9 Khasiat Air Lemon Untuk Diet Dalam Seminggu

Jeruk lemon berwarna kuning terang makin popular di kilangan masyarakat Indonesia. Lemon termasuk dalam keluarga Rutaceae dengan genus citrus. Jeruk lemon memiliki nama ilmiah Citrus limon. Jeruk itu kerap dijadikan bahan pelengkap masakan, membuat minuman, hingga untuk menyembuhkan beberapa penyakit dan berkhasiat untuk kecantikan. Salah satunya adalah khasiat air lemon untuk diet. Makin berkembangnya industri rumah makan juga secara tidak langsung membuat jeruk lemon semakin popular. Beberapa rumah makan mulai menggunaka jeruk lemon untuk penambah cita rasa hingga pemanis tampilan makanan saat disajikan. Informasi mengenai beragam jenis masakan yang dapat dipadukan dengan jeruk lemon di beberapa acara tv swasta juga membuat lemon makin diburu para pecinta kuliner. Biasanya paling banyak jeruk lemon dicampurkan dalam pembuatan makanan berbahan dasar seafood dan minuman seperti es lemon tea.

ads

Semakin popularnya jeruk lemon maka semakin banyak juga permintaan jeruk lemon terhadap para petani di Indonesia. Dahulu ketersedian jeruk lemon baisanya tercukupi dari hasil impor dari beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Brasil, dan Spanyol. Namun sekitar 2 tahun berlakangan ini petani di Indonesia mulai ikut menanam jeruk lemon berwarna kuning terang itu untuk mencukupi permintaannya. Jeruk lemon itu memang bukan tanaman asli Indonesia karena itu belum banyak petani yang menanam jeruk lemon. Jika ada biasanya petani menanam jeruk lemon lokal yang warna kulitnya hijau tua hingga semburat kuning dengan ukuran dan kualitas buahnya yang lebih kecil dibandingkan lemon impor. Itu membuat para konsumen enggan membelinya dan lebih memilih jeruk lemon impor. Buah jeruk lemon biasanya memiliki berat 200-300 gr per buah atau 3-4 buah per kg.

Manfaat Air Lemon

Buah lemon memiliki rasa yang asam seperti kerabatnya yaitu jeruk purut dan jeruk nipis. Itu karena kandungan asam sitra yang mencapai 6%. Buah itu juga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, kalsium, asam folat, vitamin B5, vitamin B1, vitamin B2, fosfot, kalium, magnesium, gula, serat, lemak, kerbohidrat, dan protein. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada air lemon membuat buah yang satu itu memiliki banyak manfaat juga. Khasiat air lemon untuk diet memang sudah bukan rahasia lagi. Kandungan asam pada air perasan buah lemon mampu meluruhkan lemak yang terdapat di dalam tubuh.

Selain itu kandungan serat pektin pada air lemon juga membuat anda mengurangi rasa lapar sehingga mencegah makan secara berlebihan yang berdampak pada peningkatan berat badan. Mengkonsumsi air lemon pada pagi hari dengan satu gelas air hangat juga akan membantu menggerakkan usus. Sehingga pergerakan usus menjadi teratur dan memperlancara BAB. itu artinya racun atau kotoran dalam perut cepat terbuang dan membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi air perasan satu buah jeruk lemon juga membantu melancarkan penceranaan dalam tubuh. Saat pencernaan dalam tubuh berjalan dengan lancar maka nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi mudah terserap tubuh. Jika anda tidak suka dengan rasa asam anda bisa diet dengan menggunakan buah-bauahan seperti Cara Diet Dengan Pisang. Selain khasiat air lemon untuk diet, lemon juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan seperti:

  1. Mecerahan kulit
  2. Mencegah timbulnya jerawat
  3. Mengurangi prosuksi minyak pada muka
  4. Menghilangkan bekas jerawat
  5. Membantu meredakan peradangan jerawat
  6. Menstabilkan tekanan darah
  7. Mengatasi sakit tenggorokan
  8. Mengatasi flu dan pilek
  9. Merawat kesehatan mulut

Jika sulit mendapatkan jeruk lemon anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk diet. Cara Diet Dengan Jeruk Nipis juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan khasiat lemon untuk diet.

, ,
Oleh :
Kategori : Info Diet