6 Cara Melatih Otot Perut Dengan Cepat Dan Mudah Dilakukan Dirumah

Membentuk otot perut merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh setiap orang terutama bagi pria yang sangat memperhatikan bentuk tubuhnya sebagai trend yang berkembang hingga saat ini.

ads

Ada beberapa hal yang saling berhubungan untuk membantu cara membentuk otot perut menjadi kondisi yang ideal mulai dari melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan lemak di perut hingga menjalani berbagai olahraga dan gerakan fisik lainnya dalam suatu latihan yang rutin.

Berikut beberapa cara melatih otot perut dengan cepat yang dapat dilakukan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Sit up

Semua orang pasti sudah mengenal bentuk gerakan sit up sebagai salah satu latihan dalam senam. Sit up menjadi salah satu bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk membantu membentuk dan melatih otot perut. Sit up yang dilakukan dengan cara berbaring dan tangan dibelakang kepala serta kaki yang ditekuk lalu tubuh diangkat ke arah lutut dalam beberapa kali gerakan merupakan salah satu bentuk latihan yang mudah untuk melatih otot perut di rumah tanpa alat senam apapun. Sit up menjadi salah satu bentuk gerakan olahraga mengecilkan perut.

  1. Plank

Bentuk latihan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membentuk dan melatih otot perut adalah plank. Plank merupakan bentuk gerakan pasif yang mampu melatih otot perut karena dalam aktifitas menumpu tersebut otot perut akan meregang dan menegang  jika tumpuan dilakukan dalam waktu yang lebih lama.

Gerakan plank dapat melatih kekuatan otot perut, dan jika dilakukan secara konsisten setiap harinya dalam membantu membentuk otot perut. Setiap melakukan aktivitas fisik maka perhatikan urutan gerakan fitnes bagi pemula yang perlu diketahui.

  1. Crossover crunch

Cara melatih otot perut dengan cepat dan mudah dilakukan lainnya adalah melalui gerakan yang disebut crossover crunch yang juga merupakan latihan untuk menguatkan otot perut. Gerakan crossover crunch dilakukan dengan cara berbaring diatas matras lalu menarik kaki hingga menyentuh sikut sedangkan satu kakinya tetap lurus.

Kontraksi perut perlu dilibatkan untuk dapat mengangkat kaki dan bahu secara bersamaan dan pastikan agar leher tidak ikut terangkat sehingga cedera dapat terhindarkan dari latihan ini.

  1. Leg raise

Jenis gerakan lain yang juga dapat membantu dalam membentuk otot perut disebut leg raise yang merupakan salah satu gerakan senam untuk mengecilkan perut. Latihan leg raise dilakukan dengan cara berbaring terlentang dengan posisi tubuh lurus.

Tangan disisipkan dibawah bokong lalu angkatlah kaki hingga bagian bokong ikut terangkat juga. Untuk hasil yang maksimal dan cepat dalam membentuk otot perut maka lakukan leg raise ini sebanyak 10 – 15 kali dalam 3 – 5 set latihan.

  1. Reverse crunch

Memang ada banyak bentuk latihan crunch yang dapat membantu melatih otot perut dan membentuknya, salah satu bentuk latihan yang paling cepat dan mudah adalah reverse crunch.


Cara melakukan reverse crunch hampir sama dengan crossover crunch yakni dengan berbaring lurus dan tangan di samping tubuh lalu angkat kaki hingga pinggang jug ikut terangkat serta menjadikan otot perut meregang. Lakukan latihan reverse crunch ini sebanyak jumlah yang sama saat latihan leg raise.

  1. Variasi plank

Melatih otot perut yang cepat dan mudah dilakukan dirumah memang kebanyakan dilakukan dengan berbaring maupun tengkurap seperti gerakan crunch dan plank. Beberapa variasi plank dapat dilakukan untuk membantu mempercepat latihan dan menjadikan latihan lebih menarik serta tidak monoton.

Variasi plank yang dapat dilakukan untuk melatih otot perut diantaranya seperti plank meyamping dan plank dengan lengan yang lurus. Lakukan setidaknya 30 detik untuk melatih otot perut.

Itulah beberapa cara melatih otot perut dengan cepat dan mudah dilakukan dirumah tanpa menggunakan alat alat senam khusus. Konsisten dalam melakukan setiap harinya menggunakan beberapa latihan yang disebutkan diatas akan membantu melatih dan membentuk otot perut dengan cepat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips