5 Cara Membentuk Otot Lengan Paling Mudah Dan Efektif

Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuhnya dalam kondisi ideal agar dapat memiliki penampilan yang baik dan mampu menarik orang lain untuk memberikan penilaian positif. Di era modern sekarang ini, membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan kekar merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan dengan berbagai macam caranya.

ads

Untuk mendapatkan tubuh yang kekar dan terlihat ideal maka perlu adanya pembentukan otot pada bagian bagian yang diinginkan.

Salah satu bagian tubuh yang seringkali diinginkan terbentuk ototnya adalah lengan. Lengan adalah anggota badan dari pergelangan tangan hingga ke bahu. Dengan otot lengan yang terbentuk maka tubuh sesorang baik wanita maupun pria akan terlihat lebih tegap dan kuat.

Dalam prosesnya membentuk otot lengan ada beberapa hal yang dapat dilakukan secara konsisten melalui gerakan fisik. Berikut penjelasan mengenai cara membentuk otot lengan yang efektif dan mudah diaplikasikan oleh semua orang dalam ulasan di bawah ini.

  1. Push up

Gerakan fisik pertama yang dapat dilakukan untuk membantu membentuk otot lengan adalah push up. Push up merupakan salah satu gerakan dalam senam fisik yang paling sederhana dan juga sangat sering didengar. Push up ternyata selain membakar kalori juga dapat membantu membentuk otot lengan karena dalam push up lengan dijadikan salah satu tumpuan.

Lakukan push up sebanyak 10 – 15 kali dalam setiap latihan dan pastikan posisinya sudah benar. Push up juga merupakan salah satu bentuk latihan fisik atau gerakan olahraga mengecilkan lengan.

  1. Bicep curls

Bentuk gerakan lainnya dalam cara membentuk otot lengan adalah bicep curls atau gerakan menekuk lengan atas. Gerakan ini merupakan langkah pembentuk otot lengan paling mudah dan menjadi awalan latihan pembentukan lengan.

Bicep curls dilakukan dengan cara berdiri pada dua kaki yang melebar sebahu dan tangan memegang botol berisi air atau dumel. Tekuk lengan keatas hingga sebahu dan tahan beberapa detik lalu turunkan kembali secara perlahan serta lakukan gerakan tersebut beberapa kali. Berat beban dapat ditingkatkan untuk latihan tingkat lanjut.

  1. Angkatan lengan dan kaki berlawanan

Gerakan fisik lainnya yang juga cukup mudah dilakukan dirumah untuk membantu dalam membentuk otot lengan adalah angkatan lengan dan kaki yang berlawanan. Gerakan ini dilakukan dengan cara berlutut di matras dengan posisi tangan sejajar bahu.

Angkat kaki kiri lurus ke belakang bersamaan dengan angkatan tangan kanan ke depan secara lurus lalu tahan selama beberapa detik. Lakukan gerakan berlawanan lainnya untuk kaki kanan dan tangan kiri dan terus sebaliknya sebanyak beberapa kali. Sebelum melakukan banyak gerakan perhatikan juga urutan gerakan fitnes bagi pemula agar tidak salah.

  1. Bench dip

Tubuh yang bertumpu pada kursi atau sebutannya bench dip merupakan gerakan lain yang dapat membantu membentuk otot lengan. Gerakan ini dilakukan dengan cara duduk pada kursi yang stabil dengan tangan bertumpu pada bagian samping kursi serta posisi lutut harus membentuk sudut sembilan puluh derajat.


Angkat beban tubuh menggunakan tumpuan tangan disamping kursi secara perlahan dan bawa tubuh lebih maju lalu tahan beberapa detik serta lakukan dengan pengulangan beberapa kali. Bench dip merupakan bagian dari olahraga mengecilkan lengan tanpa alat.

  1. Push up dinding

Bentuk gerakan lain yang juga dapat membantu dalam membentuk otot lengan yang mudah dilakukan dirumah adalah push up dinding. Push up ini secara prinsip gerakannya sama dengan gerakan push up pada umumnya namun tumpuannya bukan dilakukan dilantai melainkan di dinding.

Cara berdiri harus benar dan jarak antara dinding dengan tubuh setidaknya 40 cm dengan bagian lengan yang bergerak untuk melakukan push up. Selain latihan fisik yang disebutkan diatas, konsumsi makanan penambah massa otot juga dapat membantu.

Itulah beberapa cara membentuk otot lengan yang mudah dilakukan dirumah melalui gerakan gerakan sederhana tanpa harus menggunakan alat senam. Dengan melakukan gerakan yang disebutkan diatas secara konsisten maka pembentukan otot lengan akan mudah terjadi meskipun perlahan.

Perhatikan beberapa ciri masa otot meningkat untuk mengetahui apakah latihan fisik yang sudah dijalani memberikan hasil.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips