15 Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet Paling Ampuh dan Cepat (#Terbukti)

Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet paling ampuh yang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Air putih merupakan minuman yang murni dan menyehatkan untuk dikonsumsi tubuh. Air putih mengandung kandungan mineral yang berguna untuk tubuh diantaranya kalsium, sodium, magnesium, kalium dan bikarbonat. Manfaat kandungan mineral-mineral tersebut diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan cairan yang harus dimiliki tubuh, memelihara kesehatan pencernaan, menjaga keseimbangan asam basa pada tubuh dan lain sebagainya. Untuk itu secara umum, manusia membutuhkan 8-12 gelas air putih untuk dikonsumsi setiap harinya guna menjaga metabolisme tubuh dan mendapatkan manfaat-manfaat yang diberikan air putih kepada tubuh. (Baca Juga : Diet Golongan Darah O )

ads

Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara drastis dan dalam waktu yang cepat, minum air putih hangat secara teratur memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti :

  1. Mencegah penuaan dini
  2. Mengobati batuk dan pilek
  3. Mengatasi sakit kram dan kejang ketika haid
  4. Mengatasi masalah ketombe pada rambut
  5. Meredakan sakit tenggorokan
  6. Mencegah dehidrasi
  7. Sebagai detoksifikasi dalam tubuh
  8. Mencegah gangguan pencernaan
  9. Mengatur suhu dalam tubuh
  10. Menjaga kinerja organ ginjal
  11. Menghilangkan depresi
  12. Menghaluskan kulit tubuh
  13. Mengatasi sakit kepala
  14. Menurunkan berat badan
  15. Meningkatkan fungsi otak

manfaat air putih hangatAir putih merupakan salah satu contoh alternatif solusi untuk menjaga berat badan pada kondisi ideal. Sebagaimana diketahui, saat ini masalah obesitas masih menjadi momok yang menakutkan di dunia kesehatan dan tak hanya itu kerangka berpikir sebagian masyarakat yang banyak memberikan predikat bahwa tinggi kurus dan langsing adalah sebuah pengejawantahan dari ukuran kecantikan sebenarnya, mendorong masyarakat pada umumnya dan kaum perempuan pada khususnya untuk mencari cara dan upaya teknik diet yang cepat dan tepat untuk menurunkan berat badan atau menjaga kondisi tubuh tetap ideal.  (Baca Juga : Diet Golongan Darah AB )

Karena itu berkembanglah berbagai macam program diet yang di berbagai komunitas atau sosial media. Beberapa diantaranya bahkan diadopsi dari hasil penelitian di luar negeri, yang tanpa disadari mengundang berbagai permasalahan yang timbul. Seperti kecocokan teknik diet tersebut bila dibandingkan dengan pola konsumsi dan faktor genetis orang Indonesia pada umumnya. Karena tentunya habit yang dimiliki orang Indonesia amat sangat berbeda dengan habit orang yang berada di luar negeri seperti Eropa atau Amerika.  (Baca Juga : Diet Golongan Darah B )

Kecenderungan mengikuti tren masa kini, membuat sebagian orang melupakan zat yang sudah terbukti secara klinis dapat membantu untuk terapi diet, yaitu air putih hangat. Selain itu air putih hangat mudah ditemukan dan tidak mahal dibandingkan dengan jus buah organik atau makanan cereal kesehatan yang biasa ditemui di dalam produk makanan diet. (Baca Juga : Diet Golongan Darah A )


Hasil Penelitian Mengenai Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet

Brenda Davy, Profesor di Virginia Tech, mengungkapkan hasil penelitian bahwa kebiasaan minum dua gelas air putih sebelum menyantap makanan akan memakan makanan dengan 75 sampai 90 kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum. Dan setelah lebih dari 12 minggu, orang yang diet dengan meminum air putih sebelum makan, 3 kali sehari, akan kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan yang tidak minum. (Baca Juga : Diet Paleo )

Penelitian tersebut melibatkan 48 orang dewasa berusia antara 55-75 tahun yang dikelompokkan menjadi dua kelompok. Satu kelompok meminum 2 gelas air sebelum memakan makanan dan kelompok yang lain tidak minum. Dan semuanya tetap mengkonsumsi diet rendah kalori selama penelitian tersebut. Hasilnya, setelah lebih dari 12 minggu, kelompok yang meminum air terlebih dahulu kehilangan 15.5 pound dari berat badannya, sementara kelompok yang tidak minum air sebelum makan hanya kehilangan 11 pound.

Baca Juga :

Profesor Davy juga menjelaskan bahwa minum air putih sangat efektif karena dapat mengisi kekosongan perut dengan substansi nol kalori. Orang akan merasa kenyang dan memakan makanan yang rendah kalori. Meningkatkan konsumsi air putih untuk menggantikan konsumsi minuman yang mengandung kalori pemanis buatan juga dapat membantu menurunkan berat badan. (Baca Juga :  Cara Diet Dengan Jeruk Nipis )

Air putih hangat untuk diet lebih dianjurkan oleh para ahli. Sebagaimana dikemukakan oleh Stella Metsovas, ahli nutrisi dan pakar kesehatan di Food and Nutrition Sciences, meminum air hangat di pagi hari dapat menurunkan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Mengkonsumsi air putih hangat juga dapat meningkatkan kinerja usus dalam membuang sisa-sisa zat yang tidak berguna di dalam tubuh atau membantu proses metabolisme. Proses metabolisme yang terjaga baik dapat membantu menjaga berat badan berada dalam kondisi ideal. (Baca Juga :  Cara Diet Dengan Buah Lemon )

Manfaat Meminum Air Putih Hangat Sebelum Makan

Ketika air putih hangat memenuhi perut yang kosong sebelum makan, suhu tubuh menghangat dan otomatis pembakaran lemak pun dimulai. Nafsu makan juga dapat di kontrol sehingga makanan yang disantap masih dalam porsi yang sewajarnya. Tak perlu kuatir kehilangan nutrisi karena air hangat mampu menyerap nutrisi makanan dengan optimal. Selain itu racun-racun dalam tubuh juga dapat di buang bersama dengan urine yang dikeluarkan. Saluran pencernaan menjadi lancar begitu pula pembuangan residu sisa makanan. (Baca Juga :  Cara Diet Tanpa Olahraga )

Sebagai variasi, air hangat tersebut dapat dicampur  dengan perasan jeruk lemon yang dapat lebih membantu kinerja diet  karena lemon memiliki kandungan serat pektin yang mampu memecah jaringan lemak dalam tubuh. Selain itu menambah perasan jeruk lemon juga membantu menghilangkan rasa bosan saat diet dengan hanya meminum air hangat. Akan lebih baik bila ditambah dengan 1 sendok madu, sehingga menghasilkan perasaan nyaman di perut dan tidak membuat eneg. Perpaduan madu dan lemon juga di percaya dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Baca Juga :

Waktu Yang Baik Untuk Meminum Air Putih Hangat

Demi memperlancar program diet dengan air putih hangat, selain diminum sebelum makan juga dapat dikonsumsi secara rutin pada pagi hari atau sebelum tidur. Bila diminum pada pagi hari, dapat mengoptimalkan kinerja usus, karena pada saat itu perut belum diisi makanan. Hal tersebut membantu mengurangi keluhan sembelit atau konstipasi. Selain itu tentu dengan mengkonsumsi air putih dapat menghancurkan lemak tubuh dengan lebih cepat. Sirkulasi peredaran darah dalam tubuh juga menjadi lebih lancar dan organ-organ tubuh dapat bekerja secara optimal sehingga menjauhkan tubuh dari ancaman penyakit yang berat. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )

Apabila diminum ketika sebelum tidur, dapat memberikan ketenangan pikiran dan menghilangkan stres. Minum air hangat memberikan perasaan nyaman sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu dapat mencegah dehidrasi yang mungkin timbul ketika semalaman tidur. Sehingga ketika bangun keesokan harinya tubuh menjadi lebih segar dan tidak lemas. (Baca Juga :  Bahaya Diet Ekstrim )

Dengan diet membiasakan minum air hangat secara rutin  selain mendapatkan manfaat air putih hangat untuk diet secara cepat, juga mendapatkan bonus kesehatan yang tentunya menjadi idaman semua orang. Untuk itu tak ada salahnya mencoba diet alami dengan selalu meminum air putih hangat baik itu sebelum makan, di pagi hari saat perut masih kosong atau pada saat sebelum tidur. Semoga meminum air putih hangat dapat menjadi alternatif diet yang sehat dan juga murah tentunya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman