Inilah Perbedaan Karbohidrat Dan Serat yang Wajib Untuk Diketahui

Perbedaan Karbohidrat Dan SeratSeperti yang sudah banyak diketahui, karbohidrat merupakan suatu zat yang menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh. Namun asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh perlu dikontrol karena jika berlebihan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

ads

Salah satu cara untuk mengontrol asupan karbohidrat yang masuk adalah dengan mengkonsumi makanan berserat yang dapat memperlambat penyerapan gula yang masuk ke tubuh. Sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan beras merah kaya akan serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini akan dibahas mengenai perbedaan karbohidrat dan serat serta fungsi dan manfaatnya yang perlu diketahui untuk kesehatan tubuh kita.

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa atau zat yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi dalam tubuh. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan makanan di dalam tubuh dan juga zat pembangun.

Karbohidrat juga bisa digolongkan menjadi dua yaitu karbohidrat sederhana, yang terbagi lagi menjadi monosakarida dan juga disakarida, dan karbohidrat kompleks yang terbagi menjadi beberapa jenis seperti pati dan juga  serat.

Satu hal yang menjadi ciri karbohidrat sederhana adalah zat atau senyawa karbohidrat tersebut terbentuk dari 1 atau 2 molekul gula. Sedangkan karbohidrat kompleks tersusun setidaknya lebih dari 20.000 molekul gula atau karbohirat sederhana. Inilah yang menjadi dasar perbedaan dari karbohidrat kompleks dan simpleks atau karbohidrat sederhana

Karbohidrat, terutama karbohidrat merupakan salah satu senyawa yang bisa mengakibatkan naiknya tekanan gula darah di dalam tubuh. Maka dari itu, bagi para ahli gizi  menyarankan agar mengkonsumsi makanan rendah kalori dan karbohidrat maupun melakukan diet karbo sebagai salah satu cara diet yang baik dan efektif untuk mengontrol karbohidrat dan juga kalori di dalam tubuh.

  • Serat

Serat merupakan salah satu komponen atau jenis dari dalam karbohidrat kompleks polisakarida nonpati yang membantu memperlambat proses pencernaan makanan sehingga membuat kita juga bisa merasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan karbo complex yang tinggi akan serat juga dapat membantu menurunkan resiko sembelit dan penyakit pencernaan lainnya.


Makanan yang mengandun karbohidrat sederhana seperti nasi memang langsung cepat membuat kenyang namun hal itu tidak berlangsung lama dan juga membuat orang cepat lelah dan mengantuk karena minim serat . Maka dari itu mengkonsmsi makanan berkarbohidrat komplek yang tinggi serat bisa menjadi salah satu alternatif makanan mengenyangkan selain nasi yang lebih menyehatkan.

Serat juga berfungsi menyerap air dan membentuknya menjadi gel selama terjadinya proses pencernaan sehingga juga dapat mengontrol kadar gula darah yang masuk ke dalam . Hal ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana yang kadar gulanya langsung diserap oleh tubuh.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi perbedaan antara karbohidrat dan serat yang perlu kamu ketahui sebagai wawasan untuk tentang asupan makanan yang masuk ke tubuh, Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, terutama makanan dengan karbohidrat sederhana sebenarnya memang tidak dilarang, namun jangan lupa  untuk diimbangi dengan makanan berserat untuk menjaga keseimbangan gizi yang masuk ke tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca dan share artikel ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan