8 Makanan Rendah Kalori Dan Karbohidrat yang Baik Bagi Tubuh dan Dietmu

Makanan Rendah Kalori Dan KarbohidratKarbohidrat merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber tenaga untuk menjalani berbagai macam aktivitas setiap harinya. Namun jika jumlah  kalori dan karbohidrat tersebut terlalu banyak di dalam tubuh justru akan berdampak tidak baik dan menimbulkan berbagai penyakit.

ads

Maka dari itu banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan karbohidrat namun memiliki nutrisi yang dibutuhkan saat diet yang baik bagi tubuh. Berikut adalah beberapa jenis makanan rendah kalori dan karbohidrat serta punya manfaat nutrisi yang baik bagi tubuh.

  1. Daging

Pada dasarnya daging seperti daging ayam, kalkun, kambing, sapi dan lainnya merupakan jeni makanan yang  rendah kalori dan juga karbohidrat.  Namun sebaiknya daging tersebut diolah dengan cara direbus maupun di tumis agar nutrisinya tetap terjaga dan juga tetap rendah kalori dan karbohidrat.

  1. Ikan

Ikan juga merupakan salah satu jenis makanan yang rendah kalori dan karbohidrat serta menjadi salah satu sumber protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Selain protein, ternyata ikan juga kaya akan omega 3 yang merupakan salah satu nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Sayur-sayuran

Walau tidak semua, beberapa jenis sayur-sayuran juga merupakan makanan yang juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin dan mineral namun juga rendah kalori dan karbohidrat. Beberapa jenis sayuran pengganti nasi yang rendah karbohidrat yang bisa dicoba untuk dikonsumsi antara lain Brokoli, tomat, timun, asparagus, lobak, kubis dan paprika.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu jenis makanan yang rendah kalori dan karbohidrat namun kaya akan asam lemak esensial, protein dan serat. Kacang-kacangan ternyata juga merupakan salah satu makanan yang juga dapat menurunkan berat badan secara efektif jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan.

  1. Jamur

Jamur juga merupakan salah satu makanan rendah kalori dan karbohidrat yang sering dikonsumsi para vegetarian sebagai pengganti daging karena teksturnya yang sama. Beberapa jenis jamur, seperti tiram, jamur kuping dan jamur kancing mempunyai vitamin B dan potasium yang tinggi yang baik bagi tubuh.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan juga termasuk ke dalam kategoi makanan yang rendah karbohidrat dan mempunyai banyak manfaat makanan sehat yang baik bagi tubuh. Buah-buahan juga sebaiknya dikonsumsi secara langsung dibandingkan dengan diolah menjadi jus agar nutrisinya tetap terjaga untuk kesehatan tubuh.


  1. Keju

Keju yang menjadi salah satu favorit banyak orang karena kelezatannya juga ternyata merupakan salah satu produk susu yang rendah kalori dan karbohidrat. Keju juga mempunyai kandungan nutrisi baik bagi tubuh yang jumlahnya hampir sama dengan nutrisi dari segelas susu.

  1. Telur

Telur juga merupakan salah satu sumber hewani yang juga rendah kalori dan karbohidrat dan mempunyai banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh tersebut yang terdapat dalam telur antara lain protein, kalium, natrium dan juga berbagai vitamin.

Demikian beberapa jenis makanan yang rendah kalori dan karbohidrat yang tetap bisa menjadi sumber karbohidrat untuk diet yang juga menyehatkan. Mengkonsumsi makanan rendah kalori dan karbohidrat diatas dengan teratur juga dapat menjadi salah satu cara diet karbohidrat yang efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah share dan membaca artikel ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan