13 Aturan Diet Air Putih yang Benar dan Sehat untuk Tubuh

Aturan Diet Air Putih harus benar-benar anda perhatikan agar diet anda berjalan dengan lancar. Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang merasa kurang puas dengan penampilan mereka. Hal ini terutama berkaitan dengan bentuk tubuh yang dimiliki dan berat badan ideal yang ingin dicapai. Banyak orang dalam masyarakat yang merasa bahwa berat badan mereka berlebihan dan mencoba berbagai cara untuk mengurangi kelebihan berat badan mereka seperti dengan berolahraga dan melakukan diet. Beberapa orang bahkan ada yang melakukan operasi sedot lemak untuk mengurangi berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal secara instan. (Baca juga : Pantangan diet golongan darah B)

ads

Pengertian Diet Air Putih 

Secara pengertiannya, diet mengacu pada beberapa pemahaman, yaitu: sejumlah jenis makanan yang menjadi konsumsi dari sebuah kelompok atau suatu individu. Istilah diet ini sering digunakan juga sebagai pengertian untuk tindakan tang dilakukan untuk mengatur atau mengendalikan berat badan dengan cara membatasi jenis makanan yang dikonsumsi.(Baca juga : Pantangan diet golongan darah A )

Dalam melakukan diet, kita mengenal berbagai metode yang umum dilakukan, antara lain diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat, diet rendah kalori, diet sangat rendah kalori maupun detox. Ada pula diet yang didorong oleh kepercayaan keagamaan seperti misalnya adalah berpuasa. Kamu yang pernah melakukan diet pasti tahu betapa sulitnya untuk dapat melakukan diet yang sukses. Namun tahukah kamu kalau dari sekian banyak  metode dan cara melakukan diet, ada beberapa yang cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan dengan tingkat kesuksesan yang cukup baik. Sekarang pasti kamu penasaran, apa saja metode diet yang dapat dilakukan dengan mudah ini. (Baca juga : Pantangan diet golongan darah O)

Aturan Diet Air Putih

Di sini kami akan membahas mengenai diet air putih. Ya, tidak salah, hanya dengan mengkonsumsi air putih saja dapat membantu untuk mengendalikan dan menurunkan berat badan kamu. Air putih memang sudah sejak lama dikenal sebagai unsur yang dapat membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia yang 70% darinya merupakan cairan. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi air putih akan membantu tubuh menjadi lebih segar, sehat dan fit serta membantu meningkatkan konsentrasi otak. Selain itu air putih juga membantu tubuh untuk membuang racun  yang terserap tanpa sengaja melalui makanan, minuman dan udara.

Baca juga :


Diet air putih sendiri termasuk sangat mudah untuk dilakukan, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 3 liter per hari. Dengan konsumsi air putih sebanyak 3 liter per hari berarti mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih yang secara otomatis akan membantu tingkat metabolisme tubuh. Tentunya bila hal ini dipadukan dengan olah raga yang teratur dapat membantu tubuh untuk membakar kalori secara lebih optimal.

Beberapa aturan yang harus kamu perhatikan pada saat melakukan diet air putih adalah:

1. Minum Air Sebelum Makan

Dengan mengkonsumsi air sebelum makan akan membantu untuk menekan selera makan, sehingga kamu tidak akan memakan makanan dengan porsi yang terlalu besar. (Baca Juga :  Cara Diet Karbohidrat )

2. Kombinasikan Dengan Olahraga

Selain minum air yang cukup, kamu juga harus berolahraga untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Jangan lupa minum air sebelum olah raga dan sesudahnya supaya tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

3. Minum Air Putih Di Pagi Hari

Jangan lupa untuk minum segelas air putih di pagi hari pada saat kamu bangun. Kamu akan merasakan lebih segar. Minum air putih di pagi hari akan memulai metabolism kamu dan membuat hari kamu menjadi lebih berenergi. (Baca Juga :  Cara Diet Cepat )

Kiat Dan Resep Diet Air Putih

Tentunya mengkonsumsi air putih sebanyak itu setiap harinya terdengar seperti hal yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tetapi pada kenyataannya sering kali konsumsi air putih kita setiap harinya kurang dari jumlah yang ideal tersebut. Hal ini terutama disebabkan karena rasa air putih yang hambar sehingga kita akan menjadi mudah bosan. Untuk itu, maka di sini kami akan membagikan kiat –kiat dan beberapa resep yang dapat kamu ikuti dan praktekan agar diet air putih bisa kamu jalankan dengan sukses. (Baca Juga :  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Cepat )

1. Hari ke 1

Ingatlah untuk minum air putih secara teratur. Bila kita hitung, 1 gelas dapat memuat 250 mili liter air putih. Maka agar konsumsi air putih sebanyak 3 liter per hari dapat tercapai, kamu harus minum sebanyak 12 gelas air putih per hari. Untuk melakukan itu, minumlah segelas air putih setiap jam selama 12 jam. Ini adalah hal yang mudah untuk dicapai, dengan hitungan kamu menghabiskan waktu sebanyak 8 jam di kantor.

Itu saja berarti kamu sudah minum 2 liter air putih. Sisa yang harus dikonsumsi adalah sebanyak 1 liter dengan mudah dapat dicapai. 1 liter sisa air putih yang harus kamu minum ini dapat dicapai dengan minum sebanyak 1 gelas masing masing sebelum dan sesudah makan pada saat makan pagi dan makan malam. Nah, bila ditambahkan dengan air putih yang kamu minum pada saat pagi hari sebelum ke kantor dan malam hari sesudah kamu sampai ke rumah, maka jumlah ini sudah tercapai. Mudah bukan? Maka dari itu, jangan malas dan mulailah ingat untuk minum air putih setiap harinya. (Baca juga : Manfaat air putih hangat untuk diet)

2. Hari ke 2

Air putih memang hambar rasanya, tetapi ada cara lain agar kamu tetap dapat mengkonsumi air putih dalam jumlah yang sudah kita targetkan sebelumnya yaitu 3 liter per hari. Sekarang, cobalah kamu seduh teh hijau dengan air panas dan minum pada saat masih hangat. Teh hijau dikenal akan khasiatnya untuk melunturkan lemak. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk membantu mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh kita. Meminum teh hijau pada saat masih hangat juga membuat tubuh menjadi berkeringat, sehingga metabolism dalam tubuh akan meningkat dan membantu untuk mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh.

3. Hari ke 3

Kamu bosan dengan minuman hangat dan minuman panas? Cocok sekali, karena hari ini adalah hari bagi kamu untuk mencoba minum air putih dingin. Kamu pasti sudah terbiasa dengan minuman dingin seperti es teh manis atau minuman ringan yang disajikan dengan es. Pasti terasa sangat menyegarkan sekali, bukan? Apalagi bila minuman tersebut diminum pada saat cuaca yang panas dengan matahari yang menyengat.

Tetapi minuman dingin yang manis pasti akan merusak diet kamu, karena gula merupakan salah satu pengikat lemak dalam tubuh. Kali ini, yang harus kamu minum adalah air es. Mungkinkamu belum mengetahuinya, tapi dengan mengkonsumsi air es akan membantu tubuh kamu untuk melakukan pembakaran kalori dengan lebih cepat, karena air es yang kamu minum pada saat memasuki tubuh kamu akan menurunkan suhu tubuh. Untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil maka secara otomatis suhu tubuh akan naik dan dengan demikian mempercepat metabolisme tubuh. (Baca Juga :  Cara Diet Alami )

4. Hari ke 4

Sesudah minum air putih yang tidak memiliki rasa, kami yakin kamu pastinya ingin minuman kamu memiliki sedikit rasa. Maka dari itu, pada hari keempat ini adalah saatnya kamu meminum air putih dengan campuran jaggery. Jaggery sendiri merupakan pemanis alami yang terbuat dari konsentrat dari kurma, tebu atau nira, tergantung dari negara mana asalnya. Jaggery memiliki warna coklat keemasan yang bervariasi dari terang sampai gelap. Kandungan vitamin dan mineral dalam jaggery, terutama potassium akan berfungsi untuk membantu mengendalikan kadar air dalam tubuh kamu. Selain itu, jaggery juga membantu meningkatkan metabolism dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Takarannya adalah 2 sendok makan untuk 3 liter air minum kamu.

5. Hari ke 5

Pada hari kelima ini, kita tetap akan meminum air putih seperti biasa. Perbedaannya adalah kamu boleh mengurangi jumlah air putih yang kamu minum pada saat di kantor sebanyak 2 gelas. Kita akan menggantinya dengan kuah sup sayur yang lezat pada saat makan siang dan makan malam. Secangkir kuah sup sayur akan membantu kamu untuk merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. (Baca Juga : Diet Paleo )

6. Hari ke 6

Sekarang pada hari keenam, buatlah jus dari buah-buahan atau sayur-sayuran yang kamu sukai. Kamu tidak harus meminum jus sepanjang hari, tetapi kamu dapat meminumnya sebagai pendamping air putih. Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral, selain itu juga kaya serat.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran akan membantu untuk menjaga metabolisme dalam tubuh kamu. Ingatlah untuk membuat sendiri jus dari buah pilihan kamu daripada membeli jus buah dalam kemasan, karena ini akan memastikan bahwa kamu tidak mengkonsumsi jus dengan kandungan gula dan pemanis buatan yang malah akan merusak usaha diet kamu. Terutama, ini juga akan menjaga kesegaran dari jus itu sendiri. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )

7. Hari ke 7

Kini, kamu bisa meminum air mineral yang dicampur dengan gula dan garam. Gula dan garam mengandung mineral yang berfungsi sebagai elektrolit untuk menjaga metabolism tubuh. Selain itu, minuman ini akan membantu untuk melunturkan lemak dari tubuh kamu dan menjaga keseimbangan tekanan darah.

8. Hari ke 8

Mungkin kamu sudah membaca di atas bagaimana tubuh kamu akan melakukan pembakaran dengan lebih cepat bila kamu meminum air hangat. Nah, pada hari kedelapan, kamu harus meminum air hangat, karena memang sudah terbukti membantu meluruhkan lemak dengan cepat.

9. Hari ke 9

Selain the hijau, ada berbagai macam teh yang memiiki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Hari ini, minumlah teh yang kamu sukai seperti teh oolong atau teh hitam. Selain membantu dalam membuang racun, teh juga sangat kaya akan anti oksidan yang membantu untuk menyingkirkan zat-zat radikal bebas dari tubuh kamu. (Baca Juga :  Bahaya Diet Ekstrim )

10. Hari ke 10

Sudah sejak lama lemon dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di hari ini, kamu bisa minum air putih yang diinfus dengan potongan lemon. Air infuse atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai infusion water akan membantu untuk meluruhkan lemak dan menjaga stamina tubuh. Selain itu rasanya pasti akan menyegarkan hari kamu.

Baca juga :

Demikianlah kiat-kiat dan aturan diet air putih yang kami bagikan untuk melancarkan diet kamu untuk 10 hari kedepan. Apabila kamu berencana untuk melakukannya lebih lama, ulangi saja kembali. Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Semoga bermanfaat ya!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!