5 Khasiat Edamame Untuk Diet Sehat

Untuk sebagian orang edamame masih terdengar asing. Namun untuk pelaku hidup sehat edamame pasti sudah tidak asing lagi, bahkan mereka rutin mengkonsumsi makanan berbentuk polong-polongan itu setiap harinya. Edamame memiliki bentuk polong yang mirip dengan kedelai. Namun tetap terdapat perbedaan yang signifikan. Edamame sering juga disebut dengan nama kedelai jepang. Ukuran edamame lebih besar dibandingkan dangan kedelai lokal yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tempe.

ads

Biji edamame juga lebih besar, berkulit halus dengan kulit ari berwarna putih bening. Rasa edamame cenderung manis dibandingkan kedelai dan mudah dicerna dalam tubuh. Kedelai jepang enak disantap dengan cara direbus saja. Selain memiliki rasa yang enak, edamame juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Salah satunya khasiat edamame untuk diet. Berbagai macam manfaat yang diberikan setelah konsumsi edamame tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sebelum kita mengenal lebih jaug mengenai Cara Diet Aman dengan edamame, kami akan menjelaskan mengenai kandungannya terlebih dahulu.

Kandungan Edamame Untuk Tubuh

Tanaman edamame mirip dengan tanaman kedelai yaitu tanaman semusim yang tumbuh seperti semak dengan tinggi antara 30 hingga 50 cm saja. Indonesia juga termasuk salah satu penghasil edamame dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi. Jadi tidak salah jika edamame yang ditanaman di Indonesia sudah tembus ke pasar global. Edamame kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan, seperti khasiat edamame untuk diet. Banyak pakar kesehatan dan ahli nutrisi yang mengatakan bahwa edamame adalah satu-satunya jenis sayuran yang mengandung 9 asam amino esensial yang biasanya hanya didapatkan dari konsumsi daging dan telur.

Bahkan beberapa ahli gizi mengatakan bahwa nilai gizi edamame lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan setara dengan susu sapi. Edamame mengandung 9 gram serat, dengan begitu juga setara dengan serat yang terdapat pada empat iris roti gandum utuh. Kacang dengan polong berwarna hijau muda itu juga mampu memenuhi 10% kebutuhan vitamin A dan C dalam tubuh manusia setiap harinya. Edamame juga merupakan makanan dengan sumber antioksidan yang kuat, itu karena kandungan isoflavones dan saponin dalam edamame. Terakhir kandungan zat besi pada kedelei jepang ini setara dengan 4 ons dada ayam panggang.

Manfaat Edamame Untuk Diet

  1. Camilan Sehat

Salah satu alhi nutrisi dari Ingris mengatakan bahwa edameme cocok dijadikan makanan camilan saat melakukan diet. Cara konsumsi edamame yang paling tepat dengan cara dikukus. Dengan begitu kandungan nutrisi  edamame tidak hilang seiring dengan proses pemasakan.

  1. Tinggi Serat

Edameme merupakan salah satu polong-polongan yang tinggi serat. Dengan begitu perut akan terasa kenyang lebih cepat dan dalam waktu yang lebih lama. Sehingga mampu mengurangi konsumsi makanan setiap harinya.

  1. Menjaga nafsu makan

Dengan mengkonsumsi edamame nafsu makan kita juga akan lebih mudah terkontrol. Seperti kandungan serat tadi, kandungan protein dalam edamame juga membuat perut dapat merasa kenyang lebih lama. Dalam setengan cangkir edamame dapat mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin, dan mineral dalam tubuh setiap hari.

  1. Rendah lemak

Edamame merupakan camilan tinggi protein dan rendah lemak serta kalori. Sehingga dapat dikonsumsi saat melakukan diet tanpa takut gemuk.

  1. Karbohidrat kompleks

Khasiat edemame untuk diet terakhir didapat karena kedelai jepang itu mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu mengecilkan lingkar perut tanpa menggunakan obat pelangsing. Banyaknya Bahaya Minum Obat Pelangsing harus dihindari oleh pelaku diet sehat saat ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Info Diet