7 Manfaat Diet Jagung Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Diet merupakan salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang dalam gaya hidup sehatnya. Diet secara definisi merupakan jumlah makanan yang dikonsumsi oleh makhluk hidup seperti manusia.

ads

Dalam menjalani aktivitas diet, pengaturan pola makan merupakan hal yang harus diperhatikan pada berbagai jenis diet yang efektif seperti cara diet atkins, diet paleo, hingga diet GM yang sangat populer belakangan ini sekalipun.

Dalam setiap jenis diet yang dijalani tentu mengatur menu makanan merupakaan hal yang akan menentukan bagaimana hasil dari sebuah aktivitas diet.

Belakangan ini, muncul sebuah metode diet baru yang populer dilakukan oleh salah satu artis girl band korea yakni Park Bom dari grup musik 2NE1. Dalam sebauh wawancara, Park Bom yang memilki paras wajah sangat cantik dengan bodi tubuh yang ideal tersebut memaparkan bawah salah satu kunci dari bentuk tubuhnya saat ini adalah kebiasaan untuk mengkonsumsi jagung dalam aktivitas diet yang dijalaninya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat diet jagung yang perlu dipahami dalam ulasan di bawah ini.

  1. Sebagai pengganti nasi

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari salah satu jenis diet yang efektif dalam pengalaman Park Bom adalah digunakan sebagai pengganti nasi. Nasi merupakan salah satu komponen makanan yang kerap kali tidak dikonsumsi atau setidaknya dibatasi jumlahnya dan diganti dengan makanan lain untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat harian bagi tubuh.

  1. Cocok untuk penderita diabetes

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari konsumsi jagung dalam aktivitas diet adalah cocok untuk pemanis bagi penderita diabetes. Meskipun jagung memiliki rasa yang manis, kandungan gula di dalamnya tidak menyebabkan peningkatan gula di dalam darah sehingga aman sebagai menu det untuk penderita diabetes. Bahkan sekarang ini ada gula dari jagung yang dapat menggantikan gula tebu bagi para penderita diabetes.

  1. Untuk membantu mengatasi konstipasi

Masalah pencernaan merupakan hal yang kerap kali terjadi pada setiap individu yang sedang menjalani aktivitas diet. Jagung sebagai salah satu sumber karbohidar kompleks dengan kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya dalam membantu mengatasi salah satu permasalahan pencernaan dalam aktivitas diet yakni sembelit atau konstipasi.

  1. Membantu menjaga kesehatan mata

Manfaat diet jagung lainnya yang baik untuk kesehatan adalah membantu dalam menjaga kondisi kesehatan pada mata. Bagian dari kepala yang memiliki fungsi sebagai indera penglihatan tersebut sangat penting untuk dijaga agar selalau dalam kondisi yang sehat mengingat perannya yang sangat vital bagi tubuh.

  1. Baik untuk menjaga kesehatan jantung

Selain dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, manfaat diet lain yang juga dapat diperoleh dari jagung adalah membantu dalam menjaga kondisi kesehatan jantung dimana jantung merupakan bagian vital dalam hidup manusia untuk dapat menjaga setiap organ berfungsi dengan normal.


  1. Memberikan efek relaksasi

Manfaat lain yang dapat dirasakan ketika mengkonsumsi jagung adalah membantu untuk memberikan efek relaksasi sehingga mencegah terjadinya depresi pada mereka yang sedang menjalani aktivitas diet dimana banyak makanan enak yang dibatasi.

  1. Mencegah penyakit divertikulosis

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas tersebut, jagung juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya penyakit divertikulosis dalam tubuh. Divertikulosis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada kantung kantung sepanjang saluran pencernaan yang disebut dengan divertikula.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat diet jagung yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu bentuk diet yang membantu menjaga berat badan dan menjadikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan