9 Cara Diet Untuk Penderita Diabetes Yang Aman Super Ampuh

Cara Diet Untuk Penderita Diabetes yang juga sering disebut dengan DM, penyakit gula dan kencing manis memaksa para penderitanya untuk menjalankan pola hidup sehat sehingga kadar gula darah bisa di kontrol sekaligus mencegah komplikasi lanjutan. Orang yang di diagnosa atau memiliki resiko diabetes tetap dapat hidup dengan normal asalkan tetap menjalani pola hidup yang benar secara teratur. Anda juga tidak selalu harus bergantung dengan obat-obatan yakni dengan mengikuti cara diet penderita diabetes yang akan di ulas lengkap berikut ini.

ads

Artikel terkait:

Cara Diet Untuk Penderita Diabetes

Cara Diet Untuk Penderita DiabetesBagi anda yang menderita diabetes atau penyakit gula namun ingin melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal namun tidak menyebabkan penyakit baru, anda perlu menyimak cara berikut ini :

1. Konsumsi Makanan Serat Tinggi dan Karbohidrat

Karbohidrat memang bisa memberikan dampak besar untuk penderita diabetes, akan tetapi tidak berarti harus menghindari seluruh makanan yang mengandung karbohidrat melainkan lebih cerdas dalam memilih jenis karbohidrat apa yang akan dikonsumsi.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan juga makanan mengandung serat tinggi memang disarankan, sebab dua zat ini akan lama diolah dalam pencernaan sekaligus menjaga kestabilan gula darah. (Baca Juga : Aturan Diet Air Putih)

Karbohidrat kompleks juga menjadi sumber energi untuk tubuh sehingga rasa lapar bisa datang lebih lama. Perhatikan batasan dalam mengkonsumsi pasta, nasi, makanan mengandung gula berlebih, alkohol, soda dan juga snack. Makanan dan minum tersebut lebih baik diganti dengan makanan mengandung gandum seperti roti gandum , nasi merah dan juga sereal yang sangat tinggi akan kandungan serat dan memiliki nilai nutrisi tinggi.

Selain karbohidrat, konsumsi buah dan sayuran segar lebih banyak sebab nutrisi baik bisa didapat dari berbagai jenis sayur yang dibutuhkan penderita diabetes seperti contohnya bayam dan brokoli. Sementara untuk buah-buahan yang disarankan untuk penderita diabetes adalah persik, apel, buah beri, tomat, pir dan juga buah noni yang sangat baik dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus tanpa tambahan gula. Buah noni bahkan terbukti mempunyai kandungan porxeronin yang bisa memperbaiki fungsi hati atau pankreas dalam memproduksi insulin sehingga sangat baik untuk penderita kencing manis tersebut. (Baca Juga : Diet Rendah Protein)

2. Lebih Jeli Dengan Asupan Manis

Cara diet yang harus dilakukan penderita diabetes tidak berarti menghindari penggunaan gula seluruhnya, namun yang harus diperhatikan adalah makan dengan porsi yang cuku dan tidak berlebihan. Yang dimaksud dengan jeli dengan asupan manis ialah mengkonsumsi makanan atau minuman manis pada waktu jam makan sebagai hidangan penutup dan selanjutnya tidak lagi mengkonsumsi camilan atau snack diluar dari jam makan tersebut.

Selain itu, kurangi porsi makanan utama jika sesudahnya ingin menyantap hidangan penutup yang manis, sebab asupan manis yang akan disantap setelahnya juga mengandung karbohidrat yang tinggi.

Artikel terkait:

3. Konsumsi Lemak Dengan Pertimbangan Bijak

Konsumsi Lemak Dengan Pertimbangan BijakSaat menjalankan diet, lemak bisa menjadi kawan dan juga bisa menjadi musuh sebab ada beberapa jenis dari lemak yang berbahaya dan tidak sehat untuk tubuh, sementara beberapa jenis lainnya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk penderita diabetes yang mempunyai resiko jantung lebih tinggi harus melakukan pertimbangan dengan bijak saat memilih lemak apa yang akan dikonsumsi. Lemak baik merupakan lemak tak jenuh yang bisa anda temukan pada ikan dan juga tanaman seperti contohnya kacang-kacangan, alpukat, susu kedelai dan juga olive oil. Asam lemak omega 3 juga sangat dianjurkan sehingga metabolisme tubuh, jantung dan otak akan selalu terjaga. Untuk sumber asam lemak omega 3 yang baik bagi penderita diabetes bisa ditemukan pada biji bunga matahari, ikan tuna dan juga ikan salmon.

Sedangkan lemak jahat yang harus dihindari penderita diet adalah lemak jenuh atau saturated fats, sehingga beberapa makanan yang harus dihindari adalah keju, daging merah atau mentah, susu kemasan, mentega, es krim dan berbagai jenis makanan ringan lainnya.

Artikel terkait:

4. Pola Makan Teratur Dengan Mencatat

Pola Makan Teratur Dengan MencatatDiet yang dijalankan penderita diabetes tidak harus selalu merasa lapar sebab tidak menggunakan jam makan untuk mengisi perut. Namun, memang pada orang yang memiliki diabetes akan berpengaruh jika menurunkan sedikit berat badan sehingga kadar gula dalam darah bisa lebih di kontrol. Menurut penelitian, cara sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggunakan pola makan yang teratur dengan cara mencatat makanan yang sudah dikonsumsi.

Makan teratur yang dimaksud adalah makan sebanyak 3 kali dalam sehari dan menyantap makanan ringan atau snack sebanyak 2 kali dalam sehari diantara jam makan. Dengan mencatat apa saja yang sudah anda konsumsi serta mengikuti pola makan yang baik, maka kadar gula dalam darah secara otomatis akan stabil namun tetap harus memperhatikan porsi dan juga jenis makanan yang akan anda santap saat jam makan dan makanan ringan tersebut.

5. Selalu Sarapan

Penderita diabetes juga tidak boleh melewatkan waktu sarapan di pagi hari, sebab dengan sarapan maka tubuh mempunyai energi pas yang akan digunakan saat beraktivitas dan kadar gula dalam darah bisa tetap dalam keadaan yang stabil. Perlu diketahui jika anda melewatkan jam sarapan, maka saat makan siang nafsu makan anda akan bertambah dan tentunya porsi makan jadi berlebihan.

Artikel terkait:

6. Atur Makan Dengan Porsi Tepat

Usahakan untuk selalu makan dengan teratur dengan menyantap porsi yang kecil dan secukupnya merupakan Cara Diet Untuk Penderita Diabetes yang selanjutnya. Makan dengan teratur akan membuat tubuh tidak merasa kelaparan sehingga porsi makan saat jam makan tetap normal dan tidak bertambah.

Artikel terkait:


7. Menjaga Kalori Dengan Stabil

Agar kadar gula bisa selalu dalam keadaan yang stabil, maka pastikan untuk membatasi kalori yang dikonsumsi setiap harinya disetiap jam makan. Ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan menyantap hidangan penuh kalori pada satu jam makan dan selanjutnya tidak makan selama satu hari.

8. Sempurnakan Diet Dengan Vitamin D

Para penderita diabetes juga harus mencukupi kebutuhan akan vitamin D dalam tubuh sehingga diet yang dijalani bisa semakin optimal. Vitamin D ini bisa didapat dengan cara berjemur dibawah sinar matahari yang tidak melebihi jam 9 sehingga fungsi sel saat produksi insulin bisa lebih ditingkatkan.

Artikel terkait:

9. Memilih Diet A atau B

Memilih Diet A atau BPengertian diet A dan diet B untuk penderita diabetes adalah perbedaan dari kadar karbohidrat yang digunakan. Diet A memiliki kandungan karbohidrat 40%, lemak 30% dan protein 20%. Sedangkan diet B memiliki kandungan karbohidrat 68%, lemak 20% dan protein 12%. Untuk kita yang tinggal di wilayah Indonesia lebih cocok menggunakan pola diet B yang juga dilakukan di beberapa negara Asia lainnya.

Diet B akan memperbaiki hati dan kandungan serat tinggi pada diet ini juga akan membantu dalam penurunan kadar glukosa dan kolestrol dalam darah setelah selesai bersantap. Diet B juga lebih mudah untuk dijalani, sebab bisa menyantap berbagai jenis sayuran tanpa jumlah yang dibatasi. Sementara untuk pilihan sayur yang baik untuk penderita kencing manis adalah rebung, sawi, jamur segar, bayam, kangkung, cabai hijau besar, kecipir, gambas dan selada.

Artikel terkait:

Dengan mengikuti cara diet untuk penderita diabetes diatas, maka anda bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dang mengontrol penyakit ini dengan baik tanpa harus melakukan diet secara ketat yang menyiksa sebab seringkali merasa kelaparan. Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca artikel dari kami kali ini, semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk anda khususnya penderita diabetes.

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan