15 Cara Mengecilkan Betis Kaki Dijamin Paling Ampuh

Cara Mengecilkan Betis KakiMempunyai ukuran betis yang besar dan terlihat tidak proporsional tentunya akan mengurangi rasa percaya diri dan penampilan terlihat tidak sempurna. Untuk mendapatkan betis yang terlihat kencang dan kecil, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti melakukan beberapa latihan khusus untuk memberi tekanan pada betis, melakukan gerakan untuk membakar lemak di area betis dan menghindari beberapa jenis makanan yang bisa membuat ukuran betis menjadi lebih besar. Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda simak cara mengecilkan betis kaki selengkapnya berikut ini.

ads

Makanan Mengecilkan Betis Kaki

Selain berolahraga dengan rutin, cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan betis kaki adalah dengan memakai pola makan yang sehat. Pola makan sehat yang dilakukan adalah menghindari makanan dan juga minuman yang tidak menimbulkan penumpukkan lemak di area tubuh khususnya betis kaki.

  1. Jus dan Susu Murni

Jus dan juga susu murni adalah asupan baik yang bisa anda konsumsi untuk mengecilkan area betis kaki secara alami. Perbanyak konsumsi jus campuran buah dan juga sayur serta susu murni dalam menu makanan anda sehari – hari sehingga betis kaki akan mengecil dari waktu ke waktu.

Artikel terkait:

  1. Pepaya dan Pisang

Pepaya dan juga pisang menjadi jenis buah yang bagus dikonsumsi untuk mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil sekaligus menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Mengkonsumsi pisang dan juga pepaya akan menghilangkan penumpukan lemak pada bagian tertentu seperti betis dan melancarkan pencernaan anda karena kandungan vitamin C, vitamin A dan beberapa mineral serta vitamin lain yang berperan penting dalam pembakaran lemak khususnya di area betis kaki anda.

  1. Konsumsi Teh Hijau

Kandungan zat katekin pada teh hijau merupakan zat yang sangat ampuh untuk melunturkan lemak di beberapa bagian tubuh seperti betis kaki. Minum teh hijau secara teratur sebanyak satu kali dalam sehari akan sangat membantu untuk mengecilkan area betis anda sekaligus menyehatkan tubuh anda. Selain itu, anda bisa mengolah teh hijau menjadi berbagai makanan lezat seperti dijadikan bumbu tambahan saat memanggang ayam, membuat kue, smoothie, es krim dan berbagai olahan lain yang sangat lezat.

  1. Yogurt Yunani

Yogurt yunani sudah sangat terkenal efektif untuk mengikis penumpukan lemak di tubuh seperti perut, paha dan juga betis kaki. Makanan dan juga minuman yang diberi tambahan yogurt yunani juga akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam perut anda sehingga terhindar dari perut kembung. Yogurt yunani menjadi pilihan yogurt terbaik karena dalam proses pembuatannya tidak menghasilkan lemak dan gula tinggi. Selain mengecilkan betis kaki, yogurt yunani juga akan menjaga kestabilan hormon yang berkaitan dengan penumpukan kalori. Kandungan protein tinggi dalam yogurt yunani bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan bisa disantap tanpa perlu menambahkan apapun atau juga bisa dicampur dengan jenis buah-buahan supaya gizinya lebih lengkap.


  1. Alpukat

Alpukat merupakan asupan baik lain untuk membuat ukuran betis anda lebih kecil. Alpukat adalah jenis buah yang mempunyai sifat anti bakteri dan juga anti jamur serta mengandung asam amino yang akan menyehatkan organ jantung, menjaga kesehatan otak, mempertajam memori dan tentunya menghilangkan penumpukkan lemak di area betis anda. Buah alpukat juga tinggi akan kandungan folat yang berguna untuk mencegah stroke dan bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, dibuat jus atau di campur dalam salad buah. Saat menyantap buah alpukat ini, hindari untuk menambahkan pemanis tambahan seperti gula supaya tidak menghambat proses penghilangan lemak di area betis kaki anda.

  1. Buah Anggur

Buah berukuran kecil berwarna merah, ungu atau hijau ini memiliki manfaat besar tidak hanya untuk menjaga kecantikan anda, namun juga berkhasiat untuk mengikis penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh seperti perut, paha, pinggang dan juga betis. Mengkonsumsi buah anggur secara rutin akan dengan cepat membakar penumpukkan lemak yang terjadi di bagian betis anda. Sementara kandungan antioksidan tinggi dalam buah anggur akan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti sakit jantung, kolesterol tinggi, masalah pada organ hati dan juga stroke.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah asupan sarapan baik yang mengandung 8 gram serat dan 12 gram proten setiap cangkirnya. Mengkonsumsi oatmeal merupakan cara yang baik untuk menyingkirkan penumpukan lemak di area betis kaki anda. Agar manfaat oatmeal lebih optimal, jangan tambahkan dengan gula atau sirup untuk menyantapnya, namun tambahkan dengan susu rendah lemak dan juga kayu manis yang akan mengoptimalkan program mengecilkan betis anda.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar menjadi makanan yang rendah karbohidrat dan dicerna secara perlahan dalam pencernaan sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi ubi jalar secara rutin akan menurunkan timbunan lemak di beberapa area tubuh anda seperti perut, paha, betis dan juga bokong anda. Selain itu, ubi jalar juga akan menjaga kestabilan kadar gula dalam darah sekaligus menurunkan resistensi insulin serta mencegah kalori diubah menjadi lemak. Sedangkan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin B6 tinggi yang ada dalam ubi jalar akan membantu pembakaran energi saat anda berolahraga.

  1. Sereal Gandum

Sereal gandum juga menjadi asupan yang tepat di konsumsi saat sarapan untuk membuat ukuran betis anda mengecil secara bertahap. Hindari menambahkan gula atau sumber glukosa lain saat menyantap sereal dan ganti dengan susu rendah lemak supaya tidak menghambat program mengecilkan betis yang sedang anda lakukan. Sereal gandum utuh menjadi jenis sereal terbaik yang bisa anda konsumsi untuk mendukung proses mengecilkan betis kaki secara alami.

  1. Beras Hitam

Mungkin, masyarakat Indonesia masih sedikit asing dengan jenis beras yang satu ini, akan tetapi beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, serat, vitamin E namun rendah kandungan gulanya jika dibandingkan dengan nasi putih. Mengkonsumsi lebih banyak nasi hitam akan membuat tubuh terhindar dari radang dan penyimpanan lemak di area betis kaki bisa diminimalisir.

Artikel terkait:

  1. Teh Putih

Teh putih atau white tea bekerja dalam tiga cara berbeda dalam menghilangkan lemak dari dalam tubuh. Dari sebuah studi memperlihatkan jika teh putih akan meningkatkan liposis atau pemecahan lemak sekaligus menghambat adipogenesis atau pembentukan sel lemak. Teh putih juga menjadi sumber antioksidan tinggi yang akan meningkatkan kinerja hati untuk mengubah lemak menjadi sumber energi sehingga jenis teh putih ini sangat baik dikonsumsi untuk mengecilkan beberapa area tubuh seperti betis, lengan, paha dan juga perut.

  1. Kacang Hitam

Kacang hitam memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah akan lemak. Berbagai jenis kacang termasuk kacang hitam ini adalah sumber makanan yang sangat rendah kandungan lemak sekaligus membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan memberikan asupan usus yang menyehatkan, maka proses pembakaran lemak di area betis kaki bisa berjalan dengan optimal dan mengubah lemak menjadi bahan bakar tubuh anda. Semakin gelap warna kacang, maka semakin tinggi kandungan fitokimia sehingga kacang hitam menjadi piliha terbaik untuk anda konsumsi.

  1. Kacang Polong Beku

Untuk camilan sehat menurunkan berat badan sekaligus menyingkirkan timbunan lemak di area betis kaki anda. Dalam satu cangkir kacang polong beku mengandung 7 gram protein dan 6 gram serat sehingga bisa mencegah anda untuk ngemil camilan tidak sehat sekaligus mengecilkan betis kaki secara alami. Selain itu, kacang polong beku ini bisa menjadi makanan pendamping penambah serat saat mengkonsumsi steak atau ayam sebagai menu diet anda sehari-hari.

  1. Almond

Almond merupakan sumber vitamin E terbaik yang juga mengandung lemak serta serat tak jenuh sehingga sangat nikmat dan berkhasiat untuk dijadikan camilan penunda lapar sekaligus mengecilkan betis kaki anda secara alami. Saat mengolah kacang almond ini, hindari penambahan beberapa bahan seperti mentega dan lemak jenuh namun gunakan minyak zaitun supaya lebih sehat dan melengkapi gizi dari kacang almond.

  1. Quinoa

Quinoa merupakan makanan protein pelengkap yang juga mengandung asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun otot dan juga menghilangkan lemak khususnya di beberapa area seperti perut, lengan, paha dan juga betis. Mengkonsumsi quinoa juga menjadi solusi terbaik untuk membakar lemak, menjaga kesehatan tulang dan kulit, mencegah kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan juga mencegah obesitas secara menyeluruh. Quinoa bisa anda jadikan makanan utama pengganti nasi yang jauh lebih sehat sebab tinggi akan kandungan serat yang akan membantu mengecilkan ukuran betis anda.

  1. Coklat hitam

Bagi anda penggemar coklat, mengkonsumsi coklat hitam lebih banyak sangat baik untuk membantu mengecilkan area betis anda secara alami sekaligus menjadi makanan nikmat dan bisa diolah menjadi aneka jenis kue, es krim, minuman coklat panas, selai dan berbagai manfaat lainnya. Mengkonsumsi coklat hitam tidak hanya membantu program mengecilkan betis, namun juga bermanfaat untuk mencegah diabetes, penyakit jantung dan gagal hati.

  1. Oysters

Oysters atau tiram yang merupakan salah satu makanan laut ini menjadi sumber makanan terbaik yang tinggi akan kandungan seng dan mineral yang bekerja sama dengan hormon leptin untuk mengatur nafsu makan anda. Dari penelitian yang sudah dilakukan memberikan bukti jika seseorang yang kelebihan berat badan lalu mengkonsumsi tiram akan memiliki kandungan leptin dan seng yang lebih tinggi. Ini membuat oysters atau tiram sangat baik untuk anda konsumsi untuk mengecilkan ukuran betis anda.

  1. Raspberi

Salah satu jenis buah beri yakni raspberi merupakan buah penting untuk menghancurkan penumpukkan lemak dalam tubuh sekaligus pembangki tenaga. Dalam raspberi juga mengandung serat tak larut yang akan memberikan asupan makanan untuk bakteri baik dalam usus anda, memicu produksi asam lemak baik dan mengurangi radang yang diakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh. Melakukan diet dengan mengkonsumsi serat tak larut tinggi akan meningkatkan ghrelin semakin tinggi yang merupakan hormon pengendali rasa lapar.

  1. Mentimun

Mentimun juga menjadi makanan baik untuk mengecilkan ukuran betis anda secara alami. Mentimun sangat tinggi akan kandungan air sekaligus menekan nafsu makan berlebih saat menyantap makanan utama anda. Sementara kandungan seratnya akan mengikat lemak dan membuangnya dari dalam tubuh saat berolahraga dan melalui feses.

  1. Popcorn

Popcorn menjadi camilan sehat yang bisa anda santap namun tidak akan membuat lemak semakin banyak menumpuk di dalam tubuh anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak menambah mentega atau popcorn saat membuat popcorn. Sementara untuk menambah rasa, anda bisa menggunakan keju parmesan, cabai bubuk dan juga jinten supaya rasa popcorn bisa semakin lezat.

Artikel terkait:

Gerakan Olahraga Mengecilkan Betis

Ada beberapa macam gerakan yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan area betis kaki, mengencangkan sekaligus membuat betis menjadi lebih berotot yakni dengan mengikuti beberapa cara dibawah ini.

  1. Pegang Ibu Jari Kaki Sambil Duduk

Silahkan awali dengan duduk di area lantai dan luruskan serta rapatkan kedua kaku ke arah depan. Secara perlahan, condongkan badan anda ke arah depan dan pegang bagian ibu jari kaki dengan tangan anda. Lenturkan juga area ibu jari mendekat pada tubuh anda dan tahan beberapa saat sehingga terasa otot terbakar di area betis anda. Tahan gerakan ini selama 15 detik dan ulangi sebanyak 3 kali.

  1. Peregangan Sikap Lebar

Untuk melakukan peregangan dengan sikap lebar, awali dengan berdiri memakai satu kaki yang diregangkan ke arah depan dan bagian satu kaki lagi ke arah belakang. Regangkan kaki sampai anda merasa nyaman lalu tekuk lutut kaki bagian depan dan jaga keseimbangan kaki belakang supaya tetap menapak seluruhnya. Rasakan pembakaran yang terjadi pada betis bagian anda dan jaga bagian punggung serta dada tetap lurus sementara pandangan lurus ke depan saat melakukan peregangan sekaligus mengecilkan dan membuat betis kaki lebih berotot. Tahan gerakan ini selama 10 sampai 15 detik dan ulangi untuk bagian kaki yang lain sebanyak 5 kali peregangan untuk setiap kaki.

  1. Gerakan Langkah Peregangan

Untuk melakukan gerakan langkah peregangan, awali dengan berdiri memakai satu kaki sementara kaki lainnya diregangkan lurus ke arah depan. Dengan memakai setengah bagian telapak kaki, letakkan pada anak tangga dan condongkan badan anda ke arah depan dan rasakan peregangan yang terjadi pada area betis kaki depan. Tahan posisi ini dan pastikan juga menjaga kaki anda tetap berpijak seluruhnya pada tanah dan kaki tetap berada di tangga masih tetap dalam keadaan lurus sehingga terjadi pembakaran di area otot betis kaki. Tahan posisi ini selama 15 sampai 20 detik dan ulangi untuk bagian kaki satunya serta lakukan sebanyak 5 kali peregangan untuk setiap kaki.

  1. Gerakan Downward Facing Dog

Downward Facing Dog merupakan pose yoga dasar yang sangat baik untuk peregangan betis dan bisa diulangi sebanyak beberapa kali dalam latihan yoga untuk mengecilkan area betis anda. Untuk melakukan pose ini, silahkan berbaring dengan perut dan tangan berada di bagian samping sementara kaki lurus ke arah belakang. Pakai tangan anda untuk mendorong badan yang menempel di lantai dan pindahkan beban ke bagian ujung kaki saat menaikkan pinggul ke arah atas sehingga tubuh akan membentuk huruf V terbalik dan telinga berada di dekat siku serta tumit yang menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 25 sampai 30 detik sampai terasa pembakaran pada kedua bagian betis kaki anda. Semakin dekat letak tumit dengan lantai, maka gerakan ini akan semakin efektif.

  1. Melakukan Yoga

Walau gerakan Downward Facing Dog merupakan latihan baik untuk peregangan betis sekaligus mengecilkan betis. Akan tetapi, gerakan yoga secara menyeluruh merupakan gerakan terbaik untuk mengecilkan betis kaki anda tanpa perlu mengencangkan betis.

  • Warrior one: Awali dengan berdiri satu kaki di bagian depan dan kaki satunya berada di belakang. Silahkan bertumpu pada pinggul sambil angkat tangan tinggi ke udara.
  • Triangle: Awali gerakan dengan berdiri dan kaki dilebarkan serta posisikan satu kaki di bagian depan dan kaki lain di bagian belakang. Condongkan badan ke arah kaki depan dengan tangan sisi yang sama menyentuh area kaki sedangkan tangan yang lain lurus ke atas.
  • Forward fold: Awali gerakan dengan berdiri dan posisi kaki rapat kemudian lipat badan seperti ingin mencium dan memeluk kaki anda.
  1. Pilates

Pilates merupakan latihan yang dibuat tidak hanya untuk melatih kekuatan akan tetapi juga meningkatkan kelenturan sekaligus fokus. Pilates umumnya dilakukan memakai matras serta memakai alat bantu yang beragam untuk lebih memperkuat dan meregangkan tubuh termasuk mengecilkan betis anda. Salah satu gerakan yang bisa anda lakukan adalah saw dan juga roll down yang sangat baik dilakukan untuk meregangkan sekaligus mengecilkan area betis anda.

  1. Angkat Barbel Ringan

Mengangkat barbel ringan tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan namun juga mengecilkan betis kaki anda. Jangan gunakan beban barbel yang terlalu berat karena justru akan membuat betis semakin terlihat besar dan tidak bagus.

  1. Calf Raise

Untuk melakukan gerakan calf raise, awali gerakan dengan berdiri serta kaki dibuka selebar pinggang lalu berpegangan pada meja atau kursi yang kokoh. Silahkan anda jinjit memakai kaki sehingga posisi berdiri anda menggunakan bagian ujung kaki sementara bagian tumit terangkat. Gerakan ini akan menimbulkan rasa kencang di area betis dan tahan gerakan sekitar 2 detik dan lakukan sebanyak 20 calf raise.

Artikel terkait:

  1. Soccer Kick

Untuk melakukan gerakan soccer kick, silahkan anda berdiri pada permukaan datar lalu letakkan tangan anda di pinggang dan lakukan tendangan memakai salah satu kaki. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali pada setiap kaki sampai terasa pembakaran pada area betis anda.


  1. Naik Turun Tangga

Ini merupakan gerakan mudah yang bisa anda lakukan dengan cara menggunakan tangga saat menuju ruang kantor anda dan tidak memakai lift. Naik turun tangga menjadi cara terbaik untuk membakar lemak area betis sekaligus mengencangkan betis anda. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 sampai 15 menit setiap harinya.

  1. Berjalan Mendaki

Berjalan pada permukaan yang mendaki juga menjadi pilihan terbaik untuk mengecilkan area betis anda. Berjalan pada area yang mendaki akan memberikan beban berlebih di area otot betis sehingga bisa membakar lemak sekaligus membakar lemak pada betis anda.

  1. Jogging

Cara lain untuk mengecilkan betis adalah dengan cara jogging yang akan menghilangkan penumpukkan lemak pada area betis dan juga paha anda. Mulailah melakukan jogging ringan dengan cara berjalan keliling kompleks rumah setiap hari.

  1. Lari

Untuk cara yang lebih cepat dari jogging, anda bisa berolahraga dengan cara lari secara rutin untuk menguatkan otot kaki sekaligus membakar lemak terutama diantara paha dan betis.

  1. Berenang

Selain berguna untuk menambah tinggi badan, renang juga menjadi jenis olahraga tepat untuk menghilangkan timbunan lemak di area paha dan betis secara efektif, menyenangkan sekaligus sehat.

  1. Treadmill

Gerakan olahraga lain yang bisa anda lakukan adalah treadmill khususnya untuk anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga diluar ruangan karena cuaca tidak mendukung. Anda juga bisa mengatur kecepatan treadmill sesuai dengan kemampuan anda. Bisa diatur lambat supaya tidak cepat lelah atau agak cepat supaya lebih efektif dalam membakar lemak area betis anda.

Artikel terkait:

Kombinasi dari makanan dan juga gerakan olahraga yang sudah kami berikan menjadi cara mengecilkan betis kaki paling ampuh dan bisa anda praktekkan secara rutin untuk mendapatkan hasil paling cepat dan terbaik sesuai dengan keinginan anda. Lakukan beberapa cara ini supaya anda bisa lebih percaya diri sekaligus memperoleh bentuk badan lebih ideal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan