7 Manfaat Diet Gluten Free Yang Sangat Populer Belakangan Ini

Berat badan yang berlebihan dan bentuk tubuh yang tidak ideal dapat memberikan pengaruh buruk bagi kondisi kesehatan tubuh. Dengan kondisi yang buruk tersebut juga akan memicu datangnya berbagai macam jenis penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan.

ads

Untuk mendapatkan kondisi berat badan ideal dan tubuh yang sehat maka ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, salah satunya menjalani aktivitas diet. Ada banyak jenis diet yang efektif dan efisien yang dapat membantu menjadikan tubuh lebih sehat.

Diet gluten free belakangan cukup populer untuk dilakukan dan mampu memberikan hasil yang nyata. Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat diet gluten free yang perlu diperhatikan dengan baik dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Cocok untuk penderita intoleransi gluten

Diet gluten free mengharuskan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Diet gluten free ini cukup populer di Amerika dan cocok untuk penderita yang memang memiliki kondisi intoleransi pada gluten.

Penyakit celic atau intoleransi gluten merupakan jenis penyakit auto imun yang dapat terjadi pada seseorang. Sistem kekebalan tubuh pada penderita penyakit celic akan mengangap gluten sebagai ancaman sehingga tidak boleh dikonsumsi.

  1. Mencegah efek intoleransi gluten

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit celic akan mengalami beberapa efek buruk ketiak mengkonsumsi gluten. Oleh karena itu, manfaat diet gluten free khususnya untuk penderita penyakit celic adalah membantu dalam mencegah beberapa efek negatif diantaranya seperti penurunan berat badan, kelelahan, sakit perut, hingga diare. Untuk menghindari hal tersebut maka jangan mengkonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan namum mengandung gluten.

  1. Diet untuk penderita masalah kesehatan lainnya

Selain cocok untuk penderita penyakit celic, makanan dengan kandungan gluten free juga baik untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan lain seperti rheumatoid arthritis, parkinson, skleorosis, peradangan sistem saraf, osteoprosis, diabetes, dan anemia.

  1. Membantu menjaga kesehatan anak berkebutuhan khusus

Manfaat diet yang dilakukan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten seperti gandum, gandum hitam, dan jelai adalah mambantu dalam menjaga kondisi kesehatan anak berkebutuhan khusus seperti penderita down sindrom dan autisme yang memiliki masalah dengan gluten.

  1. Menjadikan tubuh lebih awet muda

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten adalah membantu menjadikan tubuh terlihat lebih awet muda. Manfaat positif ini yang menjadikan diet gluten free sangat populer di kalangan remaja. Makanan dengan kandungan gluten free juga menjadi salah satu pantangan makanan diet paleo.


  1. Meringankan gejala menopouse

Menopuse meurpakan kondisi dimana seorang wanita tidak lagi memiliki siklus menstruasi. Menopouse dapat terjadi secara normal pada wanita dengan usia lanjut yang biasanya menyebabkan beberapa gejala tidak nyaman hingga menyakitkan. Menghindari makanan dengan kandungan gluten dapat membantu meringankan gejala menopouse.

  1. Menjaga kadar gula darah

Manfaat lain yang juga dapat diperoleh dengan tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten adalah membantu menjaga kadar gula darah karena bebas gluten berarti harus menghindari karbohidrat jahat yang menyebabkan peningkatan gula di dalam tubuh. Dengan manfaat tersebut menjadikan diet gluten sebagai cara diet  untuk penderita diabetes.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat diet gluten free yang dapat dipahami sebagai salah satu jenis diet yang ternyata cukup populer di negara maju seperti Amerika Serikat dan belakangan banyak juga yang tertarik untuk mencobanya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet