25 Bahaya Minum Obat Pelangsing Yang Wajib Untuk Diketahui

Bahaya Minum Obat Pelangsing harus benar-benar anda perhatikan agar tidak akan mengancam tubuh anda. Salah satu cara menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan diet . Diet merupakan salah satu penurunan berat badan dengan cara mengatur pola makan serta diimbangi dengan aktivitas olahraga. Akan tetapi seringkali , mereka salah dalam melakukan diet . Ada beberapa orang yang sangat terobsesi menjadi kurus sehingga sama sekali tidak makan , dan melakukan diet ekstrim. Keinginan untuk mendapatkan berat badan secara instan , mereka rela untuk mengorek banyak uang untuk membeli produk pelangsing tertentu.  Dimana obat pelangsing yang dikonsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan masalah-masalah baru pada tubuh yang mengakibatkan kondisi tubuh menjadi buruk dan tidak sehat. Berikut berbagai efek penggunaan obat pelangsing yang tidak baik untuk tubuh.

ads

Baca juga :

Bahaya Minum Obat Pelangsing

1. Metabolisme tidak Terkontrol

Setiap hari tubuh mengkonsumsi makanan untuk proses metabolisme  , dimana semua makanan yang masuk akan di bakar atau dijadikan kalori untuk melakukan aktivitas. Akan tetapi jika mengkonsumsi obat akan mempengaruhi proses metabolisme tersebut menurun dan tidak terkontrol . Ada organ tertentu yang menolak adanya obat tersebut , misalnya saja pada organ ginjal , organ ginjal akan mengalami kerusakan karena bekerja terlalu keras , selain pada ginjal masalah yang lainnya pun juga terjadi pada organ jantung dan hati. Maka penggunaan obat pelangsing akan mempengaruhi proses metabolisme yang akan merusak tubuh. (Baca juga : Diet Rendah Protein )

2. Ketergantungan

Jika kita mulai mengkonsumsi obat pelangsing memang berat badan kita turun , akan tetapi jika sekali saja berhenti meminumnya maka akan menyebabkan tubuh kita akan lebih gemuk dari sebelumnya. Hal tersebutlah yang mengakibatkan kita untuk terus mengkonsumsi obat tersebut yang akhirnya menjadi ketergantungan. Cara kerja obat pelangsing ini sama halnya saat kita mengkonsumsi alkohol, rokok ataupu narkoba. Kandungan penthremine yang ada didalam obat pelangsing yang akan menyebabkan kecanduan . (Baca juga : Cara Diet Dengan Buah Buahan )

3. Jantung Bermasalah

Dalam penggunaan obat , pasti terdapat efek sampingnya. Salah satu efek samping dari obat pelangsing ini yaitu dapat menimbulkan detak jantung berdetak semakin cepat , dan cenderung tidak teratur. Hal tersebut disebabkan karena penyaringan obat di dalam darah yang menyebabkan jantung bekerja keras untuk memompakannya lebih kuat.Kandungan penthermine di dalam obat pelangsinglah yang menyebabkab jantung berdebar semakin cepat.(Baca juag : Bahaya Diet Air Putih )

4. Kekurangan Nutrisi

Obat pelangsing akan mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi , karena di dalam obat tersebut mengandung phentermine dan topiramate yang berperan dalam mengurangi nafsu makan . Jika kita mengkonsumsinya secara terus menerus maka tubuh sangat sedikit menerrima asupan nutrisi yang digunakan sebagai proses metabolisme. Maka seseorang yang mengkonsumsi obat pelangsing cenderung cepat lelhh saat melakukan aktivitas. (Baca juga : Diet yang Baik Untuk Pria )

5. Pusing dan Sakit Kepala

Beberapa obat pelangsing mengandung zat Chromium yang menyebabkan sakit kepala dan pusing . Chromium tidak disarankan dikonsumsi oleh seseorang yang mempunyai riwayat depresi, gangguan hati , diabetes, skizofrenia dan gangguan kecemasan ,karena justru akan memperburuk kesehatannya. (Baca juga : Cara Diet Madu )

6. Alergi

Efek samping atau bahaya dari mengkonsumsi obat tertentu yaitu mnyebabkan elergi. Pada obat pelangsing tertentu seseorang yang tidak cocok mengkonsumsinya maka akan timbul alergi seperti kulit terasa terbakar, ataupun muncul bintik-bintik merah di permukaan kulitnya. Alergi tersebut juga akan memperburuk kulit jika tidak segera diatasi dengan benar , akan terjadi iritasi ataupun dapat memicu kanker kulit. (Baca juga : Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Diet )


7. Sering BAB

Salah satu kandungan yang terdapat di obat pelangsing yaitu orlistat yang akan menyebabkan kita buang air besar terlalu sering. Jika kita mengkonsuumsinya secara terus menerus maka akan menyebabkan diare yang berkelanjutan yang akan menyebabkan tubuh dehidrasi , merasa lelah , lemah , letih dan lesu saat melakukan aktivitas. Selain itu kondungan ini juga mengakibatkan sering buang gas dan kram perut. (Baca juga : Diet Matahari)

8. Insomnia

Salah satu efek yang diberikan dari obat pelangsing ini yaitu adanya gangguan tidur yang mengakibatkan insomnia.Kandungan di dalam obat pelangsing yang mengakibatkan insomnia yaitu phentermine.Phentermine merupakan amphetamine yang beresiko mnyebabkan kecanduan. Sehingga seseorang yang mengkonsumsi obat ini akan merasa resah dan gelisah.(Baca juga : Persepsi Yang Salah Tentang Diet )

10. Mood swing

Seseorang yang mengkonsumsi obat pelangsing ini cenderung perilakunya berubh-ubah seperti layaknya bipolar. Terkadang merasa senang dan tiba-tiba sedih . Kandungan yang menyebabkan moodnya berubah-ubah yaitu chromium. Selain itu kandungan tersebut juga akan mengakibatkan sakit kepala dan insomnia. (Baca juga : Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet )

11. Kejang

Didalam obat pelangsing terdapat beberapa kandungan , salah satunya yaitu Sibutramin yang akan mengakibatkan seseorang mengalami kejang . Jika kita biarkan maka nantinya akan lebih memperburuk keaadaan. Selain itu juga akan mengakibatkan masalah pada jantung. (Baca juga : Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet )

12. Hipertensi

Kandungan Sibutramin diatas tidak hanya menyebabkan kejang , juga akan menyebabkan tekanan darah tinggi atau sring kita sebut hipertensi. Selain kandungan sibutramin ,kandungan ephedra juga merupakan pemicu tekanandarah menjadi tinggi , ehphedra ini sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh anak-anak yang akan berujung pada keracunan.(Baca juga : Fakta dan Mitos Diet )

13. Nyeri Sendi

Bahaya Minum Obat Pelangsing yang selanjutnya adalah nyeri pada sendi. Kandungan phenytoin yang ada di dalam obat pelangsing akan menyebabkan nyeri sendi yang sangat hebat. Jadi tidak jarang seseorang yang mengkonsumsi obat ini tetap terlihat aktif saat melakukan aktivitas , mereka cenderung berdiam diri karena merasa nyeri saat tubuhnya digerakkan.Maka dianjurkan seseorang yang mengkonsumsi obat plangsing diimbangi dengan konsumsi kalsium yang cukup , agar mengurangi nyeri tersebut. (Baca juga : Bahaya Gorengan untuk Diet )

14. Kram Perut

Masalah pencernaan sering timbul saat kita mengkonsumsi obat-obatan , apalagi jenis obat kimia . Di dalam obat pelangsing ini terdapat efek pada perut kita.Biasanya selang beberapa menit atau jam perut kita akan terasa kram. Kram perut ini di sebabkan adanya kandungan orlistat. (Baca juga : Cara Diet Saat Hamil Muda  )

15. Gagal Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang terpenting  di dalam tubuh , karena berperan dalam proses penyaringan . Ginjal ini menyaring komponen yang masuk di dalam tubuh , jika kita mengkonsumsi obat-obatan salah satunya obat pelangsing maka akan menyebabkan ginjal kita bekerja sangat keras untuk menyaringya . Hal yang terjadi jika ginjal bekerja terus menerus tanpa istirahat maka akan terjadi kerusakan yang biasanya memicu penyakit gagal ginjal. (Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Pola Diet )

16. Masalah Psikososial

Seringkali saat kita melakukan program penurunan berat badan , kita mengalami stress karena berat badan tidak turun-turun . Stress tersebut juga dipicu karena mengkonsumsi obat-obat pelangsing , karena di dalam kandungan obat tersebut mmempengaruhi emosi seseorang dan juga bisa menimbulkan depresi.

17. Tubuh Sulit Menyerap Vitamin

Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh karena digunakan penunjang fungsi kerja setiap organ tubuh. Jenis vitamin tertentu ada yang arut di dalam air dan ada yang larut di dalam lemak . Akan tetapi jika kita mengkonsumsi obat pelangsing untuk diet maka yang terjadi adalah tubuh akan sulit menyerap vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut juga akan menyebabkan menurunnya kinerja organ-organ tertentu di dalam tubuh. (Baca juga : Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet )

18. Sering Buang Gas

Obat pelangsing mengandung Orlistat yang akan menyebabkan kita sering buang gas. Meski ada beberapa pendapat saat kita membuang gas maka racun di dalam tubuh juga akan terbuang hal tersebut tidaklah selalu benar , karena buang gas disini disebabkan adanya pengaruh obat pelangsing tersebut.

19. Kelelahan Otot

Kelelahan otot ini disebabkan adanya kandungan Phenytoin di dalam obat pelangsing. Dimana phenitoin ini menyebabkan tulang menjadi lemahh yang akan berefek pada otot yang tidak digerakan karena mengalami tulang terrsebut. Selain itu kandungan ini juga mampu menyebabkan anemia , pendarahan dan penyakit kuning. (Baca juga : Cara Diet Tanpa Nasi )

20. Perasaan Gelisah

Selain perasaan stres dan depresi , obat pelangsing ini juga akan menimbulkan perasaan gelisah yang berkepanjangan. Mereka yang biasanya mengkonsumsi obat ini akan sering melamun dan merasa bingung meskipun sedang tidak dihadapkan pada suatu masalah tertentu. (Baca juga : Miniman Sehat untuk Diet )

21. Menapouse Dini

Seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan kimia , akan cenderung terlihat tua sebelum usia nya . Karena pengaruh dari obat tersebut yang memberikan efeksamping seperti kulit lebih keriput , fungsi orrgan mengalami kemunduran dan lain sebagainya.

22. Dehidrasi

Salah satu efek dari penggunaan obat pelangsing ini yaitu menyebabkan tubuh kekuranan cairan , karena tubuh selalu mengeluarkan cairan untuk mengeluarkan obat tersebut dari hasil kerja ginjal . Hal ini akan membuat tubuh kekurangan cairan sehingga terjadi dehidrasi yang berkepanjangan. (Baca juga : Cara Diet Buah Apel )

23. Siklus Menstruasi pada wanita tidak teratur

Menstruasi merupakan siklus yang setiap bulannya dialami oleh wanita. Jika kita mengkonsumsi ini akan berefek pada siklus menstruasi tersebut , karena organ reproduksi kita mengalai perlambatan maupun percepatan saat bekerja. Maka dianjurkan bbagi dokter , saat menstruasi kita tidak boleh mengkonsumsi jenis obat apapun. (Baca juga : Pantangan Diet Golongan Darah A )

24. Menyebabkan Kanker

Beberapa obat pelangsing mengandung phenolphthalein yang merupakan obat pencahar , yang akan menyebabkan timbulnya kanker .Kandungan ini sangat berbahaya bagi tubuh kita , karena sebenarnya kandungan phenolphthalein tidak diperbolehkan diedarkan apalagi dikonsumsi seseorang. (Baca juga : Manfaat Buah Lemon untuk Diet )

25. Menyebabkan Kematian

Jika kita terus menerus mengkonsumsi obat pelangsing ini akan berdampak terhadap munculnya berbagai penyakit serius yang nantinya akan berujung pada kematian. Salah satunya kandungan yang menyebabkan kematian yaitu terdapat kandungan Epedhra .

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan berbagai masalah-masalh yang muncul saat kita mengkonsumsi obat pelangsing. Pertimbangkan terlebih dahulu jika kita akan mengkonsumsi jenis-jenis obat pelangsing , melihat dari bahay-bahay tersebut. Karena kesehatan lebih penting daripada penampilan . (Baca juga : Menu Diet Food Combining )

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Pantangan