Mari Belajar 7 Macam-Macam Senam Lantai untuk Tubuh Ideal dan Sehat

Macam-Macam Senam LantaiAda banyak jenis senam yang dapat mengecilkan perut sekaligus menurunkan berat badan. Misalnya senam aerobik dan senam lantai. Keuntungan fisik yang didapat dari senam aerobik selain akan membuat anda menjadi kurus juga akan meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

ads

Jenis senam yang saat ini mulai banyak diminati selain senam aerobik adalah senam lantai. Ada banyak macam-macam senam lantai yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini 7 macam-macam senam lantai yang mudah dilakukan dan juga sehat untuk tubuh.

  1. Hand Stand

Macam-macam senam lantai yang pertama adalah hand stand. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan dasar dalam melakukan senam lantai. Gerakan hand stand dilakukan dengan membuat tubuh berdiri di atas tumpuan 2 tangan dan kaki di atas.

Hand stand merupakan olahraga mengecilkan lengan tanpa alat yang bisa anda coba. Awalnya mungkin sulit. Namun, setelah latihan rutin, gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan.

  1. Roll Depan

Sebagai jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan, senam lantai memang memiliki gerakan yang akan cukup menguras tenaga anda. Salah satu gerakan tersebut adalah rol depan. Sebagai gerakan dasar, roll depan dilakukan dengan jungkir balik ke depan hingga tubuh berputar 360 derajat.

  1. Roll Belakang

Roll belakang merupakan gerakan senam lantai yang membuat anda akan mendapatkan manfaat senam bagi tubuh. Sebagai kebalikan dari roll depan, gerakan ini dilakukan dengan berguling atau jungkir balik ke arah belakang hingga tubuh berputar dan kembali ke posisi semula. Anda membutuhkan kelenturan dan keberanian untuk melakukan gerakan ini.

  1. Kayang

Macam-macam senam lantai berikutnya yang harus anda tahu adalah gerakan kayang. Kayang merupakan gerakan olahraga yang bisa menguruskan badan sekaligus membuat anda menjadi lentur.

Kayang merupakan gerakan yang mengharuskan tubuh anda bertumpu pada kedua kaki dan kedua tangan. Anda dapat melakukan kayang dengan membelokan badan anda ke arah belakang hingga tangan menyentuh lantai.

  1. Roda

Gerakan roda dapat anda lakukan dengan tangan dan kaki terbuka lebar sehingga tubuh anda terlihat seperti huruf “X”. Lalu, gulingkan badan anda ke kanan atau ke kiri dengan membuat tangan anda menyentuh lantai terlebih dahulu. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan olahraga mengecilkan lengan yang ampuh.


  1. Head Stand

Meskipun terlihat biasa saja, senam lantai dipilih sebagai salah satu olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan. Gerakan senam lantai membutuhkan tenaga, konsentrasi, dan keseimbangan yang baik dari tubuh anda yang akan membuat anda membakar banyak kalori.

Salah satunya gerakan head stand. Gerakan ini dilakukan dengan membuat badan anda bertumpu pada kepala dan kedua tangan.

  1. Lompat Kangkang

Bagi anda yang mencari cara mengecilkan betis kaki dan cara membuat perut rata, maka gerakan lompat kangkang bisa menjadi pilihan yang tepat. Gerakan ini dilakukan dengan melompati sebuah balok besi atau kayu dengan meregangkan kedua kaki selebar mungkin.

Saat melompat, tangan anda harus bertumpu pada balok tersebut dan kaki anda harus melewati bagian atas balok dan tidak boleh menyentuhnya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet