Ketahui 4 Cara Menguatkan Otot Pinggang Mudah Dilakukan Dirumah

Otot pinggang adalah bagian tubuh yang cukup rentan mengalami sakit seperti keselo dan juga nyeri. Aktivitas fisik yang biasa kita lakukan sehari-hari merupakan pemicu sakit pinggang yang sering kita derita. Hal tersebut terjadi karena alasan mekanis gaya hidup yang menharuskan seseorang untuk duduk dalam jangka waktu lama.

ads

Kurangnya olahraga, atau malah melakukan aktivitas berat serta mengalami kecelakaan biasanya menjadi penyebab utama. Kenali pula berbagai olahraga yang bisa menguruskn badan.

Penyebab mekanis dari sakit pinggang sendiri sangat beragam. Mulai dari keselo, perubahan struktur pada tulang, pengikisan cakram tulang belakang, radikulopati, serta cedera cakram tulang belakang.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui cara menguatkan otot pinggang karena bagian tersebut rentan sekali terkena cedera. Mari simak ulasan kami berikut tentang cara menguatkan otot pinggang:

  • Jalan kaki

Olahraga yang terdengar sepele ini malah jarang dilakukan oleh sebagian besar orang. Padahal jalan kaki dapat melatih pergerang otot pinggang sehingga otot pinggang dapat terlatih dan lebih kuat. Ketika anda mengalami nyeri pinggang, jalan kaki juga merupakan salah satu terapi yang cocok untuk dilakukan.

Sebaiknya anda melakukan jalan kaki di pagi hari karena banyak manfaat olahraga pagi hari untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kita.

  • Duduk tegak

Kegiatan kita di kantor biasanya membuat kita tidak dapat melakukan banyak gerakan sepanjang hari. Lebih sering kita dituntut untuk duduk sembari bekerja di depan komputer. Usahakan ketika anda memang tidak dapat banyak beraktivitas fisik sehari-harinya anda dapat menggunakan sandaran atau bantalan penyangga agar duduk anda dapat tegak.

Posisi tubuh yang tepat seperti duduk tegak juga bisa menjadi salah satu cara menguatkan otot pinggang yang mudah dilakukan.

  •  Yoga atau pilates

Yak, banyak gerakan pada yoga dan pilates yang dapat membantu anda menguatkan otot pinggang juga otot bagian tubuh yang lain.

Harmonisasi antara jiwa, pikiran dan juga fisik memang tuntutan wajib bagi anda yang ingin mengikuti kegiatan yoga dan pilates. Yoga dan pilates merupakan salah satu jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan.

Beberapa gerakan menuntut kelenturan tubuh serta keseimbangan. Sehingga banyak gerakan pada yoga dan pilates yang dapat membantu menguatkan otot pinggang anda dan juga manfaat yoga untuk diet. Selain itu gerakan-gerakan di dalamnya juga dapat membantu untuk mengkoreksi postur pada tubuh.

  • Gerakan duduk dan berdiri

Bagi anda yang saat ini bekerja di kantor dan jarang bekerja di lapangan tentunya sudah tidak asing dengan penyakit pinggang atau punggung. Penyakit ini memang banyak menyerang pegawai kantoran yang dalam kesehariannya seringkali hanya duduk bekerja di depan komputer.


Anda bisa menggunakan cara menguatkan otot pinggang yang sederhana misalnya dengan gerakan duduk dan berdiri. Luangkan waktu anda setidaknya 20 menit atau 30 menit sekali untuk melakukan peregangan.

Dengan cara gerakan duduk berdiri beberapa kali kemudian regangkan tangan anda ke atas, setinggi mungkin sehingga seluruh otot dari tangan hingga pinggang dan kaki tertarik secara perlahan. Gerakan ini ampuh untuk membuat otot tidak kaku serta menguatkan otot pinggang kita.

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk menguatkan otot pinggang begitu pula dengan cara mengecilkan betis kaki yang aman dan mudah dilakukan.

Dengan olahraga peregangan yang menjadi dasar utama anda dapat mengkombinasikan dengan gerakan lain pada senam aerobik, zumba, atau yang lainnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips