Ayo Coba! 14 Jenis Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan

jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badanBanyak cara melakukan diet dari menenggak suplemen tertentu hingga menyiksa diri dengan tidak makan makanan yang selama ini disukai. Namun apapun jenis dietnya biasanya sangat dianjurkan dengan berolahraga secara ringan bukan? Hal itu dikarenakan diet tanpa olahraga dapat beresiko besar dalam memperburuk kondisi kesehatan Anda, lho.

ads

Oleh karena itulah agar program penurunan berat badan Anda lebih berjalan optimal maka ketimbang melakoni diet ketat yang menyiksa yang belum tentu berhasil maka tidak ada salahnya Anda mencoba olahraga secara rutin. Yap! Bukan hanya sekedar selingan namun haruslah rutin dilakukan. Apa sajakah jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan itu? Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Berjalan Kaki

Jalan kaki mungkin terdengar sepele namun ternyata banyak manfaatnya, lho! Bila Anda melakukannya dengan rutin bisa dipastikan kalori membandel yang selama ini menggelayut akan terbakar sempurna. Dampaknya tentu saja menjadikan tubuh Anda lebih ideal. Anda dapat melakukannya sebagai aktivitas harian setiap paginya. Cukup dengan berjalan kaki sebanyak atau kilometer setiap harinya, niscaya Anda akan mendapatkan tubuh ideal seperti yang Anda inginkan.

  1. Yoga

Dikenal sebagai olahraga yang menggabungkan meditasi, pembakaran lemak dan kalori dengan ketenangan, yoga merupakan olahraga paling tepat dan efektif bagi Anda yang tidak suka olahraga berat namun ingin berat badan turun seperti halnya bila melakukan olahraga lain. Bila Anda pemula dalam yoga maka Anda perlu bimbingan dari instruktur yoga professional agar lebih mengetahui gerakan yoga yang tepat.

Beberapa gerakan yoga sederhana yang bisa dicoba bagi para pemula adalah child pose, pose bertapa atau pose kobra. Dalam satu minggu Anda dapat melakukannya dua hingga tiga kali selama hanya kurang lebih tiga menit saja. Mudah bukan?

  1. Berlari (Jogging)

Lari terkenal sebagai olahraga paling efektif dalam menurunkan berat badan. Bila dilakukan selama 30 menit hingga satu jam lamanya setiap hari, olahraga yang termasuk dalam jenis olahraga kardio ini dapat membakar semua tumpukan lemak yang tak diinginkan dalam tubuh Anda dengan efisien dan efektif.

Bagi pemula yang belum terbiasa berlari lama, maka Anda bisa mencobanya sebatas dengan kemampuan Anda. Misalnya saja minimal Anda melakukan jogging paling tidak 3 kali dalam seminggu jikalau setiap hari masih terasa berat. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan intensitas lari Anda ke level lebih tinggi.

  1. Bersepeda

Malas jogging? Bersepeda adalah salah satu solusinya apalagi bila Anda adalah orang yang suka berolahraga sambil menikmati pemandangan sekitar. Bersepeda juga dapat menjadi olahraga pembakar kalori yang efektif bahkan tingkat keefektifitasnya hampir sama bila Anda jogging atau berlari.

Olahraga yang satu ini dapat melatih otot kaki, betis dan perut Anda dengan baik dan sangat efektif bila dilakukan secara rutin. Usahakan untuk melakukannya sejauh 2 – 5 km setiap hari atau minimal 30 menit tiap harinya.


  1. Lompat Tali (Skipping)

Kesannya mungkin kekanakan karena olahraga ini terkenal sebagai salah satu permainan anak-anak sepanjang masa. Namun jangan salah karena lompat tali dapat membakar lemak dan kalori jahat dalam tubuh Anda dengan mudah lho. Bahkan skipping sangat identik dengan siapapun yang ingin tubuh mereka bertambah tinggi. Selain itu, bila Anda melakukannya 50 – 100 kalo lompatan lompat tali juga bisa memperkuat otot kaki dan tubuh Anda.

Berita baiknya adalah Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah Anda sendiri tanpa perlu space ruangan yang luas. Anda hanya tinggal mempersiapkan peralatan utamanya yakni tali untuk melompat. Sebagai informasi, skipping dapat membakar kalori Anda hingga 590 kkal. Hasil ini tentu saja sangat efektif bagi Anda yang ingin tampil ramping.

  1. Berenang

Berbahagialah bagi Anda yang suka berenang sejak kecil karena olahraga favorit Anda ini dapat membantu melatih pernapasan serta membuat tubuh lebih tinggi. Tak hanya itu, berenang juga merupakan salah satu cara membuat perut rata paling efektif bagi Anda yang ingin merampingkan perut yang masih bergelambir karena lemak. Dengan kata lain, berenang sangat tepat dipilih untuk menurunkan berat badan berlebih Anda.

  1. Lunge

Bagi Anda yang belum tahu, Lunge adalah sebuah gerakan pengencangan otot hamstring atau paha yang bisa dilakukan dua hari sekali. Jadi bisa dikatakan bahwa lunge adalah salah satu cara membakar lemak di paha yang sangat efektif untuk dilakukan. Gerakan ini dapat membentuk otot, mengencangkan pinggul, serta pantat Anda. Selain itu hal yang terpenting adalah membuat tubuh Anda lebih kurus atau ramping seperti yang diinginkan.

  1. Push Up

Jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan Anda lainnya adalah push up. Ya! Push up adalah salah satu jenis olahraga populer yang siapapun bisa melakukannya karena olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja Anda mau tanpa harus memikirkan alat yang harus Anda persiapkan untuk melakukannya.

Hal pertama yang tinggal Anda lakukan adalah memposisikan tubuh Anda secara telungkup kemudian angkat tubuh hingga sejajar dengan lantai. Kemudian turunkan kembali hingga seperti posisi semula pada lantai. Lakukan gerakan latihan untuk menguatkan otot perut ini secara berkala atau berulang-ulang. Oleh karena sangat bertumpu dan berpusat pada kekuatan perut maka push up bisa menjadi salah satu cara membentuk otot perut paling mudah yang bisa Anda lakukan sehari-hari.

  1. Sit Up (Crunches)

Selain push up, sit up atau disebut juga crunches merupakan salah satu jenis olahraga lain lagi yang sangat efektif untuk membakar lemak yang ada pada perut Anda. Jadi bila Anda ingin mengecilkan perut buncit menahun Anda maka sit up adalah salah satu solusinya. Demi mendapatkan manfaat sit up yang maksimal, Anda harus melakukan olahraga ini secara rutin setiap harinya.

  1. Pilates

Boleh saja pilates bukan merupakan olahraga aerobik namun olahraga yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melatih tubuh bagian tengah. Beberapa diantara otot bagian tubuh yang bisa dilatih pilates adalah perut, panggul, punggung bawah dan paha.

Menariknya, gerakan olahraga mengecilkan perut dan anggota tubuh bagian tengah lain ala pilates terkesan sangat lembut dibanding push up atau sit up namun sebenarnya sangat memanfaatkan otot Anda. Gerakan-gerakan inilah nantinya yang berfungsi membentuk otot, memudahkan gerakan tubuh, meningkatkan pergerakan sendi tubuh hingga membakar kalori yang ada sehingga tubuh Anda menjadi lebih cepat langsing.

  1. Senam Aerobik

Suka dengan menari sekaligus olahraga ringan? Senam aerobik mesti masuk dalam daftar olahraga rutin Anda. Selain bisa dilakukan sendiri, hal paling menyenangkan dari olahraga ini adalah Anda dapat melakukannya bersama-sama dengan teman, sahabat atau keluarga Anda.

Perlu diketahui bahwa keuntungan fisik yang didapat dari senam aerobik atau dengan kata lain manfaat senam bagi tubuh Anda adalah dapat membuat anggota tubuh Anda bergerak seluruhnya sehingga tumpukan-tumpukan lemak dan kalori jahat yang ada dapat terbakar dengan baik. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sempatkan waktu Anda untuk melakukan senam yang dapat mengecilkan perut Anda ini setiap hari selama kurang lebih 45 menit.

  1. Basket

Bagi Anda yang suka dengan olahraga yang satu ini maka Anda patut bahagia karena basket juga terkenal sebagai olahraga yang dapat menurunkan berat badan yang efektif dan efisien. Kapasitasnya yang dapat membakar kalori dan lemak membandel dalam tubuh sangat tinggi.

Belum lagi bila Anda sudah melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan tubuh yang tinggi maka basketlah salah satu solusinya. Jumping dan shooting rutin dalam basket sangat berperan penting dalam menurunkan berat badan Anda bila dilakukan secara rutin.


  1. Sepakbola/ Futsal

Tidak jauh berbeda dengan basket, olahraga sepakbola dan futsal juga bisa menjadi olahraga alternatif paling efektif dalam mewujudkan program penurunan berat badan Anda. Menggabungkan kmampuan mengolah bola dan berlari membuat para pencinta sepak bola yang rutin melakukannya tak ada yang gemuk, lho.

Begitu juga dengan futsal bila Anda tidak memungkinkan untuk melakukan sepak bola. Melakukan bersama tim atau teman-teman setelah pulang kerja atau kuliah dapat membuat olahraga yang satu ini sangat menyenangkan untuk dilakukan.

  1. Angkat Beban

Tidak hanya membakar kalori, olahraga yang satu ini juga bisa membantu Anda membentuk massa otot serta sebagai cara mengecilkan lengan dengan barbel paling efektif dan mudah untuk dilakukan. Selain itu, hal paling menarik dari angkat beban adalah olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang tetap sibuk di akhir pecan namun tidak sempat untuk berolahraga ke luar rumah seperti jogging, jalan kaki atau bersepeda. Tinggal angkat beban Anda dan lakukan dalam rumah secara rutin, manfaatnya yang luar biasa sudah bisa Anda dapatkan.

Demikianlah keempatbelas jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan Anda yang mudah dan efisien untuk dilakukan. Sebagai saran untuk Anda, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan penambah tenaga sebelum olahraga agar Anda memiliki energi lebih saat melakukannya.

Poin pentingnya adalah tetap imbangi program olahraga untuk diet sehat ini dengan pola hidup sehat seperti memperbanyak minum air putih, istirahat cukup, mengonsumsi buah dan sayur, menghindari alkohol dan rokok serta mengonsumsi makanan bergizi dan penuh nutrisi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet