7 Khasiat Air Putih Untuk Diet Sehat Dan Ampuh

Air putih menjadi pilihan utama untuk melepas dahaga atau sekedar melancarakan tenggorokan saat makan. Di balik warnanya yang bening, air putih memiliki banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Beberapa dokter spesialis gizi mengatakan bahwa mineral tidak diperoduksi oleh tubuh. Maka untuk memenuhi kebutuhan itu kita disarankan minum air putih sebanyak 8-12 gelas per hari. Mineral alami termasuk zat mikro esensial, itu artinya kebutuhan mineral sangat penting dan harus tersedia walaupun dalam jumlah yang sedikit. Berikut 7 Kadungan Mineral Alami Dalam Air Putih.

ads

1. Fluorida

Fluorida pada air putih merupakan salah satu hasil dari proses mineralisasi secara alami. Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup bermanfaat untuk pembentukan email gigi pada anak-anak serta mencegah karies gigi. Kandungan fluorida dalam air putih kemasan ditentukan oleh pemerintah yaitu 1,5 m/l.

2. Kalsium

Hampir sama dengan fluorida, kalsium juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Natrium

Natrium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Biasanya mineral ini juga terdapat dalam infus yang diberikan untuk pasien yang terkena dehidrasi atau kekurangan cairan.

4. Silika

Silika yang terkandung dalam air putih berperan untuk melembabkan kulit dan menjaga pembuluh darah dalam tubuh.

5. Magnesium

Magnesium salah satu yang membuat air putih berkhasiat untuk diet, karena mampu membantu menghilangkan timbunan lemak di dinding pembuluh darah serta sebagai zat pembentuk sel darah merah dan hemoglobin.

6. Zinc

Sedangkan zinc merupakan co-enzim yang mambantu 300 enzim di dalam tubuh kita. Zat itu juga berperan sebagai imunitas atau menjaga kekebalan tubuh dan fungsi saraf otak.

7. Bikarbonat

Bikarbonat meruakan zat yang membantu proses pencernaan dalam perut sehingga nutrisi yang baik tetap terserap sempurna dan yang tidak terpakai dapat dibuang.

Minum Air Putih Sebelum Makan Berkhasiat Menurunkan Berat Badan

Air putih mengandung mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun air putih tidak mengandung kalori dan bebas lemak sehingga sangat baik digunakan untuk diet. Orang yang minum air putih dalam takaran cukup setiap harinya mempunyai peluang lebih besar menurunkan berat badan dibandingkan yang tidak mencukupi kebutuhan air putihnya. Walau begitu, ada beberapa Aturan Diet Air Putih yang harus diperhatikan.

Selain memperhatikan jumlah air putih yang harus diminum setiap harinya, waktu konsumsi air putih juga mempengaruhi khasiat diet. Khasiat air putih untuk diet dapat dirasakan jika diminum  sesaat sebelum makan.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh Dennis dan rekannya di Amerika Serikat pada 2010. Pemberian 500 ml air putih pada 30 menit sebelum makan selama 12 minggu pada hewan ujinya mampu menurunkan berat badan sebanyak 2 kg lebih banyak dibandingkan hewan uji yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Selain penurunan berat badan, perlakuan itu juga mampu menurunkan kadar lemak tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi air putih.

Sedangkan untuk mengetahui efek langsung konsumsi air putih terhadap penurunan berat badan pada manusia, Indri dan rekannya di Semarang, Jawa Tengah, melakukan penelitian serupa dengan sempel remaja putri berusia 18-19 tahun. Hasilnya pemberian 454 ml air putih pada 30 menit sebelum akan selama 5 minggu mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Sehingga berat badan pun ikut berkurang.

Untuk diet, disarankan minum air putih hangat bukan dingin. Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet salah satunya adalah mempercepat proses pembakaran kalori. Dengan mengkonsumsi air hangat makan tubuh akan berusaha mendinginkan kembali suhu air dalam tubuh sehingga proses pendinginan itu yang akan membakar kalori lebih banyak. Mengkonsumsi air putih juga akan membuat kita cepat merasa kenyang sehingga tidak makan makanan berlebihan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet