Ketahui 8 Efek Samping Minum Teh Diet Bagi Kesehatan

Efek Samping Minum Teh DietTeh merupakan minuman yang dikenal memiliki berbagai macam manfaat. Dengan variasi jenis yang banyak, maka tidak heran teh menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Saat ini produk teh penurun berat badan sangat mudah didapatkan secara bebas di kalangan masyarakat.

ads

Tentunya pemasaran produk secara meluas didorong oleh semakin banyaknya jumlah wanita yang mencari cara mengurangi berat badan dengan cepat. Bagaimana tidak, hampir sebagian besar klaim dari teh diet yang berada di pasaran menjanjikan cara membuat perut rata hanya dalam waktu singkat.

Namun, apakah teh diet benar-benar melangsingkan pengguna dengan aman dan tanpa risiko? Ternyata terdapat beberapa efek samping minum teh diet yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan produk tersebut.

1. Gangguan Penyerapan Besi dan Kalsium

Salah satu zat yang digunakan dalam teh diet adalah Tannin. Dimana zat tersebut apabila digunakan dalam jumlah yang tidak sesuai batas aman dapat memicu gangguan dalam penyerapan kalsium dan juga zat besi. Kedua proses ini terjadi di usus dan dapat menyebabkan anemia serta kekurangan kalsium yang sangat penting bagi pertumbuhan.

2. Insomnia

Komposisi yang paling sering ditemukan pada produk teh diet adalah kafein, Dimana kafein ini memiliki peran besar dalam menciptakan efek samping teh diet bagi kesehatan. Meminum teh diet yang mengandung kafein secara rutin dapat mempengaruhi pola tidur, meskipun tidak selalu terjadi. Namun untuk antisipasi, dapat digunakan alternatif cara menjaga berat badan agar tetap stabil.

3. Mual dan Muntah

Kondisi pencernaan dalam lambung dipengaruhi oleh penggunaan kafein yang terdapat pada teh pelangsing. Dimana kafein cenderung memicu kenaikan asam lambung dan dapat berakibat pada timbulnya rasa mual dan ingin muntah bagi orang yang mengonsumsinya.

4. Dehidrasi Berat

Hal ini dapat terjadi apabila pola diet menggunakan teh diet tidak diimbangi dengan konsumsi air putih secara cukup. Dimana apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka dapat berpengaruh terhadap gangguan ginjal. Dehidrasi disebabkan penggunaan teh diet mengganggu keseimbangan dari elektrolit yang berada di dalam tubuh dan dapat mengganggu fungsi sel yang ada.

5. Bahaya Bagi Jantung

Salah satu zat yang digunakan dalam teh diet adalah Sibutramine. Dimana zat tersebut memiliki efek menahan rasa lapar dengan menekan nafsu makan. Namun, dikarenakan adanya peningkatan denyut jantung dan tekanan darah setelah mengonsumsi zat tersebut, maka penggunaanya pun ditarik dari pasaran.


6. Maag

Penggunaan kafein dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan rasa mual dan ingin muntah atau yang seringkali dikenal sebagai gejala maag. Apabila asam lambung sudah terlampau tinggi, maka akan dirasakan nyeri di bagian ulu hati. Bagi penderita maag, alangkah lebih baik untuk menggunakan cara diet penderita maag atau mencoba diet mayo bagi penderita maag.

7. Gizi Buruk

Seringkali, karena menginginkan hasil yang dianggap maksimal maka pengguna hanya mengonsumsi teh diet saja tanpa asupan gizi lainnya. Hal ini tentu saja memiliki efek buruk dimana, tubuh bisa jadi kekurangan zat dan mineral yang berguna bagi kesehatan. Gizi buruk ini merupakan efek samping minum teh diet bagi kesehatan dan salah satu efek samping diet ketat yang harus diwaspadai.

8. Gangguan Ginjal

Efek ini merupakan hasil dari dehidrasi berat yang berkepanjangan, Dimana dikarenakan kurangnya jumlah konsumsi air putih setiap harinya, maka ginjal mengalami gangguan yang dapat berakibat serius apabila tidak mengganti pola diet yang digunakan. Untuk pola diet yang ideal juga harus menyisipkan olahraga untuk diet sehat. 

Itu tadi beberapa efek samping minum teh diet yang harus diketahui. Apabila ingin mencoba alternatif lain, alangkah lebih baik untuk mencari informasi lanjut mengenai cara diet alami cepat turunkan berat badan dan mencoba cara diet alami dalam waktu singkat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Minuman