10 Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat yang Harus di Waspadai dan Wajib di Ketahui

Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat menjadi hal yang menakutkan pula apabila menjalani diet tanpa karbohidrat. Sekarang banyak cara seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Selain untuk menambah percaya diri, dengan berat badan yang ideal tubuh akan tetap sehat. Salah satu diet yang sangat ampuh menurunkan berat badan adalah diet tanpa karbohidrat. Namun sebelum menjalankan diet, ada baiknya anda mengetahui bahaya yang akan terjadi akibat diet ini. Supaya anda mengerti dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

ads

Baca Juga :

Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat

Karbohidrat merupakan kebutuhan utama tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Diimbangi dengan asupan vitamin, mineral, dan serat yang berasal dari sayuran atau buah akan melengkapi kebutuhan tubuh anda. Namun apabila anda melakukan diet karbohidrat anda harus mengetahui bahaya dari diet tanpa karbohidrat. (Baca Juga :  Cara Diet Ibu Menyusui )

1. Mudah Pusing dan Lelah

Sebagai sumber energi utama, karbohidrat memegang peran yang sangat penting bagi kelancaran metabolisme dalam tubuh. Namun apa jadinya apabila kita mengurangi jumlah asupan karbohidrat dari hari biasanya maka hal awal yang terjadi adalah mudah pusing dan juga lelah. Sebaiknya tetap cukupi kebutuhan energi dalam tubuh dengan makanan yang memiliki serat tinggi, sehingga tubuh akan tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. (Baca Juga :  Pantangan Diet Pisang )

2. Susah Buang Air Besar

Apabila anda mengurangi jumlah asupan makanan yang mengandung karbohidrat, berarti anda juga akan kehilangan nutrisi lainnya seperti serat dan sebagainya. Maka yang akan terjadi adalah pencernaan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan. Bahaya dari diet tanpa karbohidrat akan menyebabkan susah untuk buang air besar. Hal yang harus anda lakukan yaitu menyeimbangkan nutrisi yang masuk dalam tubuh dan perbanyak mengkonsumsi air putih. (Baca Juga :  Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet )

3. Penurunan Daya Ingat

Dengan mengurangi porsi makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi anda akan mengalami penurunan daya ingat yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan karbohidrat juga merupakan hal penting yang dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Apabila perut kita kenyang dengan karbohidrat dan nutrisi lainnya kita akan semakin fokus. Namun apabila anda akan tetap melakukan diet tanpa karbohidrat ini tapi anda sudah mengetahui apa bahayanya, imbangi dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter dalam sehari. Maka anda akan tetap fokus dengan aktivitas anda. (Baca Juga :  Manfaat Buah Lemon untuk Diet )

4. Bau Mulut

Diet tanpa karbohidrat adalah diet yang tidak memasukkan karbohidrat dalam daftar menu makanan. Karena menganggap bahwa karbohidrat dapat menyebabkan berat badan semakin naik. Namun perlu diingat bahwa karbohidrat juga sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas. Jadi dampak yang akan muncul dari diet tanpa karbohidrat adalah bau mulut. (Baca Juga :  Pantangan Dalam Diet )

5. Fungsi Ginjal Terganggu

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menyerap racun yang masuk kedalam tubuh dan mengeluarkannya bersama dengan urine. Apabila anda melakukan diet tanpa karbohidrat, maka anda akan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang besar. Karena protein juga berfungsi sebagai energi cadangan dalam tubuh. Jadi anda akan melakukan diet tanpa karbohidrat ini secara terus menerus yang terjadi anda akan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang berlebih atau keluar dari aturan sebenarnya. Yang akan terjadi ginjal akan semakin berat mengolah protein yang masuk dalam tubuh dan akan mengganggu fungsi dari ginjal. (Baca Juga :  Cara Diet Buah Apel )

6. Meningkatnya Kadar Kolesterol

Diet tanpa karbohidrat berfokus pada pengurangan jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh bahkan menghilangkan karbohidrat dari daftar menu makan. Sehingga untuk mencukupi asupan energi dalam tubuh, anda akan lebih banyak mengkonsumsi lemak dan protein. Namun hal yang akan terjadi saat anda terus menerus mengganti karbohidrat dengan lemak atau protein, kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat dan penyakit jantung segera menyerang anda. Jadi imbangi dengan konsumsi vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh. (Baca Juga :  Makanan Diet Rendah Kalori )

7. Osteoporosis atau Pengeroposan Tulang

Diet tanpa karbohidrat secara terus menerus akan menyebabkan anda mengganti asupan karbohidrat dengan protein yang sangat tinggi. Lama-kelamaan yang terjadi adalah penumpukan protein dalam tubuh dan akan mengeluarkan zat asam dalam tubuh secara berlebih. Zat asam ini pula memicu kalsium dalam tulang keluar dan menyebabkan tulang kekurangan kalsium. Kalsium sendiri berfungsi untuk memperkuat tulang, dan apabila kalsium hilang maka tulang akan mengalami osteoporosis atau pengoroposan tulang. (Baca Juga :  Cara Diet Gula )

7. Menaikkan Berat Badan

Diet tanpa karbohidrat akan membuat berat badan anda akan naik secara drastis. Kenapa bisa seperti itu? Karena secara terus-menerus kita akan menghilangkan karbohidrat dari daftar menu sehari-hari. Jadi nanti pada akhirnya kita akan mengkonsumsi karbohidrat kembali itu akan mudah membuat berat badan semakin naik. Jadi lakukanlah secara benar dan tidak terus-menerus. Setelah target berat badan tercapai segera hentikan program diet tanpa karbohidrat. Lalu untuk tetap menstabilkan berat badan imbangi dengan makanan yang teratur dan benar. (Baca Juga : Menu Diet Food Combining )

8. Susah Untuk Tidur

Karena diet ini menghilangkan karbohidrat dari daftar menu makan, maka yang terjadi kita akan merasakan lapar. Sehingga saat makan malam hanya dengan sereal maka di malam hari anda akan susah untuk tidur karena perut kosong dan keroncongan. (Baca Juga :  Cara Diet Tanpa Makan Nasi )

9. Sakit Kepala

Diet ini menekankan pada tidak mengkonsumsinya karbohidrat pada setiap harinya. Jadi anda akan dituntut lebih banyak mengkonsumsi protein dan juga lemak. Sehingga anda kekurangan jumlah asupan karbohidrat anda akan lebih terlihat lemas dan juga sakit kepala. Jadi ketahui terlebih dahulu bahaya yang akan timbul dari diet tanpa karbohidrat ini. (Baca Juga :  Tips Diet Tanpa Makan Nasi )

10. Dehidrasi 

Bahaya diet tanpa karbohidrat yang terakhir adalah kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Kenapa bisa seperti itu? Karena saat tubuh mengalami metabolisme, air juga akan ikut keluar melalui air seni dan juga keringat. Saat orang lain diet dengan cara menurunkan kadar lemak, namun dalam diet ini dianjurkan untuk menghilangkan karbohidrat. Sehingga air dalam tubuh akan sering lebih keluar dari tubuh dan menyebabkan dehidrasi. (Baca Juga :  Tips Diet OCD Untuk Pemula )


Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi 

Dalam melakukan diet tanpa karbohidrat, anda harus menjauhi beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti berikut :

1. Gula 

Gula harus dihindari saat melakukan diet tanpa makan karbohidrat, karena gula memiliki sekitar 26,67% setiap 100 gram. Gula harus dihilangkan dari menu makanan setiap hari karena dapat menyebabkan beberapa penyakit mematikan seperti diabetes. (Baca Juga :  Cara Diet Karbohidrat )

2. Tepung Sagu 

Tepung sagu memiliki sekitar 20,67% setiap 76 gram. Hal ini dapat mencukupi asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Sereal 

Sereal juga dapat mencukupi asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, karena sereal mengandung 20% setiap 75 gram. (Baca Juga :  Pantangan Diet Golongan Darah A )

4. Jagung 

Jagung juga termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Dalam 74 gram jagung memiliki karbohidrat sebesar 19,73%.

5. Mie Instan 

Mie Instan juga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh, dalam 71 gram mie instan memiliki 18,93% karbohidrat. (Baca Juga :  Pantangan Diet Golongan Darah B )

6. Beras 

Beras juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Beras memiliki sekitar 7,2% karbohidrat setiap 27 gram beras.

Baca Juga :

Jadi itulah bahaya dari diet tanpa karbohidrat yang harus anda ketahui saat akan melakukan jenis diet ini. Selain mengetahui bahaya dari diet ini, anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang mengandung karbohidrat tinggi. Agar diet anda berjalan lancar dan menurunkan badan secara ampuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet