Kenali 5 Ciri Massa Otot Meningkat Karena Olahraga

Ketika menjalani program diet, anda tentu disarankan untuk menjalankan olahraga untuk diet. Olahraga ini akan membantu proses penurunan berat badan yang sedang anda jalani. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa menguruskan berat badan. Seperti sit up, lari, renang, dan berbagai jenis olahraga lainnya.

ads

Selain menurunkan berat badan, olahraga juga bisa menambah massa otot anda. Bagaimana anda bisa mengenali massa otot yang meningkat karena olahraga? Mengenali ciri-ciri massa otot meningkat tidaklah sulit. Anda dapat mengetahui peningkatan pada massa otot dengan melihat ciri-ciri berikut:

  • Bentuk otot lebih terlihat

Ciri massa otot meningkat pertama yang akan anda lihat adalah bentuk otot di tubuh anda akan terlihat dengan jelas. Anda bisa melihat hal ini pada binaragawan atau orang yang sering melakukan olahraga.

Mereka ini akan memiliki ukuran otot yang lebih besar dengan bentuk yang jelas dibandingkan orang lain yang tidak melakukan program latihan atau olahraga rutin.

  • Peningkatan metabolisme tubuh

Anda bisa mengenali dengan mudah ciri-ciri metabolisme tubuh yang baik, seperti pencernaan dan peredaran darah yang lancar. Jika anda merasakan peningkatan metabolisme tubuh, maka ini bisa menjadi ciri massa otot meningkat.

Seseorang yang memiliki massa otot yang baik akan memiliki jumlah kalori, lemak, dan zat gizi lainnya yang seimbang. Hal ini tentu juga akan berdampak pada metabolisme tubuh anda.

  • Jumlah lemak yang sedikit

Ciri massa otot meningkat berikutnya yang akan anda temui adalah jumlah lemak yang berkurang di tubuh anda. Olahraga yang meningkatkan massa otot secara otomatis juga akan membakar jumlah lemak yang ada di tubuh anda. Salah satu contoh olahraga yang akan memberikan dampak tersebut adalah push up.

Bagi anda yang sering melakukan push up sebelum tidur atau di waktu lainnya, maka salah satu manfaat push up sebelum tidur yang akan anda dapatkan adalah peningkatan massa otot.

  • Badan lebih berat dibandingkan orang dengan ukuran tubuh yang sama

Jika anda telah melakukan olahraga yang cepat menurunkan berat badan dan tidak mengalami penurunan berat badan, anda tidak perlu khawatir. Orang yang mengalami peningkatan massa otot dan pembakaran lemak bisa menjadi seseorang yang memiliki berat badan tinggi, meskipun ukuran tubuh yang kecil.

Melakukan olahraga memang menjadi cara diet yang benar dan sehat. Peningkatan massa otot hanyalah bonus yang akan anda dapatkan dengan melakukan olahraga secara rutin. Akan tetapi, jika anda memang memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan massa otot, maka pilihlah olahraga yang memiliki gerakan khusus.


Misalnya, pilihlah gerakan olahraga mengecilkan perut, seperti elbow plank jika anda ingin meningkatkan massa otot perut. Waktu dalam melakukan olahraga juga harus anda perhatikan. Anda tidak boleh melakukan olahraga terlalu lama, namun harus dilakukan sesering mungkin.

Salah satu waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah di pagi hari karena manfaat olahraga pagi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, metabolisme, dan sistem pernapasan.

Selain memperhatikan jenis olahraga, anda juga harus mengonsumsi makanan penambah tenaga sebelum olahraga. Anda bisa memilih berbagai menu diet simple dan murah yang bisa diproses oleh tubuh anda dengan mudah. Makanan yang sehat dan bergizi juga akan membuat proses penambahan massa otot menjadi lebih mudah.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet