5 Manfaat Senam Pilates Bagi Tubuh dan Menguruskan Tubuh

Senam pilates beberapa tahun belakangan ini memang semakin digemari oleh banyak orang terutama wanita. Senam ini pada dasarnya merupakan versi modern dari yoga yang merupakan bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi serta penguatan tubuh. Selain pilates anda bisa juga mencoba macam-macam senam kebugaran termasuk macam-macam senam lantai yang baik untuk kesehatan.

ads

Manfaat senam pilates sendiri sangat banyak bagi tubuh kita. Oleh karena itu tim dietsehat kali ini akan mengulas tentang manfaat senam pilates. Sederhananya senam pilates berusaha untuk menyeimbangkan dan mengharmonisasikan antara kondisi raga dan juga pikiran kita. Sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Berikut ini manfaat senam pilates yang perlu anda ketahui:

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Gerakan senam yang terdapat didalam pilates dapat membantu otot-otot kita meregang begitu pula dengan persendian. Hal tersebutlah yang dapat membuat tubuh kita meningkat fleksibilitasnya.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh

Senam pilates merupakan bentuk latihan yang dapat juga meningkatkan kekuatan tubuh kita. Gerakannya sangat baik untuk kekuatan tubuh secara keseluruhan meskipun tidak berdampak pada peningkatan massa otot.

3. Mengkoreksi postur tubuh

Bagi anda yang pernah melihat orang melakukan olahraga yoga tentu tahu benar bagaimana gerakan yang dilakukan. Gerakan pada pilates yang kurang lebih sama dengan yoga mampu melatih otot-otot punggung bawah, pinggul, perut serta bagian panggul.

Serta membantu mendukung otot inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh sehingga dapat menjaga postur tubuh kita tetap baik saat duduk maupun berdiri.

Selain itu pilates memungkinkan kita untuk mengambil oksigen saat bernafas dimana hal tersebut dapat membantu memberikan postur tubuh yang stabil dan baik serta mengasah kemampuan motorik halus. Senam pilates juga cocok sebagai olahraga mengecilkan lengan tanpa alat yang aman dilakukan siapapun.

4. Menghindarkan serta mengurangi risiko cedera dan luka

Gerakan pada pilates seperti telah dijelaskan sebelumnya dapat membantu menguatkan otot inti tubuh, elastisitas otot tubuh, meningkatkan mobilitas sendi, serta membuat koordinasi otot dan sendi pada tubuh semakin baik.

Hal tersebut dapat menghindarkan kita dari risiko cedera dan luka, contohnya ketika kita salah tidur atau harus berdiri dengan waktu lama. Otot yang tidak pernah dilatih akan mudah tegang sehingga menimbulkan cedera dan keselo atau kesemutan.

Gejala tersebut dapat dikurangi jika kita ruti melakukan senam pilates. Orang-orang yang mengalami sakit punggung pun disarankan untuk mengikuti senam pilates untuk mempercepat kesembuhan.


5. Membuat kita lebih fokus

Manfaat senam pilates lainnya adalah dapat membantu kita agar bisa lebih fokus. Karena gerakan-gerakan pada pilates itu membutuhkan konsentrasi tinggi. Harmonisasi antara pernafasan, gerakan tubuh, serta pikiran tidaklah mudah dilakukan.

Hal tersebut sangat baik bagi pikiran kita, karena ada banyak gerakan pilates yang berhubungan dengan aktifitas saraf, aktifitas memori serta fungsi kognitif lainnya.

Senam pilates jika dilakukan dengan serius dan rutin sebenarnya akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh. Karena manfaat senam untuk menurunkan berat badan sendiri juga terdapat pada pilates. Apalagi jika diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Pilates juga cenderung bisa dilakukan siapa saja dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Artinya siapapun bisa melakukannya. Jadi kenapa harus menunggu? Cobalah untuk melakukan senam pilates atau senam yang dapat mengecilkan perut dari sekarang. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet