7 Ciri Karbohidrat Sederhana yang Mudah Dipahami

Ciri Karbohidrat SederhanaKarbohidrat pada dasarnya merupakan sebuah senyawa yang terbentuk dari molekul karbon, hidrogen dan oksigen yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Namun banyak orang yang tidak tahu kalau karbohidrat itu sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan juga karbohidrat kompleks.

ads

Dibandingkan dengan karbohidrat kompleks, karbohidrat sederhana mempunyai manfaat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah ciri karbohidrat sederhana dan juga  beberapa contoh makanan karbo simplex atau karbohidrat sederhana yang perlu untuk diketahui.

  1. Hanya mempunyai atau dua molekul gula saja

Sesuai dengan namanya, salah satu ciri dari karbohidrat sederhana ini adalah terbentuk hanya dari satu atau dua buah molekul saja. Karbohidrat sederhana yang hanya mempunyai satu molekul gula saja dinamakan Monosakarida dan karbohidrat yang mempunyai dua molekul gula dinamakan Disakarida.

  1. Molekul gulanya lebih mudah diserap tubuh

Karbo Simplex atau karbohidrat sederhana hanya mempunyai setidaknya satu maupun dua molekul gula sehingga lebih cepat dicerna oleh tubuh manusia. Karena molekul gula dari karbohidrat tersebut lebih cepat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh dengan cepat.

  1. Memberikan efek lebih cepat lelah

Kenaikan kadar glukosa akibat dari karbohidrat tersebut juga langsung dibarengi dengan penurunannya yang juga cepat sehingga membuat orang lebih cepat lelah. Hal ini ditandai juga dengan seringnya mengantuk setelah mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sederhana.

  1. Tidak Mudah dipecahkan dalam proses pencernaan

Walau kadar gulanya bisa diserap tubuh dengan lebih cepat, namun makanan berkarbohirat sederhana ternyata tidak mudah diproses oleh sistem pencernaan. Hal inilah yang mengakibatkan makanan tersebut bisa menumpuk menjadi lemak dan kotoran di tubuh yang berdampak tidak baik bagi kesehatan.

  1. Membuat lebih cepat lapar

Memakan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana cenderung membuat cepat kenyang setelah mengkonsumsinya namun hal tersehidratbut tidak bisa bertahan lebih lama. Hal ini juga disebabkan karena karbohidrat sederhana tersebut membuat kadar gula darah cepat naik namun langsung turun juga dengan cepat.

  1. Minim akan kandungan Serat

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat sederhana juga minim akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia jika dibandingkan dengan karbohidrat kompleks. Hal ini jugalah yang menjadi penyebab lainnya orang menjadi lebih mudah lapar setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat rendah tersebut.


  1. Memiliki Kandungan Kalori yang tinggi

Beberapa jenis makanan maupun minuman yang mempunyai zat karbohidrat sederhana biasanya memiliki kandungan jumlah kalori yang juga terbilang cukup tinggi. Jika kalori tersebut tidak dibakar menjadi energi maka akan menumpuk sebagai lemak yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh

Karena karbohidrat terutama karbohidrat sederhana bisa berdampak tidak baik bagi tubuh, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori dan karbohidrat. Hal ini berguna untuk mengontrol kadar karbohidrat dan juga jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita demi menjaga kesehatan tubuh.

Belakangan ini juga sedang marak  program diet karbo yang diaggap sebagai cara diet yang baik untuk mengontrol dan menurunkan jumlah karbohidrat jahat dalam tubuh. Diet ini dilakukan dengan cara mengganti menu makanan yang mempunyai karbohidrat sederhana dengan makanan lain sebagai sumber karbohidrat untuk diet.

Ya, makanan yang mempunyai ciri karbohidrat sederhana seperti nasi dan mie instan tersebut dianggap sebagai musuh dan pantangan untuk diet karbohidrat yang harus dihindari untuk mensukseskan diet tersebut. Selain mengontrol jumlah kalori dan karbohidrat diet karboo ini juga dianggap efektif untuk menurunkan berat bada,

Demikianlah beberapa hal yang menjadi ciri karbohidrat sederhana yang perlu diketahui dan juga diwaspadai demi menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet