8 Macam-Macam Senam Kebugaran Untuk Membuat Tubuh Jadi Lebih Sehat

Macam-Macam Senam KebugaranSenam merupakan salah satu olahraga yang difavoritkan oleh banyak orang karena senam termasuk olahraga yang murah dan mudah untuk  dilakukan. Selain itu, olahraga senam  juga bisa dilakukan sendiri maupun bersama-sama supaya lebih menyenangkan.

ads

Ada beragam jenis senam kebugaran yang bisa dicoba dan yang pasti dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga segar. Berikut Macam-Macam Senam Kebugaran yang bisa dicoba supaya olahragamu bisa lebih menyenangkan dan juga tentunya menyehatkan tubuh.

  1. Senam Aerobik

Senam Aerobik bertujuan untuk memperkuat kardiovaskular tubuh, yaitu meningkatkan kinerja jantung sehingga dapat memompa darah lebih banyak ke dalam tubuh. Senam  ini juga disertai dengan gerakan-gerakan dan diiringi musik yang membuat orang merasa senang dan menghilangkan stress.

Senam Aerobik ini juga bisa dilakkan untuk mengencangkan otot. Agar mencapai hasil maksimal bisa juga dilengkapi nutrisi dari makanan penambah massa otot

  1. Senam Kesegaran Jasmani

Senam kebugaran ini mungkin sudah tidak asing dan juga biasa dilakukan di sekolah-sekolah. Hampir sama seperti senam aerobik, senam kesegaran jasmani ini gerakannya juga diiringi musik yang populer di kalangan masyarakarat.

  1. Senam Zumba

Senam Kebugaran yang berasal dari Amerika latin ini juga menjadi salah satu jenis senam yang belakangan ini populer di Indonesia. Senam zumba ini menggabungkan antara tarian dan juga musik latin dan internasional yang mengkombinasikan irama cepat dan pelan.

Gerakan senam zumba ini dirancang untuk dilakukan dengan berulangkali agar menggerakkan dan melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Senam Zumba ini juga dapat dilakukan oleh pria atau wanita di segala usia, termasuk juga bisa dilakukan oleh ibu hamil.

  1. Senam ritmik

Jenis senam kebugaran yang satu ini juga sama seperti senam aerobik, sumba maupun senam kesegaran jasmani yang juga diiringi musik. Perbedaan senam ini dengan senam yang lainnya adalah senam ini menggunakan beberapa peralatan untuk memperindah gerakan senam tersebut,

  1. Senam Artistik

Senam yang satu ini mempunyai irama yang cepat dan eksplosif serta lebih menitikberatkan pada kelenturan dan keseimbangan tubuh. Gerakan senam ini menggabungkan antara gerakan senam aerobik dan juga tumbiling sehingga senam ini dapat terlihat lebih indah.


  1. Senam Trampolin

Sesuai dengan namanya, senam yang juga mulai banyak peminatnya ini dilakukan diatas trampolin sehingga melatih seseorang untuk melakukan loncatan tinggi. Senam Trampolin ini juga terbukti efektif untuk menurunkan berat badan dan melancarkan aliran darah sehingga membuat tubuh menjadi sehat dan bugar

  1. Senam Akrobatik

Senam  ini mempunyai gerakan-gerakan yang cukup cepat dan ekstrim seperti salto dan putaran sehingga mengandalkan kecepatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh. Senam ini dapat melatih motorik dan juga kelenturan tubuh, serta nyali untuk melakukan gerakan yang ekstrem.

  1. Senam Lantai

Senam kebugaran ini mempunyai beragam gerakan seperti meloncat ke belakang, bertumpu pada tangan, keseimbangan, dan lainnya yang dilakukan diatas lantai atau matras. Senam  lantai bisa juga menggunakan alat, seperti burbel dan gym ball maupun tanpa menggunakan alat, dan dapat dilakukan oleh semua usia.

Macam-Macam Senam Kebugaran diatas juga termasuk mempunyai gerakan membakar 1000 kalori yang selain menyehatkan juga bisa dicoba untuk menurunkan berat badan. Dengan kata lain, senam juga merupakan salah satu olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan

Untuk menjaga dan mendapatkan hasil yang maksimal, bisa juga dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai manfaat makanan sehat bagi tubuh. Ada baiknya juga untuk melakukan olahraga senam diatas pada pagi hari agar mendapatkan manfaat olahraga pagi yang tentu baik bagi tubuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan