15 Cara Diet Aman Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Tubuh  langsing dan ramping dengan berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap wanita saat ini. Upaya apaun pasti akan mereka lakukan demi mendapatkan tubuh langsing dan ramping, seperti yang mereka dambakan. Sedikit saja lemak yang terlihat pada bagian tubuh, membuat para wanita pusing dan ingin segera menghilangkannya. Tidak hanya menyebabkan tubuh jadi terlihat gendut dan berat badan yang kurang ideal, tetapi juga berimbas pada kesehatan. Banyak sekali masalah kesehatan yang timbul dari timbunan lemak ditubuh jika terus dibiarkan.

ads

Oleh karena itu, banyak sekali metode yang mereka lakukan, mulai dari yang kurang sehat hingga yang menyehatkan. Tak jarang ada saja wanita yang melakukan metode sedot lemak atau minum obat-obatan. Hal itu dilakukan karena metode tersebut dapat menghilangkan lemak ditubuh dalam waktu yang sangat singkat. Dengan melakukan metode tersebut maka dalam sekejap mereka akan mendapatkan tubuh yang indah tanpa harus bersabar menunggu waktu yang lama. Apalagi jika wanita tersebut memiliki riwayat obesitas. Namun perlu kamu ketahui bahwa cara- cara tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatanmu.

Artikel terkait:

Walaupun diet cara- cara tersebut memang mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun memiliki segudang bahaya yang dapat mengganggu kesehatanmu. Dan, tidak semua orang cocok dengan cara- cara tersebut. Sejumlah bahaya seperti gangguan kesehatan bahkan kematian dapat terjadi. Dengan adanya bahaya yang dapat muncul karena diet yang kurang sehat walaupun dengan hasil yang memuaskan, sebaiknya pilihlah diet sehat yang alami dan tidak memiliki efek samping apapun. Dan agar kamu lebih paham mengenai diet aman dan sehat yang benar dan sesuai, berikut adalah cara- cara mudah yang dapat kamu aplikasikan dalam menjalankan diet amanmu agar berhasil dan berjalan dengan lancar.

Cara- Cara Diet Aman

Berikut adalah beberapa cara diet aman tanpa resiko:

  1. Timbang Terlebih Dahulu

Untuk menjalani diet sehat yang tidak berefek samping dan banyak manfaatnya, kamu diharuskan menimbang berat badanmu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengukur sebanyak apa kadar lemak yang ada di dalam tubuhmu. Selain itu agar kamu lebih merasakan hasil dari pencapaian dietmu.

2. Perhatikan Kesehatan Tubuh

Sebelum kamu menjalani diet yang sehat kamu diwajibkan untuk berkonsultasi dulu ke dokter. Karena, selain untuk mengetahui jenis diet apa yang cocok untukmu melalui kondisi kesehatanmu saat itu, segala macam bentuk diet apapun akan lebih cocok dijalani oleh orang yang memiliki kesehatan normal dan belum pernah mengalami penyakit kronis apapun. Selain itu, sebelum kamu memulai diet, carilah banyak informasi dan cari tahu bagaimana diet ini akan mengubah tubuhmu. Selain itu, persiapkan dirimu apakah benar-benar berubah secara drastis.

3. Perhatikan Selalu Asupanmu

Ketika kamu menjalani diet sehat, perlu diingat bahwa kamu harus selalu memperhatikan serta mencermati makanan ataupun minuman apa saja yang boleh dikonsumsi serta tidak boleh dikonsumsi. Salah satunya yaitu minuman berenergi. Berhati- hatilah dengan minuman yang satu ini ketika kamu sedang menjalankan diet sehat demi membakar lemak secara efektif. Selain tidak baik untuk kesehatanmu, minuman yang satu ini akan menggagalkan proses dietmu.


4. Selalu Sarapan

Sarapan adalah awal dari hidup sehari- hari. Tubuh kita membutuhkan nutrisi penting setiap hari termasuk untuk membakar lemak kita membutuhkan nutrisi, oleh karena itu selalu sarapan dan jangan pernah berpikir bisa menurunkan berat badan tanpa sarapan. Sarapan yang dianjurkan adalah sarapan ideal dengan nutrisi yang lengkap namun rendah kalori, sehingga tubuh bisa membakar lemak dengan baik.

Kunjungi Juga:

5. Minum Air Putih

Air putih dibutuhkan tubuh bukan hanya untuk menjaga tubuh serta memenuhi asupan jumlah ion dan mineral saja agar terhindar dari dehidrasi, tetapi juga membantu tubuh untuk proses detoksifikasi serta proses metabolisme dan pembakaran lemak dibagian perut, paha dan betis. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dan teratur maka akan membantu dalam proses memperlambat penuaan dini serta mengencangkan kulit.

6. Perhatikan Asupan Nutrisi

Bukan hanya makanan berserat saja yang bisa menjadi pendukung dalam proses diet sehatmu, namun asupan nutrisi dari makanan juga perlu diperhatikan. Seperti kandunga vitamin, protein dan asam omega-3 yang harus kamu perhatikan. Awalnya memang akan berat untuk memenuhi nutrisi tersebut, namun kamu harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan- makanan sehat dengan begitu kamu akan merasakannya.

7. Tidur yang Cukup

Tidur membantu membakar lemak tubuh yang menumpuk, asal tidak berlebihan. Dalam keadaan terlelap, kamu bisa membakar kurang lebih sekitar 45 hingga 115 kalori per jamnya. Hal ini tergantung dari berta badan serta timbunan lemak yang ada ditubuhmu tak terkecuali di bagian paha. Sehingga dengan mengatur waktu tidur yang cukup, maka kamu dapat membakar lemak di tubuhmu secara efektif tanpa harus capek- capek melakukan hal- hal yang berat.

8. Hindari Stress

Lemak yang menumpuk di bagian tubuh akan sulit dibakar meski kamu menerapkan beberapa jenis olah raga ataupun mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membakar lemak. Karena tubuh yang stress justru akan mengganggu proses metabolisme serta pembakaran lemak tubuh. Jadi sebisa mungkin untuk lebih rileks dan santai, cobalah untuk menghindari stress.

Kunjungi Juga:

9. Konsumsi Sayuran Hijau

Banyak- banyaklah untuk mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, buncis dan sawi memiliki banyak sekali serat yang baik untuk kesehata tubuhmu terutama proses pencernaanmu. Selain itu sayuran hijau membantu membakar lemak dalam tubuh secara efektif. Terutama sangat bagus untuk membakar lemak di bagian lengan, betis, paha dan perut.

10. Hindari Makanan Berkalori Tinggi

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka kamu juga harus memperhatikan nutrisi untuk tubuhmu. Tubuh yang indah di dapatkan dengan usaha yang sangat keras. Salah satunya adalah dengan menghindari semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Makanan mengandung kalori tinggi akan membuat pembakaran lemak dan tubuh menjadi sangat lambat termasuk lemak yang menumpuk pada tubuhmu saat kamu menjalankan diet sehat.

11. Disiplin dan Konsisten

Ketika kamu menjalani diet sehat selan harus bersabar karena tidak seperti diet ekstrim ataupun metode dengan sedot lemak dan mengkonsumsi obat- obatan jenis tertentu, diet sehat memakan waktu yang agak sedikit lebih lama. Jadi pastikan bahwa kamu menjalankan diet ini dengan disiplin dan konsisten. Hal ini bertujuan agar program diet yang kamu jalankan berhasil dengan baik dan sukses.

Artikel terkait:

12. Konsumsi Kacang Pistachio

Mungkin belum semua orang sering mendengar nama kacang pistachio. Kacang jenis ini biasanya tumbuh di daerah yang kering dan tandus seperti iran. Kcang ini relative lebih mahal dari jenis kacang- kacangan yang lain. Kandungan protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein terbaik yang memiliki kadar kalori sangat rendah. Jadi jika kamu memiliki uang lebih, tidak ada salahnya mencoba makanan ini sebagai salah satu cara diet yang aman.

13. Mengkonsumsi Makanan Pembakar Lemak Tubuh

Untuk membuat dietmu berjalan lebih efektif, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang dapat membakar lemak di tubuhmu, berikut adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi :

Buah berry : Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu blueberry, raspberry dan strawberry. Selain jenis buah berry ini mengandung rendah kalori dan flavanoiid, buah ini memiliki kandungan oksidan yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas

Telur : Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet

Yoghurt : Merupakan salah satu jenis makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%

The hijau : Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritasorang adalah teh, namun jenis the yang efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu teh hijau atau biasa disebut teh olong. The hijau mampu meningkatkan proses metabolism dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat.

14. Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Makanan kemasan memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garamnya yang sangat banyak. Selain sangat tidak baik untuk kesehatanmu karena dapat menyebabkan beberapa penyakit dalam tubuhmu, mengkonsumsi makanan kemasan dapat merusak proses diet sehat yang sedang kamu jalani. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang diet sehat.

15. Tidak Menyerah

Penyakit psikologis yang sering kali dihadapi oleh banyak orang ketika menjalani diet yaitu mudah menyerah karena ingin cepat melihat hasil dalam hitungan hari atau minggu. Padahal normalnya berat badan bisa turun dalam waktu sebulan yaitu antara3 hingga 5kg. Jadi bersabarlah dan jangan mudah menyerah.

Baca Juga:

Itulah berbagai macam cara  diet sehat yang sangat mudah yang dapat kamu aplikasikan selama menjalani diet sehat. Jika kamu mengaplikasikannya dengan baik maka diet yang kamu jalani akan berjalan dengan baik dan lancar. Berat badanmu pun akan semakin berkurang, tidak seperti orang kebanyakan ketika mereka menjalani diet, berat badan mereka justru semakin bertambah bukannya berkurang. Hal ini dikarenakan pengaturan pola makan yang kurang tepat sehingga mempengaruhi berat badan dan penumpukan lemak berlebih pada tubuh. Oleh karena itu ketika menjalani diet sehat kamu harus tetap cermat dalam memperhatikan setiap asupan yang kamu makan.

 Dengan begitu kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat dan indah. Semua lemak di tubuhmu akan lebih efisien terbakar ketika kamu mengaplikasikan cara- cara tersebut dengan benar saat diet. Untuk menunjang keberhasilan dietmu, perbanyaklah melakukan gerakan olahraga ringan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan tentunya. Seperti jogging ataupun bersepeda yang selain menyehatkan, olahraga dengan gerakan- gerakan sederhana yang kamu lakukan ini akan semakin membantu mempercepat proses pembakaran lemak di tubuhmu secara efisien. Selain melakukan olah raga ringan, kamu juga dianjurkan untuk tidak kebanyakan tidur saat menjalankan diet sehat, usahakan tidurmu cukup dan tidak lebih dari 6 hingga 8 jam per harinya. Dan selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!