5 Cara Mempercepat Metabolisme Agar Kurus Secara Alami dan Efektif

Cara Mempercepat MetabolismeMempunyai bentuk tubuh yang ideal adalah impian bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang mempunyai  berat badan yang berlebih atau gemuk.

ads

Banyak orang menilai bahwa cara untuk menurunkan berat badan adalah diet, namun sebenarnya salah satu cara terefektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan mempercepat metabolisme tubuh.

Bagaimana cara mempercepat metabolisme tubuh agar kurus secara alami dan juga efektif? Mungkin beberapa hal berikut ini bisa menjadi rekomendasinya. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu sebaiknya harus berkomitmen untuk melakukannya secara rutin.

  1. Meningkatkan jumlah kandungan protein

Memperbanyak konsumsi makanan rendah kalori tinggi protein bisa menjadi salah satu cara mempercepat metabolisme tubuh agar kurus secara cepat dan efektif. Makanan yang  tinggi protein seperti ikan, telur, daging, dan lainnya dapat meningkatkan dan juga mempercepat metabolisma tubuh jika dibandingkan dengan makanan berkarbohidrat dan juga berlemak.

Bagi yang sedang diet, mengkonsumsi protein juga lebih baik karena bisa mengatasi rasa lapar dan juga mencegah hilangnya massa otot.  Namun dalam menkonsumsi makanan yang mengandung protein jangan lupa juga untuk diimbangi dengan olahraga agar hasil yang didapat lebih efektif dan juga maksimal.

  1. Minum kopi atau teh

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh juga ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar kurus. Sebuah studi mengatakan kafein bisa meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 3 hingga 11 % namun ini kebanyakan berlaku pada orang yang mempunyai bakat kurus.

  1. Memberbanyak aktivitas gerak tubuh

Dengan melakukan aktifitas yang membutuhkan tubuh untuk banyak bergerak , tentu kita juga membutuhkan tenaga atau energi yang banyak pula. Tubuhpun secara otomatis akan melakukan pembakaran kalori untuk menjadi tenaga, sehingga tidak menumpuk menjadi lemak jahat yang jika dibiarkan akan berdampak tidak baik bagi tubuh.

  1. Memperbaiki kualitas dan waktu tidur

Memiliki istirahat yang cukup dan juga berkualitas bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempercepat metabolisme tubuh agar kurus. Dari hasil sebuah penelitian ditemukan kurang tidur dapat meningkatkan hormon pemicu rasa lapar yang mengakibarkan penumunan hormon bernama leptin yang bisa menyebabkan rasa kenyang. 


Bagi para  penderita insomnia yang ingin memperbaiki kualitas tidurnya bisa mencoba untuk melakukan olahraga ringan sebelum tidur di malam hari seperti sit up. Salah satu manfaat sit up sebelum tidur adalah dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh dan juga sistem pencernaan sehingga bisa menurunkan berat badan.

  1. Mengkonsumsi makanan pedas

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mengkonsumsi makanan pedas seperti cabe juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat metabolisme tubuh agar kurus secara efektif. Makanan pedas seperti cabe mempunyai kandungan capsasin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar dan meningkatkan massa otot  yang menjadi salah satu khasiat cabe untuk diet.

Demikianlah beberapa cara mempercepat metabolisme tubuh agar kurus yang efektif dan juga mempunyai manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Jangan lupa imbangi juga dengan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan hasil yang lebih efektif dan juga maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips