan lakukan lagi program diet tetapi di  imbangi dengan pola hidup sehat.

22. Rawfood Diet

Rawfood Diet ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat. Diet ini memperbolehkan seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang setengah matang. Tujuan dari makanan yang dimasak setengah matang ini agar vitamin yang dikandung dalam sayur atau buah tidak hilang. Vitamin dalam tubuh membantu proses metabolisme menjadi lebih sehat.

Apabila seseorang kurang mengkonsumsi makanan yang bervitamin maka akan menyebabkan metabolisme terganggu dan tubuh kekurangan vitamin atau yang biasa disebut avitaminosis. Contoh makanan yang mengandung vitamin adalah wortel, pepaya, pisang, susu, ikan, telur, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

23. Diet GM ( General Motor )

Diet GM ( General Motor ) ini dapat menurunkan berat badan 4 kg sampai 5 kg dalam waktu seminggu. Dalam seminggu anda harus mematuhi peraturan pola makan dari diet GM ini. Diet ini dilakukan selama 7 hari dengan makanan yang berbeda beda setiap harinya. Tentunya dengan jumlah kalori yang telah diatur sebelumnya. Dalam masa diet anda diwajibkan untuk mengkonsumsi air putih 10 gelas dalam sehari dan tidak mengkonsumsi alkohol maupun minuman bersoda. Diet ini pula dapat diulang pada bulan berikutnya untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Cara menghitung berat dapat ideal yaitu 22,5 x tinggi badan (meter) x tinggi badan (meter) . Sebagai contoh tinggi badan anda 150 cm, 22,5 x 1,5 x 1,5 = 50,6 kg. Jadi apabila anda memiliki tinggi badan 150 cm berat badan ideal anda adalah 50,6 kg. Apabila berat badan anda sekarang lebih dari 50,6 kg anda sebaiknya melakukan program diet. Diet GM ini juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

24. Diet Bakteri

Dalam diet bakteri bukan berarti anda harus mengkonsumsi bakteri. Maksudnya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik tanpa harus mengurangi nutrisi tubuh. Contoh makanan yang mengandung bakteri baik yaitu yoghurt, kefir, dark chocolate, tempe dan kimchi. Fungsi bakteri baik dalam tubuh adalah mengembalikan bakteri baik dalam tubuh yang telah mati.

Probiotik ini dapat menyeimbangkan bakteri baik dan jahat agar tubuh bekerja dengan semestinya. Probiotik ini juga dapat mencegah penyakit alergi dan demam, kesehatan gigi , vagina, dan urine terjaga. Tetapi diet ini apabila dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan sakit perut, perut kembung, dan diare.

25. Kiddie Diets

Kiddie Diets dapat menurunkan berat badan 2 kg dalam waktu satu minggu saja. Kiddie diets adalah program diet yang melarang anda mengkonsumsi makanan dan minuman selain makanan bayi. Makanan bayi ini tidak mengandung banyak lemak dan kalori yang besar. Sehingga diet dengan cepat jenis kiddie diets ini dapat membantu pencernaan anda bekerja secara optimal. Contoh makanan bayi seperti buah pisang yang dihaluskan, bubur bayi dan sup sayur-sayuran.

Berbagai jenis diet yang dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dalam kurun waktu yang singkat. Tetapi perlu diingat kembali bahwa semua jenis diet mempunyai resiko masing-masing. Jadi lakukanlah diet dengan sewajarnya. Semoga bisa membantu anda dalam memilih jenis diet yang cocok untuk tubuh anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!