4 Cara Diet Atkins – Manfaat Serta Bahayanya (#Paling Lengkap)

Semua jenis diet memang selalu menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu yang relatif cepat seperti salah satu jenis diet yakni diet Atkins. Diet Atkins ini diperkenalkan oleh seorang kardiolog pada walat tahun 70-an yang bernama Robert C. Atkins dari hasil penelitian yang sudah ia lakukan. Sekarang ini, memang mulai banyak pro dan kontra yang mulai bermunculan tentang diet Atkins tersebut mengenai tingkat keamanan saat menjalankan diet tersebut. Akan tetapi, sampai saat ini tetap banyak pelaku diet yang menjalankan jenis diet ini. Untuk lebih lengkap tentang pengertian, manfaat dan bahaya dan cara diet atkins ini, bisa langsung kamu simak pada ulasan berikut.

ads

Artikel terkait:

Cara Diet Atkins

Teori dari diet Atkins ini dilakukan dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein namun tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali pada 2 minggu pertama. Pada tahapan ini, maka tubuh akan membangun ketosis sehingga tubuh akan memakai lemak untuk dijadikan bahan bakarnya. Sesudah 2 minggu pertama tersebut dan masuk dalam tahap ke-2, maka pelaku diet diperbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat meski hanya dalam porsi yang kecil dan cara ini dilakukan untuk mempertahankan kadar insulin supaya tetap rendah dan menghentikan tubuh untuk mengubah makanan menjadi lemak.

Artikel terkait:

Teori yang digunakan dalam diet Atkins ini adalah jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka kadar gula akan menumpuk di dalam darah yang kemudian akan menghasilkan insulin setelah itu akan dengan cepat menuju aliran darah dan mengubah gula darah berlebih tersebut menjadi lemak yang dinamakan dengan triglycerides atau trigliserida.

1. Tahapan Induksi

Dalam fase pertama saat menjalankan diet Atkins ini, pelaku diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan berlemak seperti telur, daging, keju berlemak, makanan laut, unggas dan juga sayuran hijau. Dalam tahapan ini, pelaku diet tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini dilakukan untuk mengalihkan metabolisme tubuh dari yang sangat bergantung dengan karbohidrat atau glukosa untuk diubah menjadi energi, menjadi bergantung dengan lemak tersimpan yang akan diubah menjadi energi. Pada fase ini akan terus dijalani selama 2 minggu pertama sejak mulai menjalankan diet Atkins tersebut.

2. Tahap Menyeimbangkan (Fase Penurunan Berat Badan)

Cara Diet Atkins selanjutnya adalah tahap menyeimbangkan. Pada fase kedua yakni tahapan menyeimbangkan atau disebut juga dengan fase penurunan berat badan yang sedang berjalan, pelaku diet akan diperbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat namun dengan kadar yang sangat sedikit yakni sekitar lima gram dalam satu hari selama satu sampai dua minggu. Tujuan dari fase ini adalah sebagai penentu jumlah karbohidrat maksimum yang bisa di toleransi tubuh tanpa harus menyebabkan berat badan bertambah atau proses penurunan berat badan menjadi terhenti. Pada umumnya sekitar 25 sampai 30 gram karbohidrat bersih akan mengendap setiap hari dalam fase kedua ini dan umumnya berasal dari beberapa makanan seperti sayuran non-tepung, biji-bijian, buah rendah karbohidrat, sayuran bertepung dan juga beberapa jenis kacang-kacangan.

Baca Juga :

3. Tahap Pra-Pemeliharaan

Fase ketiga yakni tahap pra-pemeliharaan dalam diet atkins dimulai dengan memperbanyak konsumsi biji-bijian, sayuran dan juga buah bertepung. Pelaku diet harus melakukan tahapan ini secara perlahan yakni dengan menambahkan sekitar 10 gram karbohidrat bersih ke dalam asupan diet setiap minggu yang dilakukan untuk memantau penambahan berat badan.


4. Tahap Pemeliharaan Seumur Hidup

Pada fase keempat ini yang dinamakan tahap pemeliharaan seumur hidup mengartikan jika diet ini harus diteruskan selamanya. Bagi pelaku diet yang sudah mencapai fase ini biasanya sudah mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan namun masih dapat terus mengkonsumsi makanan tanpa perlu mengalami peningkatan berat badan kembali. Pada tahapan ini, kamu harus memiliki pemahaman yang sangat kuat tentang berapa banyak kadar karbohidrat yang bisa kamu konsumsi tanpa perlu menambah berat badan. Kamu bisa memakai informasi ini untuk tetap mempertahankan pola makan yang normal lengkap dengan karbohidrat, sayuran, lemak, daging, buah dan sebagainya.

Artikel terkait:

Manfaat Diet Atkins

Selain Cara Diet Atkins, Diet atkins ini memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk tubuh, sebab asupan karbohidrat akan dikurangi sehingga bisa meminimalisir terserang berbagai penyakit berbahaya yang biasa terjadi karena terlalu mengkonsumsi karbohidrat.

1. Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Manfaat yang paling terasa saat menjalani diet atkins ini adalah penurunan berat badan yang berlangsung cukup cepat karena asupan karbohidrat benar-benar dihilangkan pada fase pertama yang membuat tubuh melakukan proses pembakaran memakai lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

2. Proses Pembakaran Lebih Cepat

Dengan pengurangan glukosa yang berasal dari karbohidrat, maka sumber energi tidak lagi tersedia, sehingga lemak yang tersimpan di dalam tubuh akan mulai di bakar dan membuat berat badan jadi menurun lebih cepat.

3. Menambah Masa Otot

Karena asupan karbohidrat diturunkan serta memperbanyak asupan protein serta lemak, maka massa otot juga akan ikut terpengaruh. Protein tinggi yang ada di dalam tubuh tersebut akan menambah massa otot sehingga tidak hanya akan mengurangi berat badan, namun diet atkins juga akan membentuk tubuh kamu.

4. Tidak Mengganggu Aktivitas

Diet atkins ini juga termasuk diet yang ringan dan mudah untuk dilakukan, selain itu pelaku diet juga masih dapat beraktivitas seperti biasa karena tidak mengakibatkan seseorang kehilangan energi saat menjalani diet ini.

5. Tidak Perlu Merasa Lapar

Program diet yang ada saat ini biasanya memaksa para pelaku diet untuk menahan lapar. Akan tetapi, diet yang dilakukan dengan menahan rasa lapar tersebut justru akan mengganggu metabolisme tubuh. Sementara pada diet atkins, kamu tetap dapat makan tanpa perlu menahan rasa lapar.

Artikel terkait:

Bahaya Diet Atkins

Segala jenis diet memiliki manfaat dan bahaya yang berbeda-beda, sebab dalam menjalani program diet maka akan ada beberapa asupan nutrisi yang tidak boleh untuk disantap seperti halnya pada diet atkins yang juga memiliki efek samping atau bahaya untuk para pelaku diet.

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Dalam diet atkins yang lebih memperbanyak asupan protein seperti daging berlemak, produk olahan susu utuh dan juga makanan tinggi lemak lainnya bisa meningkatkan kadar kolesterol dan juga kemungkinan penyakit jantung.

2. Masalah Pada Ginjal

Dengan memperbanyak asupan protein ke dalam tubuh, maka kinerja organ ginjal akan semakin berat dan tentunya akan memperburuk fungsi dari ginjal tersebut. Saat menjalani diet atkins ini maka buang air kecil juga akan semakin sering sehingga kemungkinan batu ginjal dan beberapa masalah ginjal lainnya bisa saja terjadi.

3. Kecanduan Makanan Kadar Gula Tinggi

Saat menjalani diet atkins, maka asupan karbohidrat akan benar-benar dihilangkan dan tidak boleh di konsumsi sama sekali yang semuanya dilakukan secara mendadak. Hal inilah yang menyebabkan pelaku diet atkins bisa kecanduan pada makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Beberapa gejala yang ditimbulkan adalah jantung berdebar, kelelahan, pusing, lemah dan keluar keringat dingin. Akan tetapi beberapa gejala ini akan hilang dalam beberapa hari. Jika gejala terjadi lebih dari 3 atau 4 hari dan semakin parah, maka hentikan diet secepatnya.

Baca Juga :

4. Sembelit

Sembelit juga menjadi salah satu masalah yang ditimbulkan dari diet atkins ini sebab asupan serat juga dibatasi pada saat menjalankan diet ini. Sembelit akan membuat berbagai limbah di dalam perut sisa hasil pencernaan tidak terbuang dengan baik yang tentunya akan berbahaya bagi tubuh.

5. Ketosis

Bahaya berikutnya yang akan terjadi saat menjalani diet atkins ini adalah terjadi ketosis. Ketosis ini bisa terjadi karena berkurangnya asupan gula sebagai sumber energi sehingga tubuh akan mencerna lemak simpanan lalu menghasilkan keton sebagai zat sisa. Apabila zat keton ini menumpuk di dalam tubuh, maka akan mengakibatkan timbulnya beberapa gejala seperti bau mulut, lelah, pusing, sakit kepala, diare, mual dan gangguan mental seperti stress. Bahkan, ketosis yang terjadi dalam jangka waktu cukup panjang akan mengakibatkan epilepsi intraktabel atau epilepsi yang tidak dapat dikendalikan dengan penggunaan obat dan juga memicu timbulnya beberapa jenis diabetes. Masalah ketosis ini umumnya akan terjadi pada tahap awal diet atkins.

6. Timbul Masalah Kram

Untuk beberapa orang yang menjalani diet atkins juga kemungkinan akan mengalami kram yang terjadi karena kurangnya asupan mineral ke dalam tubuh sehingga memicu timbulnya kram tersebut.

Artikel terkait:

Hal yang paling utama dari Cara Diet Atkins adalah asumsi jika berat badan bisa terjadi karena mengkonsumsi karbohidrat terlalu berlebihan. Sehingga untuk menjalankan diet atkins ini dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat sekaligus meningkatkan asupan protein dan juga lemak. Apabila kamu merasa cocok dengan diet ini, maka tidak ada salahnya untuk mulai mencoba namun tetap lakukan dengan bijak serta memakai pertimbangan yang matang.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!