11 Manfaat Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Olahraga KardioOlahraga merupakan aktivitas bermanfaat yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Beragam jenis olahraga memiliki tujuan spesifik, salah satunya ialah untuk memperkuat jantung dan paru-paru.

ads

Tujuan ini dicapai melalui salah satu jenis olahraga yang disebut olahraga kardio. Sebaliknya, jarang berolahraga sebagai salah satu gaya hidup sehat merupakan penyebab gendut yang harus kalian hindari sejak muda sehingga ketika tua tetap sehat.

Namun tahukah Anda bahwa olahraga kardio memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui? Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca 11 manfaat olahraga kardio terlengkap yang dijelaskan di bawah ini:

1. Menjamin kesehatan paru-paru dan jantung

Tujuan utama olahraga kardio ini sangat penting mengingat kedua organ berperan dalam setiap detik hidup dalam pernapasan dan peredaran darah. Gerak dalam olahraga kardio akan membantu melatih bernapas secara efisien, misalnya berenang. Selama bergerak di air, Anda akan terbiasa untuk memanfaatkan oksigen sebaik mungkin dari mengatur napas. Olahraga untuk diet sehat ini juga akan baik untuk meningkatkan kecepatan selama berlari.

2. Memperbaiki mood

Selama berolahraga, Anda dapat melupakan masalah pribadi sejenak dan fokus terhadap olahraga. Maksudnya fokus ialah mampu untuk menyelesaikan lintasan atau melakukan suatu rangkaian gerakan penuh. Manfaat olahraga kardio yang juga menjadi manfaat senam aerobik bagi wanita ialah sama-sama terbukti mampu menjadi moodbooster atau penyemangat bagi diri sendiri.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Olahraga kardio menjadi olahraga yang sering dipilih oleh kalangan lansia dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Contoh olahraga yang dimaksud ialah sepeda dimana para pegiat sepeda di kalangan lansia lebih banyak yang energik layaknya kalangan muda. Dari sisi makanan dan minuman, Anda dapat mencoba menerapkan resep infused water untuk detox sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan sistem imun.

4. Berpengaruh positif untuk kulit

Bagi wanita, olahraga kardio juga dapat berdampak positif bagi kulit sehingga tampak awet muda. Anda dapat memeroleh manfaat ini jika melakukan olahraga kardio seperti jogging atau lompat tali di pagi hari. Selain baik bagi kulit, manfaat olahraga pagi yang lain ialah menghindari penuaan dini, menguatkan daya ingat, dan mencegah obesitas.

5. Menurunkan depresi

Olahraga kardio dapat dilakukan bersama-sama dengan keluarga, teman, tetangga, dan kenalan lainnya. Anda pun bisa mengobrol santai, berfoto, atau melepas rindu sehingga mengurangi depresi yang mungkin dialami. Jika berolahraga sendirian pun tidak masalah karena gerak olahraga kardio mampu memicu pelepasan hormon endorfin sebagai pereda stress.

6. Membentuk otot

Untuk membentuk otot, Anda dapat melakukan olahraga kardio dengan intensitas yang dinaikkan sesuai dengan saran ahli. Salah satu dari 11 manfaat olahraga kardio terlengkap ini akan lebih mungkin dicapai jika Anda juga melakukan upaya lain seperti fitnes, mengatur menu makan, dan berkonsultasi kepada ahlinya.


7. Mengobati kolesterol

Tidak jarang bahwa penderita kolesterol dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio oleh dokter. Terlebih lagi umumnya penderita kurang banyak bergerak karena padatnya aktivitas. Olahraga kardio menjadi langkah awal yang mudah dilakukan untuk menambah kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat selain mengonsumsi makanan sehat untuk diet kolesterol.

8. Menurunkan berat badan

Masih banyak yang belum tahu bahwa olahraga kardio mampu membakar lemak sehingga berat badan bisa menurun. Sama halnya dengan membentuk otot, perlu intensitas yang rutin dan cukup banyak dalam berolahraga sehingga mencapai target berat badan. Bagi kebanyakan orang, makan setelah olahraga akan membuat gemuk tetapi nyatanya tidak selalu benar menurut jenis dan porsi makanannya.

9. Memperbaiki kadar gula darah

Selain menjadi olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan, rupanya olahraga kardio mampu memperbaiki kadar gula darah. Hal ini terjadi karena Anda telah rutin berupaya mencegah gejala ketidakseimbangan gula darah sehingga lama-kelamaan dapat stabil. Selama melakukan gerak, terjadi peningkatan kinerja otot untuk memanfaatkan glukosa dengan baik.


10. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Olahraga kardio terkait erat dengan perubahan mikroba pada usus sebagai saluran pencernaan. Jika Anda rutin melakukan gerak olahraga kardio maka terjadilah keseimbangan dalam usus sehingga mengatasi peradangan serta mengembalikan stamina.

11. Menjamin kualitas tidur

Sebagai istirahat yang dibutuhkan, kualitas tidur menjadi hal penting. Untuk itulah olahraga kardio dapat dilakukan supaya kualitas tidur Anda membaik serta menjadi cepat lelap. Perlu diketahui bahwa Anda membutuhkan paling sedikit 2 jam untuk jeda waktu antara tidur dan berolahraga. Penyesuaian tubuh setelah olahraga kardio perlu dilakukan tetapi tidak masalah jika ingin mendapatkan manfaat push up sebelum tidur yang sesuai tujuan dan kondisi kesehatan Anda.

Setelah membaca 11 manfaat olahraga kardio terlengkap di atas, Anda tentu akan lebih termotivasi untuk melakukan olahraga kardio. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi juga seperti makanan penambah tenaga sebelum olahraga kardio, ya!

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet