15 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan Baik untuk Proses Dietmu

makanan rendah kalori yang mengenyangkanSalah satu kesulitan yang sering dialami oleh para pelaku diet atau siapa saja yang sedang menerapkan pola hidup sehat adalah memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi setiap harinya. Bagaimana tidak?! Makanan adalah hal paling utama yang wajib Anda perhatikan.

ads

Tidak sedikit orang menahan rasa lapar yang menyiksa atau bahkan mengurangi porsi makanannya hanya karena ingin menurunkan berat badan atau mengira itulah pola hidup yang sehat.

Pemikiran-pemikiran tersebut tentulah tidak benar karena ternyata banyak juga makanan rendah kalori mampu membuat lambung Anda kenyang lebih lama. Solusi seperti ini tentu saja sangat jitu bagi Anda yang terpaksa harus tersiksa menahan lapar demi program atau jenis diet yang efektif yang sedang dilakukan. Penasaran apa saja makanan rendah kalori yang mengenyangkan tersebut? Berikut rekomendasi kelimabelas makanan pengenyang perut tersebut!

  1. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki serat yang tinggi sehingga mengkonsumsinya secara rutin dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu yang relatif lama. Sebagai informasi, kacang merah mengandung vitamin A, B6, serta banyak mineral seperti kalsium, besi, natrium, magnesium, hingga zat-zat penting seperti karbohidrat, lemak dan protein.

Ada banyak olahan kacang merah yang dapat Anda coba dan tentunya sangat menggugah selera misalnya saja roti bebas gluten isi kacang merah, es kacang merah yang dikombinasikan dengan buah dan jelly atau rebusan kacang merah hangat.

  1. Salad Sayur dan Buah

Salad juga merupakan makanan kaya serat yang patut Anda coba lho. Makanan yang satu ini tidak melalui proses masak memasak yang umumnya mampu menghilangkan kandungan vitamin dalam suatu bahan makanan. Salad dengan kombinasi sayur dan buah yang kaya akan serat akan terasa lebih segar dan tentu saja sehat serta dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh anda. Namun bila Anda memutuskan untuk mengkonsumsi salad sayur untuk diet sebagai menu makanan rendah kalori secara teratur maka perhatikanlah cara penyajiannya agar tetap higienis dan terhindar dari kuman serta bakteri negatif.

  1. Jagung

Jika Anda suka popcorn yang merupakan salah satu olahan jagung yang terkenal maka Anda sudah tepat dalam memilih cemilan yang tepat untuk sehari-hari. Camilan seperti ini sangat aman untuk dikonsumsi bila tidak berlebihan. Selain popcorn, Anda juga bisa mengkonsumsi olahan jagung yang biasa-biasa saja seperti jagung rebus. Keduanya bisa menjadi makanan rendah kalori alternatif yang mampu mengenyangkan lambung Anda.

  1. Semangka

Semangka dikenal sebagai buah untuk diet yang kaya akan air dan tentunya sangat segar untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan kalori yang rendah serta vitamin A, C. besi, magnesium, kalium, kalsium, natrium, protein serta karbohidrat juga dapat membuat tubuh Anda lebih sehat serta kenyang alami.

  1. Ubi Jalar

Mungkin ubi jalar dikenal sebagai makanan “orang kampung” namun jangan salah lho, meski harganya murah dan disebut kampungan ternyata cara diet dengan ubi jalar sangat berguna dan memiliki banyak manfaat lho. Sebut saja vitamin A, B, C, dan E serta tentu saja karbohidrat yang tinggi. Belum lagi kandungan karotenoid-nya yang bisa membantu Anda mengontrol gula darah agar tetap stabil.


  1. Oatmeal

Sudah lama oatmeal diyakini sebagai makanan sehat untuk diet yang mengandung banyak nutrisi baik bagi otak. Selain itu, kandungan protein dan seratnya yang tinggi dapat mengenyangkan lambung Anda dalam waktu lama. Belum lagi kemampuannya dalam menyerap lemak berlebih hingga mengatur jumlah karbohidrat yang ada dalam aliran darah Anda.

  1. Pepaya

Bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, papaya dapat mengurangi getah lambung serta menghasilkan enzim yang dapat mengurangi lemak dan protein. Pepaya kaya akan serat sehingga dapat mengenyangkan Anda lebih lama

  1. Kacang Almond dan Kedelai

Jangan terpengaruh dengan anggapan bahwa kacang-kacangan mengandung lemak dan dapat membuat gemuk. Alasannya karena jenis kacang-kacangan seperti almond dan kedelai dapat memberikan rasa kenyang lebih lama lho.

Selain itu jenis kacang-kacangan seperti ini mengandug kadar protein yang tinggi serta karbohidrat yang sangat kompleks sehingga tentu membutuhkan waktu yang lebih lama bagi makanan untuk dicerna. Anda dapat mengolah kacang almond dan kedelai menadi camilan yang dapat Anda konsumsi kapan saja ditengah waktu senggang Anda.

  1. Kentang

Sebagian orang menganggap bahwa mengkonsumsi kentang yang mengandung karbohidrat tinggi dapat membuat berat badan naik dengan cepat. Namun yang harus Anda ketahui adalah bahwa hal itu tidak sepenuhnya benar. Kentang terutama yang diolah dengan dipanggang kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lain serta tentu saja memiliki kalori yang rendah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu cemas kentang akan mengganggu program diet Anda selama ini karena satu buah kentang saja hanya mengandung tidak lebih dari 160 kalori namun ternyata dapat membuat Anda kenyang.

  1. Pisang

Jikalau ingin makan makanan rendah kalori yang mengenyangkan atau dengan kata lain dapat membuat perut Anda lebih cepat kenyang maka pisang adalah salah satu diantaranya. Selain mudah ditemukan dimana saja karena tidak mengenal musim, buah yang satu ini banyak disukai orang karena rasanya yang manis dan tidak banyak mengandung kalori.

Sebagai buah yang dikenal banyak orang, pisang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan saat diet seperti vitamin A, B6, C serta berbagai macam mineral seperti kalium, mangan, magnesium, riboflavin, besi, niasin, hingga asam folat. Manfaat lainnya adalah memperlancar pencernaan dan peredaran darah serta menjaga kesehatan mata, fungsi kerja jantung juga mengatasi anemia, asma, diabetes dan gangguan pada hati.

  1. Agar-agar

Sebagai makanan diet rendah lemak yang terbuat dari rumput laut yang kaya akan antioksidan, serat dan asam amino, agar-agar sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Hal ini karena agar-agar dapat membantu sel-sel tubuh Anda beregenerasi sehingga proses aging pun terhambat. Belum lagi kandungan kalorinya yang rendah, vitamin B, karbohidrat serta asam folat yang tinggi sehingga dapat menjadi makanan penunda lapar, mengatasi kerontokan rambut serta meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Sup

Bagi Anda pencinta sup atau suka memasukkan sup ke dalam menu sehari-hari maka berbahagialah karena sup sayur mayur mengandung serat yang tinggi. Kaya serat dalam sup sayuran untuk diet seperti ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengenyangkan lambung Anda dalam waktu lama. Selain itu oleh karena bahan-bahannya berupa sayur maka sup ini pastinya tidak akan membuat Anda gemuk dong.

  1. Alpukat

Mengandung lemak baik yakni lemak tak jenuh, buah alpukat dapat membuat proses pembakaran lemak dalam tubuh Anda menjadi lebih optimal. Selain itu dengan mengkonsumsinya secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan khasiatnya secara langsung yaitu yang berasal dari kalium, vitamin E, asam folat serta antioksidan. Ada banyak macam olahan alpukat yang bisa Anda coba dan tentu saja tidak akan membuat Anda bosan diantaranya adalah membuat jus untuk diet di malam hari sebelum tidur agar proses pembakaran lemak oleh alpukat dapat berlangsung selama Anda beristirahat.

  1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang kaya akan asam amino esensial serta protein. Kesembilan asam amino esensial yang ada dalam telur dapat memicu terjadinya pelepasan hormon-hormon dalam usus yang dapat meminimalkan rasa lapar.

Sebuah studi dari Saint Louis University membuktikan bahwa orang-orang yang sarapan dengan telur di pagi hari secara rutin sebenarnya mengkonsumsi 330 kalori yang lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang sarapan dengan roti putih. Untuk lebih mengenyangkan perut Anda, sebaiknya konsumsi satu buah telur utuh baik itu kuning telur dan putih telurnya karena semua kandungan protein yang diinginkan tubuh ada di sana.

  1. Seafood

Mungkin beberapa diantara Anda alergi dengan seafood namun ketahuilah bahwa seafood adalah jenis makanan yang rendah kalori sekaligus mengenyangkan lho. Beberapa diantara seafood tersebut adalah salmon, tiram, dan udang. Kalorinya yang rendah membuat seafood tetap aman untuk dikonsumsi terutama bagi Anda yang takut akan kegemukan. Namun untuk memastikan bisa dikonsumsi tanpa menghilangkan khasiatnya, Anda tidak boleh menambah banyak bahan atu bumbu lain pada saat pengolahannya.

Demikianlah kelimabelas makanan rendah kalori yang mengenyangkan yang bisa Anda coba baik selama masa diet atau untuk konsumsi sehari-hari secara rutin. Ingat bahwa mengkonsumsi makanan diet rendah kalori ini sangatlah penting demi kelancaran program atau cara diet tanpa menyiksa yang ingin Anda lakukan.

Anda juga dapat memenuhi keinginan untuk mengkonsumsi menu diet simple dan murah serta sehat demi tubuh ideal seperti yang Anda harapkan selama ini. Tidak lucu bukan bahwa Anda harus bersusah payah mengurangi porsi makan bahkan menahan rasa lapar yang menyakitkan hanya karena tidak ingin berat badan naik padahal ada makanan-makanan rendah kalori yang sehat dan dapat mengenyangkan lambung Anda secara alami.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan