9 Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Diet

Sumber Karbohidrat KompleksTahukah Anda bahwa tidak semua karbohidrat yang umum dijumpai dapat membuat rasa kenyang bertahan lama?Faktanya, hanya karbohidrat kompleks yang membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Selain tidak membuat rasa lapar cepat kembali, berbagai sumber karbohidrat kompleks juga memiliki banyak manfaat lain khususnya untuk kaum wanita.

ads

Seperti apakah manfaat yang terdapat dalam 10 sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi wanita? Inilah penjelasan selengkapnya:

1. Roti gandum

Roti gandum yang disebut dengan whole wheat bread ini terbuat dari tepung biji gandum utuh. Meskipun masih belum biasa dikonsumsi sebagian orang, namun roti gandum mudah dijumpai pada berbagai supermarket. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dari roti putih biasa, roti gandum sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan diri sendiri dalam jangka panjang. Umumnya, khasiat roti gandum untuk diet diterapkan dalam menu sarapan bersama jus wortel dan telur rebus.

Berbeda dengan roti putih yang menjadi contoh makanan karbo simplex, roti gandum memiliki serat lebih banyak sehingga tidak mudah membuat lapar lagi. Khususnya lagi bagi wanita hamil, mengonsumsi roti gandum terbukti dapat menurunkan tekanan darah, risiko diabetes, dan asma. Roti gandum juga mengandum kalsium yang baik untuk perkembangan janin. Selain itu, roti berwarna coklat dan bertekstur kasar ini menyediakan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh para wanita hamil.

2. Ubi

Salah satu contoh makanan karbo komplex ini terkenal dengan rasa lezat dan harganya yang terjangkau. Tidak hanya itu saja, rupanya ubi berkhasiat untuk menyehatkan vagina serta memicu produksi hormon supaya para wanita tidak lesu dalam beraktivitas. Bahkan ubi mengandung vitamin A untuk menguatkan dinding rahim. Dengan adanya zat kalium dalam ubi, para wanita yang sedang hamil akan terhindar dari nyeri kaki yang sering menyerang mereka.

Untuk wanita yang tidak hamil, ubi dapat dipilih sebagai camilan sehat karena memiliki beragam manfaat. Misalnya adalah menjaga kesehatan mata, mencerahkan kulit, mencegah konstipasi atau sembelit, mengurangi risiko anemia, serta menjaga daya tahan tubuh.

Bahkan percobaan menurunkan berat badan dalam sebulan sebanyak 10kg terbilang sukses melalui khasiat ubi rebus untuk diet. Perlu diketahui pula bahwa saat ini beberapa jenis ubi seperti ubi ungu mulai digunakan untuk bahan pembuatan masker wajah yang baik bagi wanita.

3. Beras merah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa beras merah dapat mengenyangkan perut dalam waktu lebih lama daripada beras putih. Beras merah sendiri mudah ditemukan di pasaran serta memudahkan pelaku diet pemula yang ingin terbiasa tidak mengkonsumsi nasi putih melalui cara diet dengan beras merah.

Secara umum, beras merah sukses mengatasi stress dan memperbaiki kerja otak hingga sistem syaraf karena mengandung vitamin B. Selain itu, beras merah juga mampu menyehatkan tulang dan gigi karena mengandung magnesium dan magnesium. 


Sedangkan untuk wanita beras merah memiliki banyak manfaat dalam bidang kecantikan. Masker yang terbuat dari beras merah terkenal akan antioksidan alami untuk mencegah kerusakan sel hingga penuaan dini. Bagi para wanita dengan kulit berminyak, beras merah akan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Namun pemilik kulit normal juga bisa mendapat khasiat beras merah yaitu untuk melembapkan kulit.

4.  Jagung

Jagung yang lezat dan mudah diolah dalam berbagai aneka makanan seperti jagung rebus banyak mendatangkan kebaikan bagi wanita. Tingginya kadar kalium dalam jagung akan selalu menjaga kesehatan plasenta selama hamil sehingga baik dimakan secara rutin.

Selain itu, jagung juga memiliki senyawa baik lain seperti zeaxanthin, tiamina, dan asam pantotenat. Ketiga zat ini berturut-turut berkontribusi untuk menghindari cacat otot bayi, mengembangkan fungsi otak bayi, dan menyempurnakan organ janin lebih cepat.

5. Kentang

Salah satu dari 9 sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi wanita ini telah akrab menjadi pengganti sarapan maupun menu diet setelah melahirkan. Dalam bidang kecantikan, kentang bermanfaat sebagai pencegah penuaan dini, solusi atas jerawat, mencerahkan kulit, pengangkat sel kulit mati, mengempeskan kantung mata, hingga solusi bintik hitam pada wajah. Hal ini dapat diperoleh melalui irisan kentang, parutan kentang, maupun kentang yang dihaluskan untuk dikompres maupun diolah menjadi scrub.

6. Jamur

Selain membantu menahan rasa lapar, jamur pun baik dikonsumsi oleh wanita karena mengandung banyak zat gizi. Bagi wanita hamil, jamur akan memberi manfaat tinggi jika sudah dicuci bersih dan dimasak sampai matang.

Adapun manfaat yang dimaksud ialah mampu memicu pertumbuhan otot, tulang, dan saraf janin melalui kandungan vitamin B2 yang disebut riboflavin. Karena termasuk dalam makanan rendah kalori dan karbohidrat, maka berat badan Anda tidak akan cepat naik jika mengonsumsi jamur.

7. Quinoa

Quinoa atau biji-bijian yang fleksibel untuk dimasak dalam hampir semua jenis hidangan pembuka, utama, hingga penutup ini sarat gizi untuk kebaikan wanita. Tingginya serat dalam quinoa akan membantu mencegah sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil serta membantu Anda supaya tidak mengalami kenaikan berat badan secara drastis pasca melahirkan. Sebagai sumber protein, vitamin, dan mineral, quinoa sangat membantu pembentukan sel-sel tubuh dan sel darah merah janin supaya lebih baik.

8. Buncis

Meskipun buncis menjadi pantangan makanan dan minuman saat diet asam urat, sayuran ini tetap memiliki manfaat luar biasa khususnya bagi wanita. Contohnya ialah meningkatkan kesuburan, membantu supaya cepat hamil, menjaga kesehatan calon bayi, serta menjadi antioksidan alami. Bahkan khasiat buncis untuk diet terbukti berhasil karena rendah kalori tetapi kaya serat, protein, dan vitamin sebagai asupan nutrisi yang harus masuk ke dalam tubuh.

9. Kacang polong

Jarang diketahui banyak orang, kacang polong termasuk ke dalam sayuran penuh gizi yang tidak boleh dilewatkan. Untuk ibu menyusui, mengonsumsi kacang polong menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas ASI sekaligus menurunkan berat badan. Hal ini karena adanya protein dalam makanan rendah kalori tinggi protein ini. Selain itu, kacang polong mengandung vitamin B9 untuk menghindari cacat tabung saraf bagi calon bayi.

Dengan memilih 9 sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi wanita, Anda akan mampu beraktivitas dengan semangat karena rasa lapar tidak cepat datang. Bahkan, berbagai manfaat kewanitaan mulai dari untuk kecantikan, kesuburan, masa hamil, masa menyusui, dan lain-lain dapat diperoleh ketika rutin mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks. Bagaimana dengan Anda? Selamat mencoba, ya!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan