Inilah 4 Akibat Kekurangan Karbohidrat Selama Diet yang Patut Diwaspadai

Akibat Kekurangan KarbohidratSudah menjadi rahasia umum bahwa karbohidrat merupakan salah satu zat yang paling penting karena merupakan salah satu sumber energi bagi manusia.Namun, karena menganggap bahwa karbohidrat bisa membuat berat badan bertambah makan  banyak orang melakukan diet dengan mengabaikan fungsi karbohidrat bagi tubuh tersebut.

ads

Akibat kekurangan karbohidrat memang memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan menghambat aktivitas sehari-hari, terlebih jika dibiarkan berkelanjutan. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa terjadi akibat kekurangan karbohirat karena diet yang patut diwaspadai.

  1. Kekurangan energi pada tubuh

Seperti yang sudah disebutkan bahwa karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan bagi tubuh manusia, maka salah satu dampak utama yang terjadi akibat kerkurangan karbohidrat dan juga sebagai  efek samping diet rendah karbohidrat adalah tubuh akan kekurangan energi.

Di dalam karbohidrat tersebut terdapat glukosa sebagai bahan bakar yang diserap tubuh untuk menjadi energi dan juga sangat penting bagi tubuh, terutama otak. Jika jumlah asupan karbohidrat yang mengandung glukosa tersebut ke otak berkurang, maka tubuh juga akan lemas, hilang koordinasi dan juga fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Berat Badan tidak terkontrol

Karbohidrat sering dikatakan sebagai salah satu penyebab utama berat badan seseorang naik, namun anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Mungkin benar jika karbohidrat sederhana seperti nasi merupakan jenis makanan karbohidrat yang dihindari saat diet, namun ada juga makanan mengandung karbohidrat kompleks yang mengandung serat yang justru dapat mengontrol berat badan.

Hal ini dikarenakan kandungan serat tersebut bisa membuat kita bisa merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengontrol nafsu makan. Tentu dengan kata lain, kandungan serat pada  tersebut juga akan membuat berat badan kota menjadi lebih terkontrol. Inilah yang menjadi perbedaan antara karbohidrat kompleks dan simpleks alias karbohidrat sederhana.

  1. Mudah terkena penyakit jantung dan diabetes

Ada sebuah studi penelitian yang juga menyebutkan bahwa salah satu akibat kekurangan karbohidrat yang juga berdampak bagi tubuh adalah bisa lebih rentan terkena penyakit, seperti penyakit jantung atau diabetes. Hal ini terjadi karena kekurangan karbohidrat tersebut justru dapat memicu kadar kolesterol yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan diabetes.

  1. Mudah terkena depresi

Selain berdampak pada fisik seperti kekurangan energi dan juga bisa menimbulkan penyakit, kekurangan karbohidrat pada tubuh jika dibiarkan tentu akan juga berdampak bagi psikis. Salah satu dampak yang terlihat  adalah mudahnya terkena depresi karena selain beban karena banyaknya aktivitas yang mungkin terhambat, kekurangan karbohidrat juga mengakibatkan menurunnya hormon serotonin yang berfungsi untuk menjadi emosi seseorang di dalam otak.

Demikianlah beberapa dampak yang terjadi pada tubuh akibat kekurangan karbohidrat saat diet yang patut untuk diwaspadai. Maka dari itu sebelum untuk memutuskan melakukan diet karbohidrat agar memperhatikan cara diet karbohidrat yang baik dan benar agar tidak memberikan dampak yang buruk bagi tubuh akibat kekurangan karbohidrat.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan serta menginspirasi untuk mulai menjalani diet dan juga pola hidup sehat. Terimakasih sebelumnya sudah membaca dan membagikan artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet