3 Khasiat Gandum Untuk Diet Aman Dan Cepat

Gandum merupakan salah satu tanaman serelia yang sering dikonsusi masyarakat Indonesia. Gandum atau yang memiliki nama lati Triticum merupakan tanaman yang masuk dalam suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum berasal dari daerah subtropis. Tanaman serelia yang masuk dalam family Poaceae itu merupakan bahan makanan pokok untuk lebih dari sepertiga populasi di dunia. Selain sebagai bahan makanan gandum bentuk karbohidrat utamanya atau komponen lain gandum juga dapat diolah sebagai bahan-bahan industri lainnya yang penting.

ads

Biji gandum terdiri dari tiga lapisan yaitu germ, dedak, dan endosperm. Sebelum dikonsumsi biasanya gandum diproses terlebih dahulu menjadi tepung gandum yang memiliki bnayak khasiat seperti menurunkan berat badan. Di Indonesia tepung gandum lebih dikenal dengan nama tepung terigu. Keduanya memang sama-sama berasal dari gandum. Tapi sebelum kita menjelaskan khasiat gandum untuk diet, tidak ada salahnya kita mengetahui perbedaan tepung gandum dan tepung terugu. Berikut perbedaan tepung gandum dan tepung terigu:

  • Tepung terigu berwarna putih biasa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan seperti kue, mie, dan roti. Namun walaupun sama-sama berasa dari biji gandum, tepung terigu dibuat dari bagian tertentu biji gandum saja atau tidak menggunakan biji gandum utuh. Tepung terigu dibuat dari bagian dalam biji gandum atau biasa disebut (wheat endosperm). Sehingga kadar elastisitasnya lebih tinggi dan mudah dioalah menjadi berbagai jenis makanan.
  • Tepung gandum biasanya berwarna lebih kecoklatan dan sedikit lebih kasar dibandingkan tepung terigu. Itu karena proses pembuatan tepung terigu terdiri dari semua lapisan biji gandum termasuk kulitnya yang berwarna kecoklatan dan bertekstur keras. Terpung gandum juga lebih kaya serat dan mineral daripada tepung terigu. Kandungan serat yang banyak terdapat pada dedak atau kulit atau sering juga disebut sekam dan mineral yang terdapat pada bagian germ biji gandum ikut diproses menjadi tepung. Oleh kararena itu kandungan serat tepung gandum pencapai 3-4 kali teung terigu dan lebih banyak mengandung nutrisi. Itu jugalah salah satu sebab khasiat gandum untuk diet atau meurunkan berat badan.

Nutrisi Gandum

Biji gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, diantaranya:

  1. Karbohidrat 60-80%
  2. Protein 10-20%
  3. Lemak 2-2,5%
  4. Mineral 4-4,5%
  5. Vitamin

Sedangkan berdasarkan komponen atau lapisannya biji gandum terdiri dari 2-3% germ, 13-17% dedak atau kulit, 80-85% endosperm atau bagaian dalam biji. Biji gandum memiliki bentuk seperti padi atau serelia lainnya yaitu oval. Namun ukurannya lebih besar dibanding pagi yang biasa ditanam di Indonesia yaitu memiliki panjang 6-8 mm dan diameter 2-3 mm.

Manfaat Gandum Untuk Diet

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, gandum berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Khasiat gandum untuk diet tidak lepas dari banyaknya kandungan dalam biji gandum yang bermanfaat untuk tubuh kita seperti serat, karbohidrat, mangan, vitamin, mineral dan lainnya. Berikut beberapa kandungan gandum dan fungsinya:


  1. Serat

Serat pada gandum dapat membantu memperlancar penceranaan. Serat fiber yang terdapat pada kulit gandum juga dapat dicerna dalam waktu yang lambat oleh manusia sehingga tubuh tidak cepat terasa lapar. Biasanya akan terasa saat kita makan roti gandum. Rasa kenyang akan lebih lama dibandingkan kita makan roti dengan bahan tepung terigu dan lainnya.

  1. Karbohidrat

Walalupun sedang diet kita tetap membutuhkan karbohidrat. Karena ada Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat seperti kurangnya produksi energy sehingga tubuh kita terasa lemas. Mengkonsumsi karbohidrat yang terdapat dalam biju gandum akan menaga berat badan ideal.

  1. Asam Laktat

Asam laktat pada biji gandum baik untuk kesehatan usus besar. Sehingga mampu memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Dengan begitu diet dengan mengkonsumsi gandum dapat dilakukan sebagai alternative mengganti nasi saat diet. Atau sebagai salah satu Cara Diet Tanpa Makan Nasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Info Diet