14 Jenis Olahraga yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan agar Lebih Ideal

jenis olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badanSudah menjadi rahasia umum bahwa semua orang mengharapkan tubuh yang ideal baik itu berat maupun bentuknya. Alasannya adalah karena hal tersebut akan berpengaruh pada tampilan di muka umum serta rasa percaya diri Anda saat berinteraksi dengan orang lain.

ads

Selain itu, alasan kesehatan seperti resiko terkena penyakit berbahaya juga menjadi berkurang jika tubuh Anda termasuk kategori tubuh yang ideal.

Oleh karena itulah, para pakar kesehatan menganjurkan agar mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan teratur serta seimbang. Di dalam pola hidup ideal tersebut, Anda diharuskan juga melakukan olahraga untuk diet sehat dengan rutin karena aktivitas ini dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Olahraga memiliki peranan penting dalam menurunkan berat badan Anda serta membantu badan menjadi lebih kencang, lho. Ada beberapa olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Berikut macam-macam olahraga tersebut.

  1. Aerobik

Aerobik juga termasuk ke dalam olahraga ampuh yang dapat menurunkan berat badan Anda, lho. Jadi, meski kelihatan lebih mudah jangan remehkan olahraga ini, karena Aerobik bisa menjadi cara diet alami yang sangat efektif untuk Anda.

Bila Anda melakukannya dengan rutin dan dengan intensitas tinggi maka berat badan impian Anda pun akan tercapai. Hal ini dikarenakan semua bagian tubuh Anda pun ikut bergerak serta lemak yang bergelambir dan mengganggu juga ikut terbakar.

Jika Anda tidak ingin pergi ke tempat-tempat fitness yang mahal harganya karena harus membayar keanggotaan atau biaya per-bulan, maka Anda bisa membeli CD senam sendiri yang juga banyak dijual. Untuk tutorialnya, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet yang semakin berkembang dan mudah diakses oleh siapapun.

Aerobik ada dua macam yakni aerobic low impact dan aerobic high impact. Aerobic low-impact bisa membakar lemak dan kalori sebanyak 455 kalori, sedangkan aerobic high-impact sebesar 664 kalori per-jam. Jumlah ini setara dengan bila Anda melakukan softball, angkat besi, dan baseball. Selain itu, ada juga water aerobics yang dilakukan dalam air. Secara efektif, bila Anda melakukan water aerobics selama sejam penuh maka Anda dapat memangkas hingga 501 kalori tubuh.

  1. Lari

Lari adalah salah satu olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Lari juga sangat efektif dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan Anda. Jika belum terbiasa melakukan olahraga lari, maka mulailah berlari sesuai dengan kemampuan Anda.

Lakukanlah secara bertahap sambil meningkatkan intensitasnya sedikit demi sedikit agar pada hasilnya pada akhirnya lebih maksimal. Anda dapat melakukan olahraga ini sekitar tiga kali dalam seminggu dengan estimasi waktu yang lumayan singkat yakni hanya sekitar 30 menit. Bila Anda sudah terbiasa melakukannya, manfaat olahraga pagi seperti lari ini selama satu jam penuh saja kecepatan sebesar 8 mil per-jam saja dapat memangkas hingga 1.074 kalori tubuh lho. Sangat efektif, bukan?


  1. Berenang

Berenang juga termasuk ke dalam olahraga ampuh yang dapat menggerakkan seluruh organ tubuh Anda. Tentu saja, berenang juga dapat menurunkan berat badan Anda bila dilakukan dengan intensitas tinggi selama kurang lebih 30 hingga 60 menit bolak-balik. Berenang juga termasuk olahraga yang bagus dalam melatih pernafasan Anda. Selain itu, olahraga ini juga dapat membuat postur tubuh Anda menjadi lebih baik dan terlihat sempurna. TIdak hanya membakar lemak di perut dan pinggang, lengan, bahkan efektif sebagai cara membakar lemak di paha dan betis.

Hasil studi menjelaskan bahwa berenang dapat membakar lemak atau kalori dalam tubuh Anda hingga 500 kalori tergantung berat tubuh. Semakin berat tubuh Anda, maka semakin banyak juga kalori atau lemak yang terbakar. Seluruh gaya berenang bisa Anda gunakan untuk menurunkan berat badan Anda, misalnya saja gaya dada, gaya bebas, gaya punggung atau gaya kupu-kupu. Tentu saja olahraga ini sangatlah efektif dalam menurunkan berat badan apalagi badan Anda akan selalu segar karena berada terus di dalam badan air.

  1. Hiking

Bagi Anda sang pencinta alam, maka hiking adalah olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan. Tak hanya bertujuan untuk menikmati pemandangan alam serta merasakan bagaimana rasanya menyatu dengan alam, dengan rutin hiking juga bisa menjadi tips menjaga berat badan tetap ideal. Terbukti hanya dengan melakukan hiking selama sejam dalam perjalanan, dapat membakar sebanyak 546 kalori tubuh.

  1. Yoga

Yoga sudah dikenal sebagai olahraga yang merupakan gabungan dari meditasi, ketenangan dan kedamaian serta gerakan pembakaran lemak dan kalori dalam satu paket lengkap. Dengan semua kombinasi ini, berat badan Anda menurun lebih efektif. Manfaat yoga untuk diet sehat juga cocok untuk Anda yang terlalu berat dalam melakukan olahraga yang menguras energi. Tak hanya itu, dengan yoga pula tubuh Anda menjadi lebih ringan bahkan tidur pun jadi lebih nyenyak. Anda dapat melakukan olahraga ini dengan bimbingan instruktur selama tiga kali dalam seminggu.

  1. Dips

Olahraga ini sangat sederhana karena Anda bisa melakukannya dimana pun di rumah Anda. Cukup tumpukan tangan Anda pada kursi, meja, atau tempat tidur atau benda-benda lain di rumah yang dapat menahan tekanan. Posisikan tubuh seperti gerakan push-up dan beertumpulah pada benda-benda tersebut, bukannya lantai seperti pada push-up.

Bila dilakukan secara tertatur selama kurang lebih 20 kali gerakan dalam satu kali hitungan olahraga, maka perlahan tapi pasti berat badan Anda menjadi menurun. Gerakan ini juga pas sebagai latihan untuk menguatkan otot perut Anda tanpa perlu melakukan olahraga yang berat.

  1. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan Anda selain jenis olahraga yang telah disebutkan di atas. Bersepeda juga dapat membentuk otot perut yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih keren. Juga bagi Anda yang memiliki masalah lemak di bagian kaki, maka bersepeda bisa menjadi cara mengecilkan betis dan paha yang sangat efektif. Estimasi waktu untuk melakukannya pun tidak usah terlalu lama, bisa saja hanya 45 hingga 60 menit sehari.

Selain dapat menyehatkan dan membakar lemak, bersepeda juga sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat menikmati pemandangan sekitar saat bersepeda. Namun, bila Anda tidak memiliki sepeda maka Anda juga bisa menggunakan sepeda statis yang ada di gym atau pusat-pusat kebugaran. Hasilnya pun tidak akan terlalu berbeda.

  1. Jumping Jack

Dulu jumping jack sangat terkenal, lho. Ingat gerakan senam SKJ? Nah, jumping jack termasuk di dalamnya. Dulunya, olahraga ini sangat terkenal karena cukup bagus dalam menurunkan berat badan. Sekarang untuk melakukan olahraga ini, Anda dapat melakukannya di sebuah tempat yang nyaman sehingga juga akan lebih efektif ketika melakukan lompatan. Saat Anda melompat, posisikan kaki Anda dengan rapat lalu lompat ke posisi kedua kaki yang sedang terbuka. Ikutkan dengan tepuk tangan di atas kepala saat melakukannya.

  1. Naik Turun Tangga

Bila memiliki rumah dua atau tiga lantai, maka Anda bisa memanfaatkan tangga yang ada di dalam rumah dengan berolahraga. Memang aktivitas tersebut merupakan hal-hal kecil dan sederhana, seolah tidak ada manfaatnya. Namun, bila dilakukan secara rutin maka dampaknya bisa dirasakan segera.

Anda tidak perlu naik turun tangga yang posisinya tinggi, cukup dengan menaiki beberapa tingkat saja sudah bisa mengeluarkan keringat dan membakar lemak tubuh secara perlahan-lahan. Bila ukuran tangga dalam rumah Anda hanya sedikit, misalnya jika rumah Anda hanya rumah biasa berlantai satu maka siasatilah dengan melakukan gerakan maju mundur. Anda bisa melakukan beberapa kali hitungan ketika naik turun tangga seperti ini.

  1. Lompat Tali

Skipping atau dikenal juga sebagai lompat tali bukan hanya permainan anak sekolah, lho. Lompat tali juga bisa berfungsi sebagai olahraga yang bila dilakukan secara rutin dapat menyehatkan serta membakar lemak tubuh Anda. Khasiat lompat tali untuk diet tak hanya itu, bila Anda mengkombinasikannya dengan manfaat makanan sehat serta istirahat yang cukup, lompat tali juga dapat menurunkan berat badan Anda dengan cepat. Bila Anda melakukannya selama satu jam penuh saja per-hari, maka lemak dan kalori yang membandel bisa terbakar hingga 900 kalori. Jumlah yang cukup banyak, bukan?!

  1. Squats

Tanpa menggunakan alat apapun, Anda dapat melakukan olahraga squats sebagai salah satu olahraga penurun berat badan yang tepat. Anda tinggal menempatkan kedua tangan di atas kepala. Langkah selanjutnya adalah turunkan tubuh Anda secara perlahan-lahan ke posisi duduk. Posisi duduk yang dimaksud adalah menurunkan badan dimana kedua tangan diletakkan sejajar dengan bahu ke arah depan. Lakukan setidaknya 20 kali turun naik dalam satu kali olahraga per-harinya. Olahraga ini dapat menjadi gerakan mengecilkan perut dan pinggang yang ampuh.

  1. Kick Boxing

Mungkin jarang wanita yang melakukan olahraga ini, namun pastilah ada yang menyukai kick boxing. Olahraga yang identik dengan laki-laki ini merupakan perkembangan dari olahraga muay thai dan tinju. Gerakan kick boxing terfokus pada pukulan dan tendangan yang dapat membuat semua otot tubuh Anda bergerak secara sempurna sehingga postur tubuh menjadi lebih terbentuk. Tak hanya itu, kick boxing yang dilakukan secara rutin juga dapat membuat tubuh lebih fleksibel. Stamina Anda pun turut meningkat setiap harinya sehingga segala aktivitas yang dilakukan pun lebih lancar.


  1. Sit Up (Crunches)

Olahraga ini sangatlah familiar dan setiap orang bisa melakukannya baik itu laki-laki maupun perempuan. Kelebihan dan manfaat sit up juga begitu banyak diantaranya adalah dapat membakar lemak yang ada di perut Anda secara lebih efektif. Bagaimana cara melakukannya?

Anda tinggal membaringkan tubuh di tempat datar seperti lantai, kemudian letakkan tangan Anda di belakang kepala. Perlahan tapi pasti, angkat kepala, pinggang serta tubuh Anda ke posisi duduk. Lalu setelah itu kembalilah ke posisi berbaring Anda seperti semula. Lakukan kedua gerakan tersebut secara berulang-ulang. Lakukan cara sit up yang baik agar hasil lebih maksimal untuk tubuh Anda. Banyak juga jenis-jenis sit up yang dapat Anda coba untuk mengimprovisasi gerakan olahraga Anda agar tidak terlalu monoton.

  1. Push Up

Selain Sit Up, Push Up juga termasuk gerakan familiar yang sudah dikenal oleh banyak orang. Biasanya laki-laki lebih memilih gerakan ini dibandingkan Sit Up. Caranya adalah posisikan tubuh Anda dengan berbaring secara telungkup. Kuatkan kedua tangan dan kaki Anda karena olahraga ini fokus kepada kekuatan kedua bagian tubuh tersebut. Angkat tubuh Anda sampai sejajar dengan lantai, kemudian turunkan kembali tubuh Anda ke lantai. Lakukan kedua gerakan ini, naik dan turun secara berulang-ulang.

Bila dilakukan secara konsisten dan teratur setiap hari, Push Up bisa memberi berbagai manfaat bagi kesehatan, untuk pria bisa membentuk otot perut, meningkatkan masa otot, dan memperkuat lengan. Sedangkan manfaat Push Up bagi wanita dapat membuat lemak-lemak dan kalori jahat yang ada di daerah perut dan pinggang terbakar secara sempurna.

Setidaknya, sisihkan waktu Anda selama tiga puluh menit sehari untuk melakukan olahraga ini. Bila tidak sanggup melakukannya dalam durasi yang lama, maka Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan durasi yang lebih singkat. Ketika sudah terbiasa, maka Anda dapat menaikkan durasi gerakan Push Up-nya.

Demikianlah keempat belas macam olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Imbangilah jenis olahraga yang Anda pilih dengan gaya hidup sehat, pola makan bergizi serta istirahat yang cukup sehingga hasil yang Anda dapatkan pun menjadi lebih maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet