22 Cara Diet Dengan Jeruk Nipis Super Cepat Dalam 1 Minggu

Cara Diet dengan jeruk nipis merupakan cara diet yang sangat ampuh untuk menghindarkan diri dari obesitas. Dengan masalah yang paling sering dihadapi oleh banyak perempuan adalah masalah berat badan yang terus bertambah. Mulai dari perut yang bergelambir, paha dan lengan yang besar, atau pun pipi yang chubby. Orang dengan badan besar alias gendut biasa menjadi bahan ejekan orang lain. Dengan ejekan ini membuat mereka merasa tersinggung dan sakit hati. Maka banyak dari mereka karena diejek mempunyai tekat untuk menurunkan berat badan agar tidak menjadi bahan ejekan lagi. Mulai dengan diet, olahraga, menjaga asupan makanan setiap hari dan lain sebagainya. Berikut, kita akan membahas tentang cara diet dengan menggunakan jeruk nipis. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Buah Lemon )

ads

Cara Diet Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang sering kita jumpai dipasaran. Banyak orang menggunakan jeruk nipis untuk bumbu dapur atau pun untuk minuman penyegar, tetapi tidak banyak yang tahu tentang manfaat buah kecil ini. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, vitamin C, mineral, zat besi, vitamin B1, kalsium, fosfor. Bentuk dari buah ini sendiri cukup kecil dengan ditutupi kulit berwarna hijau. Bagian dalam jeruk sendiri beruas-ruas.

1. Air hangat dengan perasan jeruk nipis 

Tips yang satu ini dibilang cukup manjur untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Minumlah air hangat dengan perasan jeruk nipis dipagi hari dapat membantu proses penurunan berat badan. Asam nitrat dan vitamin C yang dikandung dalam jeruk nipis dapat malarutkan gula serta lemak didalam tubuh. Yang perlu anda tahu memanaskan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam microwave dapat memeras sari buahnya sebanyak 2x lipat lebih banyak daripada biasanya. (Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Diet )

2. Air hangat dengan pesaran jeruk nipis dan garam 

Selain dengan air hangat perasan jeruk nipis segar, anda juga dapat menambahkan secubit garam dalam minuman tersebut. Garam disini bersifat osmosis atau menyerap air. Sehingga untuk anda yang dalam masa diet dengan jeruk nipis, ramuan ini dianggap manjur menurunkan berat badan.

3. Jeruk nipis dengan madu 

Untuk anda yang tidak terlalu menyukai rasa asam, anda bisa juga memadukan segelas air hangat yang telah diberi perasan jeruk nipis dengan madu. Dengan menambahkan 1 sendok madu, membuat ramuan ini terasa lebih manis. Madu sendiri sangatlah banyak khasiatnya. Selain untuk menurunkan berat badan campuran antara jeruk nipis dengan madu juga bisa menjadi masker untuk wajah anda agar tampak lebih cerah. (Baca Juga : Cara Diet Tanpa Olahraga Dalam Seminggu )

4.Infused Water dengan jeruk nipis dan mentimun

Infused water adalah air putih yang telah dicampur dengan beberapa potongan buah. Kita dapat menerapkan berbagai macam buah, salah satunya mentimun. Caranya siapkan air putih segelas lalu masukan potongan jeruk nipis  atau perasan jeruk nipis dan mentimun yang telah diiris tipis. Simpan terlebih dahulu minuman ini didalam kulkas. Anda bisa minum ramuan ini disaat anda kerja atau beraktifitas lain. Mentimun sendiri juga sangat bagus untuk kesehatan pencernaan dan kulit tubuh.

5. Infused Water dengan jeruk nipis dan strawberry 

Selain dengan mentimun, cara diet dengan jeruk nipis anda juga bisa mencoba infused water dengan buah strawberry. Caranya hampir sama dengan infused water dengan mentimun. Potonglah strawberry senjadi dua bagian dan jeruk nipis menjadi potongan tipis-tipis. Masukan galam gelas yang berisi air putih. Simpan infused water dengan strawberry ini didalam kulkas terlebih dahulu.

6. Infused Water dengan jeruk nipis dan daun mint 

Ini juga dapat anda coba untuk variasi pengolahan buah jeruk nipis untuk diet yaitu infused water dengan jeruk nipis dan daun mint. Daun mint mengandung antioksidan yang sangat tinggi maka dapat membuat pencernaan menjadi sehat dan menghindarkan dari bau mulut. Caranya siapkan 5 lembar daun mint dan 2 buah jeruk nipis. Potong jeruk nipis lalu masukan kedalam gelas yang berisi 400 cc air dan juga daun mint. Simpan didalam kulkas dan dapat dinikmati saat cuaca cerah.

7. Pepaya dengan perasan jeruk nipis 

Salad buah biasanya dengan berbagai macam potongan buah. Menu salad yang baik untuk proses diet salah satunya yaitu pepaya dengan jeruk nipis. Caranya pilihlah buah pepaya yang belum terlalu matang, kupas dan potong dadu buah pepaya. Masukan potongan buah pepaya kedalam mangkok lalu peras setengah jeruk nipis diatasnya. Aduk pepaya agar tercampur merata dengan perasan jeruk nipis.

8. Jeruk nipis, madu, dan cabai 

Ramuan ini juga dianggap mampu menurunkan berat badan secara efektif. Ini memang sangat jarang kita dengar. Caranya adalah iris tipis jeruk nipis terlebih dulu, lalu tumbuk halus satu buah cabai, setelah itu siapkan 1 gelas air putih. Setelah semua bahan siap, campurkan irisan jeruk nipis, cabai halus, dan 1 sendok teh madu asli. Aduk semua bahan hingga tercampur merata. Minumlah ramuan ini setiap kali sebelum anda makan pagi, makan siang, makan malam secara rutin.

9. Jeruk nipis, gula batu dan es 

Minuman ini bisa menyegarkan hari anda. Siapkan 1 buah jeruk nipis yang dipotong menjadi dua bagian lalu peras, siapkan pula gula batu dan es batu. Setelah semua dirasa siap, masukan gula batu dan perasan jeruk nipis kedalam gelas lalu tambahkan kurang lebih 400 ml air putih. Aduk dan tambahkan beberapa es batu agar lebih segar. Gula batu ini mengandung kalori yang lebih rendah.

10. Teh hijau dan jeruk nipis

Teh hijau sendiri sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan anda. Dengan cara seduh teh hijau dalam cangkir yang berisi 200 ml air hangat tanpa gula lalu masukan perasan jeruk nipis secukupnya. Minum teh hijau dicampur dengan jeruk nikis 5 cangkir sehari dapat membantu menurunkan berat badan.

11. Jeruk nipis dengan minyak kayu putih 

Variasi pengolahan jeruk nipis untuk diet yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih ini tidak dicampurkan dalam jus jeruk nipis, tetapi cara pengaplikasiannya dari luar. Siapkan satu buah jeruk nipis potong menjadi dua bagian dan peras sari buahnya. Siapkan juga minyak kayu putih secukupnya. Caranya masukan perasan jeruk nupis kedalam mangkok kecil lalu tambahkan 5 tetes minyak kayu putih lalu aduk hingga merata. Setelah itu gosokan campuran jeruk nipis dan minyak kayu putih ini kebagian perut anda dan pijat lembut sekitar 15 menit. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu maka perut anda akan mengecil.

12. Jeruk nipis dengan kapur sirih 

Fariasi yang satu ini hampir sama dengan fariasi pengolahan jeruk nipis diatas, hanya saja ini dengan kapur sirih. Manfaat kapur sirih sangatlah banyak. Siapkan perasan jeruk nipis dan masukan kedalam mangkok kecil, lalu masukan beberapa kapur sirih kedalamnya dan aduk hingga rata. Setelah itu lumuri perut anda dengan ramuan ini lalu gosok selama kurang lebih 15 menit maka perut anda tidak lagi terlihat buncit. Selain diaplikasikan diperut anda juga bisa mengaplikasikan ramuan ini dibagian wajah dan badan. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu maka kulit wajah dan tubuh anda menjadi sehat dan halus.

Selain Fariasi pengolahan Jeruk nipis diatas anda juga bisa mencoba resep-resep masakan dengan jeruk nipis lainnya, diantaranya :

13. Puding Jeruk Nipis 

Bahan :

  • 750 cc air
  • 2 bungkus agar-agar tanpa warna
  • 150 gram gula pasir rendah kalori
  • 1 bungkus susu kental manis
  • garam secukupnya
  • vanili secukupnya
  • pewarna hijau secukupnya
  • 2 buah jeruk nipis lalu peras sari buahnya

Caranya : Panaskan 750 cc air, masukkan garam, vanili, gula secukupnya. Lalu masukan 2 bungkus agar-agar dan pewarna hijau aduk hingga rata. Tunggu sampai mendidih dan masukan perasan jeruk nipis kedalam panci dan aduk hingga merata. Sekitar 20 menit atau telah mendidih angkat lalu tuang ke cetakan agar-agar. Masukan cetakan agar-agar kedalam kulkas agar cepat dingin. Saat anda ingin menikmatinya jangan lupa tuang susu kental manis agar lebih enak. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )

14. Lime Mint 

Bahan :

  • 4 daun mint
  • 4 buah jeruk nipis, 2 dipotong tipis dan 2 lainnya diperas sari buahnya
  • 500 ml soda tawar
  • es batu
  • 150 gram gula pasir rendah kalori
  • 500 cc air
  • 2 sdm bubuk sari buah jeruk nipis
  • 3 lembar daun jeruk nipis

Caranya : masak 500 cc air, lalu masukan gula, perasan jeruk nipis, bubuk sari buah jeruk nipis dan daun jeruk nipis yang telah dicincang terlebih dahulu masak hingga mendidih. Setelah itu siapkan gelas jus dan tuang masakan yang telah dingin. Lalu masukan potongan jeruk nipis, daun mint, dan soda tawar. Agar lebih segar masukan juga es batu. Dan lime mint dapat dinikmati.

15. Jus Jeruk Nipis 

Bahan :

  • 2 buah jeruk nipis
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 450 cc air
  • es batu

Caranya : Potong jeruk nipis lalu peras sari buahnya. Masukkan 100 gram gula pasir rendah kalori, air dan perasan jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Minuman ini sudah dapat dinikmati, tetapi agar lebih segar tambahkan pula es batu kedalam gelas.

16. Jus wortel dan jeruk 

Bahan:

  • 2 wortel
  • 1 buah jeruk nipis
  • 100 cc air
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 1 bungkus susu kental manis
  • es batu

Caranya: Kupas dan cuci wortel lalu potong dadu. Lalu potong jeruk nipis dan ambil sari buahnya saja. Masukan potongan wortel, air, gula, susu kental manis, dan es batu kedalam blender. Blender semua bahan hingga halus, setelah itu tuang perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata. Lalu tuang dalam gelas jus dan jus wortel jeruk nipis dapat dinikmati.

17. Sate Jeruk Saus Karamel 

Bahan :

  • 4 jeruk nipis
  • 150 gram gula pasir rendah kalori
  • tusuk sate

Caranya : Kupas jeruk nipis (anda bisa menggunakan jeruk lainnya seperti jeruk sunkist) lalu tusuk jeruk dengan tusukan sate. Panaskan panci lalu masukan 150 gram gula pasir hingga mencair. Tata tusukan jeruk pada piring lalu oles jeruk dengan karamel gula. Dan sate jeruk saus karamel siap dihidangkan.

18. Wedang Jahe Jeruk Nipis 

Bahan :

  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 ruas jahe
  • kayu manis
  • 3 sdm madu
  • 200 cc air
  • gula batu

Caranya : Potong jeruk nipis dan ambil sari buahnya. Lalu jahe di cuci dan di tumbuk sedikit halus. Masak air lalu masukan jahe dan kayu manis hingga mendidih dan tambahkan madu. Setelah semua tercampur rata dan mendidih, saring dan masukan kedalam gelas yang telah dibeli perasan jeruk nipis dan gula batu. Wedang jahe jeruk nipis siap dinikmati. Ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

19. Jus pepaya dan jeruk nipis 

Bahan :

  • 1 buah pepaya yang sudah agak matang
  • 1 jeruk nipis
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 150 cc air
  • 1 bungkus susu kental manis
  • es batu

Caranya : Kupas dan cuci pepaya lalu potong seperti dadu. Potong dan peras sari buah jeruk nipis lalu masukan kedalam mangkok kecil. Masukan potongan pepaya, gula, susu kental manis, air, dan es batu kedalam blender. Blender hingga halus dan setelah itu masukan perasan jeruk nipis aduk hingga rata. Setelah itu masukan kedalam gelas jus, dan jus pepaya jeruk nipis siap dinikmati.

20. Milk Punch 

Bahan :

  • 1 bungkus susu kental manis
  • 2 buah jeruk nipis
  • 150 cc air
  • es batu

Caranya : Potong dan peras sari buah jeruk nipis. Masukan 1 bungkus susu kental manis, perasan jeruk nipis, dan air kedalam gelas lalu aduk hingga tercampur rata. Agar lebih segar masukan juga es batu dan milk punch siap dinikmati di cuaca yang panas.

21. Es Tipis ( Timun Jeruk Nipis ) 

Bahan :

  • 1 buah mentimun
  • 2 buah jeruk nipis
  • 150 cc air
  • es batu

Caranya : kupas dan cuci mentimun. Setelah bersih serut mentimun dan masukan kedalam gelas jus. Potong 2 buah jeruk nipis dan peras sari buahnya kedalam gelas yang telah diberi serutan mentimun. Setelah itu masukan 150 cc air dan aduk hingga tercampur rata. Agar lebih segar tambahkan pula es batu.

22. Asinan rambutan 

Bahan :

  • 10 buah rambutan
  • 2 buah jeruk nipis
  • 5 cabai rawit
  • air

Caranya : Kupas buah rambutan lalu pisahkan daging dengan isinya. Tumbuk 5 cabai rawit atau sesuka anda hingga halus. Iris tipis jeruk nipis lalu sisihkan. Siapkan baskom lalu masukan daging buah rambutan, cabai rawit halus, dan irisan jeruk nipis. Jangan lupa juga masukan sedikit air lalu aduk hingga merata. Asinan rambutan siap dinikmati beramai-ramai.

Manfaat Jeruk Nipis

1. Melancarkan Sistem pencernaan dalam tubuh 

Sering kali kita terkena masalah pencernaan seperti sembelit, perut kram atau pun usus yang kotor dan bisa menyebabkan usus buntu. Jeruk nipis mengandung asam nitrat yang tinggi dan bekerja sama dengan asam lain yang ada dalam tubuh membantu menyehatkan pencernaan. Kadar asam nitrat dan vitamin C yang tinggi ini pula membantu penyerapan gula yang ada didalam tubuh sehingga terhindar dari obesitas atau pun kegemukan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Manfaat kali ini tidak kalah pentingnya bagi tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian tubuh akan tetap sehat, tidak mudah terserang penyakit. Bayangkan jika kita tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh akan mudah sakit flu, batuk, demam, diare, dan penyakit-penyakit yang lebih bahaya lainnya. Dengan itu mulai konsumsilah buah kecil dengan banyak manfaat ini.

3. Membantu menurunkan berat badan 

Mungkin ini manfaat yang sering dicari oleh kebanyakan orang yaitu buah jeruk nipis yang dapat membantu menurunkan berat badan. Minumlah segelas air hangat yang telah ditambahkan jeruk nipis dan secubit garam di pagi hari, itu dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu menurunkan berat badan. (Baca Juga : Cara Diet Dengan Air Putih )

4. Membersihkan peralatan dapur 

Manfaat yang tidak kalah penting dari jeruk nipis yang harus diketahui ibu-ibu rumah tangga yaitu dapat membantu membersihkan peralatan dapur. Sebagai contoh untuk membersihkan microwave, taruhlah semangkok air yang telah diberi perasan jeruk nipis selama kurang lebih 3 menit. Uap dari campuran air jeruk nipis ini dapat membersihkan noda-noda yang menempel pada microwave.

5. Membuat kulit lebih cerah 

Manfaat lainnya yang perlu anak-anak muda tau yaitu jeruk nipis ini dapat membantu mencerahkan kulit. Sebagai contoh apabila anda ingin membersihkan komedo yang membandel diwajah. Potonglah 1 buah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu tetesi jeruk nipis dengan madu. Setelah itu gosokan jeruk nipis kebagian wajah yang berkomedo selama kurang lebih 5 menit. Cuci wajah dengan sabun dan air dingin lalu keringkan dengan handuk.

6. Meringankan sakit kepala 

Selain lima manfaat diatas manfaat jeruk nipis lainnya yaitu dapat meringankan sakit kepala. Dengan cara potong dua bagian jeruk nipis lalu gosokan perlahan pada pelipis kepala anda. Dengan ini sakit kepala anda akan berangsur berkurang.

7. Meningkatkan pertumbuhan rambut 

Bnyak yang mengeluh dengan rambut yang tipis dan tidak cepat panjang. Maka gunakanlah perawatan rambut dengan jeruk nipis. Jeruk nipis dapat mempercepar pertumbuhan rambut. Caranya cuci rambut terlebih dahulu, lalu balurkan perasan air jeruk keseluruh rambut tapi jangan sampai terkena ke kulit rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu cuci rambut kamu dengan air dingin hingga bersih. Jangan lupa pakai condisioner agar rambut menjadi halus. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, jeruk nipis juga bermanfaat untuk membuat rambut berkilau, mencerahkan warna rambut dan menghilangkan ketombe.

8. Mengobati batuk 

Ini manfaat juga tidak kalah penting yaitu dapat mengobati batuk. Caranya yaitu campurkan perasan jeruk nipis, madu dan sedikit garam lalu minum 2-3 kali sehari. Apabila anda tidak mau terlalu ribet dengan bahan yang diatas, cukup campurkan perasan jeruk nipis dan kecap minum 2-3 kali sehari maka batuk anda akan segera reda.

9. Membantu mengurangi kebiasaan merokok 

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hipotensi bahkan kematian maka dari sekarang mulailah hindari merokok. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan kebiasaan merokok anda. Caranya isaplah potongan jeruk nipis lalu minumlah air putih maka lama kelamaan kebiasaan merokok anda akan menghilang.

10. Mengobati demam 

Buah jeruk nipis ini dapat pula membantu menurunkan demam. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat menurunkan demam dengan segera. Caranya yaitu minumlah air yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis 3 kali sehari maka demam anda akan segera turun.

11. Mengatasi haid yang tidak lancar 

Haid atau menstruasi adalah meluruhnya sel telur pada wanita karena tidak dibuahi. Umumnya haid atau menstruasi terjadi selama kurang lebih seminggu, tapi jika haid tidak lancar maka perlu diwaspadai. Buah jeruk nipis dapat membantu mengatasi haid yang tidak lancar. Caranya siapkan perasan jeruk nipis dan 2 sdm madu asli lalu masukan kedalam 150 cc air hangat. Minumlah 3 kali dalam sehari. (Baca Juga : Cara Diet Mayo )


 

Bahaya Diet Jeruk Nipis

1. Gigi ngilu

Selain manfaatnya yang begitu banyak ternyata diet jeruk nipis juga memiliki bahaya salah satunya membuat gigi ngilu. Ini terjadi karena zat asam pada buah jeruk nipis memicu otot-otot pada gigi menjadi bereaksi. Jadi sering kali saat minum air putih dipagi hari gigi terasa ngilu, itu akibat panjang dari mengkonsumsi jeruk nipis yang berlebihan.

2. Memicu asam lambung yang tinggi

Meningkatnya asam lambung ini disebabkan karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang sangat tinggi. Apalagi kita minum air dengan perasan jeruk nipis ini dipagi hari saat perut sedang kosong maka dengan seketika asam lambung kita menjadi naik dan mengakibatkan nyeri diperut. Jika ini dikakukan terus menerus akan terjadi kerusakan pada lambung atau yang biasa disebut tukak lambung.

3. Perut sakit seperti diremas-remas

Asam lambung yang meningkat karena mengkonsumsi air dengan perasan jeruk nipis ini membuat perut sakit, ngilu dan terasa seperti diremas-remas. Apalagi untuk penderita maag ini sangat menghawatirkan. Maka bagi penderita maag hindarilah makanan yang membuat asam lambung menjadi naik jika tidak ingin penyakit maag anda semakin kronis.

4. Memicu mual dan muntah

Setelah perut sakit, ngilu, dan seperti diremas-remas karena asam lambung yang meningkat drastis, jeruk nipis ini juga dapat memicu mul dan muntah. Ini terjadi karena asam lambung yang tinggi naik ke tenggorokan dan memicu mual dan muntah pada penderita maag.

5. Perut menjadi begah

Mengkonsumsi jeruk nipis dalam jumlah yang berlebihan bagi penderita maag sangat berbahaya. Selain memicu mual dan muntah juga menyebabkan perut menjadi begah. Ini terjadi karena asam lambung yang naik dan menghasilkan gas yang berlebihan. Asam lambung yang naik ini juga membuat perut terasa penuh dengan cairan dan begah.

6. Diare

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang sangat tinggi. Asam inilah yang mendorong makanan cepat menuju usus besar, sehingga nutrisi dalam makanan tidak bisa diserap secara sempurna. Dan hal inilah yang menyebabkan diare.

7. Mengikis email gigi

Email gigi berfungsi sebagai pelindung gigi karena terbentuk dari bahan yang keras dan mengandung kalsium yang sangat tinggi. Jadi jika kita mengkonsumsi jeruk nipis dalam jumlah yang sangat banyak maka akan mengikis email gigi. Terbayang kan jika email gigi terkikis maka gigi akan mudah terkena zat-zat yang dapat merusak gigi, mudah terkena bakteri sehingga gigi akan menjadi rusak dan berlubang.

8. Membuat air liur berlebih

Karena kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada jeruk nipis dapat membuat enzim ptialin memproduksi air liur yang berlebihan.

9. Bau mulut

Mengkonsumsi jeruk nipis yang berlebih dapat menyebabkan naiknya asam lambung dan ini mengakibatkan bau mulut. Bau mulut tidak hanyak terjadi saat kita mengkonsumsi makanan yang dapat membuat mulut jadi bau seperti jengkol atau pete tetapi asam lambung yang tinggi dan naik ketenggorokan dapat memicu bau pada mulut.

10. Pembentukan batu ginjal

Bahaya yang satu ini juga bisa terjadi ketika kita mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebih dan setiap hari yaitu pembentukan batu ginjal. Pembentukan batu ginjal ini terjadi karena asupan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk nipis. Selain itu juga batu ginjal juga disebabkan oleh kurangnya volume urin dan menumpuknya unsur senyawa garam pada ginjal yag tidak dapat disaring.

11. Insomnia atau susah tidur

Banyak sekali anak muda yang mengeluhkan susah tidur atau insomnia. Bisa jadi ini disebabkan oleh makanan yang kita makan sehari-hari. Susah tidur ini terjadi saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Jadi memperhatikan kandungan makanan yang kita konsumsi sehari-hari itu sangat penting. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim )

Buah jeruk nipis sangatlah bagus untuk membantu proses diet, karena dengan kandungan asam sitrat dan vitamin C yang sangat tinggi. Tetapi dibalik manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita, ternyata cara diet dengan jeruk nipis super cepat ini juga memiliki beberapa bahaya yang mengganggu kesehatan. Jadi kenali dan fahami terlebih dahulu saat anda akan memilih cara untuk diet, jangan sampai itu mengancam kesehatan anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!