9 Gerakan Pilates Untuk Pemula Yang Wajib Dicoba dan Mudah Dilakukan

Gerakan Pilates Untuk PemulaPilates merupakan salah satu olahraga yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Manfaat olahraga pilates diantaranya adalah untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan juga melatih kekuatan stamina yang dimiliki. Olahraga ini cocok dilakukan tidak hanya untuk wanita, namun juga pria.

ads

Untuk manfaat pilates bagi wanita antara lain membantu dalam persalinan dan juga memperbaiki postur tubuh. Meskipun terdapat cara menguruskan badan tanpa olahraga, namun alangkah lebih baik untuk mendapatkan tubuh yang ideal dengan olahraga.

Pada dasarnya olahraga ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun untuk dapat merasakan khasiatnya. Namun, melakukan pilates pada pagi hari memberikan manfaat olahraga pagi yang lebih menenangkan jiwa dan membuat fresh tubuh. Bagi pemula, terdapat beberapa gerakan yang dapat dicoba untuk memulai secara perlahan berolahraga dengan pilates.

1. Roll Up

Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat lengan ke atas dengan kondisi berbaring menghadap langit-langit. Kemudian, mulai arahkan dagu ke arah dada dan mengangkat tubuh ke posisi duduk selagi berusaha menggapai kaki menggunakan tangan. Roll up merupakan gerakan untuk melatih otot perut dan tulang belakang. Selain gerakan untuk melatih otot perut, terdapat pula gerakan olahraga mengecilkan lengan.

2. Hundred

Gerakan ini termasuk dalam gerakan pemanasan yang berfungsi untuk memompa darah selama pilates berlangsung. Hundred dilakukan dengan menarik nafas dan mengeluarkannya masing-masing selama 5 hitungan. Lakukan gerakan ini sebanyak 100 kali untuk melatih pernafasan dan otot perut.

3. Criss-Cross

Gerakan pilates untuk pemula yang ketiga adalah criss-cross. Gerakan ini dilakukan dengan memosisikan kedua kaki selayaknya sedang mengayuh sepeda. Tangan diletakkan di belakang kepala. Ketika mengangkat kaki kanan, makan usahan sikut kiri menyentuh lutut kanan. Begitupun sebaliknya.

4. Saw

Gerakan saw memiliki efek yang sama dengan gerakan criss-cross. Saw dilakukan dengan membuka kaki selebar matras, kemudian duduk tegap sembari merentangkan tangan. Putarlah badan ke kanan dan ke kiri, namun usahakan tangan kiri dapat menyentuh jari kaki kanan dan sebaliknya.

5. Twist and Reach

Untuk gerakan ini digunakan band penahan untuk membantu dalam melakukan gerakan dengan baik. Hal pertama yang dilakukan yaitu duduk dengan posisi kaki sedikit lebih lebar dari jarak pinggul. Pegang band di dan angkat lengan ke atas. Buang napas saat berbalik ke satu sisi dengan tetap menjaga pinggul tetap berada di tempatnya. Kembali ke posisi awal.


6. Letter T

Gerakan ini dilakukan dengan berbaring telungkup di atas matras dengan kaki rapat. Angkat sedikit kepala dan dada, rentangkan lengan tegak lurus tubuh. Buang napas dan coba kembali untuk mengangkat dagu dan dada lebih tinggi.

Pertahan pinggang di atas matras dan gunakan otot punggung untuk menahan beban tubuh. Selain untuk melatih otot, terdapat manfaat pilates untuk menurunkan berat badan.

7. Roll Over

Gerakan pilates untuk pemula yang ketujuh adalah roll over. Roll over merupakan gerakan yang melibatkan otot perut dan bagian pinggul. Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat pinggul sembari kaki mengarah ke langit-langit.

Setelah itu, berguling namun pastikan saat berguling menggunakan bahu dan bukan leher. Gerakan ini sangat menantang dan melatih tulang belakang. Selain gerakan ini, juga terdapat olahraga mengecilkan perut di rumah untuk wanita lainnya.


8. Mermaid

Gerakan pilates untuk pemula yang kedelapan adalah mermaid. Lipat kaki ke arah kiri, setelah itu angkat dan luruskan tangan. Secara perlahan, gerakkan dan tarik tubuh ke sebelah kiri.

Kemudian ulangi gerakan yang sama untuk arah yang berlawanan. Gerakan yang terdapat dalam pilates selain untuk tubuh juga berfungsi sebagai olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan.

9. Kneeling Sides

Gerakan ini dimulai dengan berlutut. Miringkan tubuh ke arah kanan, letakkan tangan kanan di atas matras di bawah bahu. Letakkan tangan kiri di belakang kepala dengan siku mengarah ke atas. Angkat kaki kiri hingga sejajar dengan lantai dan tendang kaki ke depan lalu ke belakang.

Lutut harus dalam kondisi lurus. Selain gerakan ini, terdapat gerakan lain yang melibatkan kaki pada gerakan olahraga mengecilkan paha untuk dapat merasakan manfaat olahraga kardio.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan