Simak 10 Bahaya Diet Atkins yang Sebaiknya Kamu Waspadai

Bahaya Diet AtkinsDiet atkins merupakan salah satu jenis diet yang cukup populer dimana dalam diet ini Anda diperbolehkan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung protein dan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Diet ini cukup memiliki banyak peminat karena terbilang sangat menyenangkan. Anda bisa makan sebanyak apapun tanpa harus membatasi jumlahnya selama makanan tersebut rendah karbohidrat dan tinggi protein.

ads

Diet ini memastikan bahwa Anda sebagai pelaku diet tidak akan merasa kelaparan maupun tersiksa namun tetap bisa mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Akan tetapi dibalik populeritasnya, diet atkins ternyata menyimpan bahaya yang besar. Fungsi karbohidrat bagi tubuh yang cukup signifiakan memunculkan beberapa bahaya diet atkins yang harus diwaspadai oleh pelaku diet. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi jika diet ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Kurang Serat

Dalam diet atkins, Anda akan fokus dalam mengkonsumsi berbagai makanan sumber protein dan hanya sedikit saja mengkonsumsi karbohidrat, padahal karbohidrat kaya akan serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Menjalankan diet atkins dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan tubuh kurang serat sehingga memunculkan beberapa gejala gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Solusinya Anda bisa mengkonsumsi serat dari buah dan sayuran agar pencernaan tetap sehat karena buah dan sayur merupakan salah satu jenis makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

2. Lemah dan Lesu

Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Saat tubuh kekurangan asupan karbohidrat, maka tubuh akan bekerja lebih keras mencari sumber energi lain yang bisa digunakan dan hal itu cenderung membuah tubuh mudah lemah dan lesu.

Dalam kondisi tersebut Anda harus mengkonsumsi lebih banyak sodium dan minum lebih banyak air agar dapat menjalankan aktivitas seperti biasa. Selain sebagai bahan bakar, fungsi karbohidrat untuk otot yang dapat membuat tubuh siap melakukan beberapa jenis olahraga pun mungkin dapat berpengaruh terhadap gaya hidup Anda.

3. Kram Kaki

Minum terlalu banyak air ternyata juga tidak baik untuk kesehatan karena air dapat mengurangi kadar potasium di dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan potasium maka Anda mungin bisa merasakan kram kaki pada pagi hari saat bangun tidur.

Beberapa jenis makanan seperti pisang dan sayuran berdaun gelap dapat membantu memenuhi asupan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. Memahami cara diet yang benar dan sehat selama melakukan diet rendah karbohidrat memang sangat penting agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

4. Siklus Menstruasi Terganggu

Salah satu bahaya diet atkins bagi wanita adalah terganggunya siklus menstruasi. Kurangnya karbohidrat membuat tubuh stress, lemah sehingga siklus menstruasi pun terganggu. Selain itu, rendahnya kadar leptin dalam tubuh, sel yang mengendalikan rasa lapar di dalam tubuh, juga bisa memicu tidak teraturnya siklus menstruasi. Anda harus tetap mengkonsumsi karbohidrat meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak agar siklus menstruasi tetap lancar. 


5. Tulang Rapuh

Saat tubuh kekurangan karbohidrat, tubuh kurang serat sehingga sistem pencernaan tidak dapat menyerap kalsium dengan baik. Oleh sebab itu, kekurangan kalsium yang menyebabkan rapuhnya struktur tulang pun bisa terjadi. Efek samping diet rendah karbohidrat ini pun mungkin membahayakan kesehat tulang karena kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting.

6. Perubahan Mood

Rendahnya karbohidrat membuat tubuh mengalami rasa lemah dan lesu sehingga memicu stress yang tidak hanya terjadi diluar tetap juga di dalam. Tidak heran jika Anda mengalami perubahan mood saat hal ini terjadi karena tubuh belum terbiasa dengan kondisi tersebut.

7. Resiko Penyakit Jantung

Tingginya konsumsi protein hewani seperti daging yang mengandung lemak tentunya tidak baik untuk kesehatan terutama jantung. Tingginya kadar lemak dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit yang berhubungan dengan kesehatan jantung seperti stroke. Untuk menyiasatinya sebaiknya perbanyak konsumsi protein hewani seperti telur dan ikan yang lebih aman dan rendah lemak. Telur merupakan salah satu jenis makanan yang membuat kurus dalam 1 minggu karena telur mengenyangkan dan rendah kalori.

8. Bau Mulut

Meskipun tidak semua orang mengalami hal ini, bau mulut bisa terjadi saat tubuh terlalu banyak membakar lemak sebagai pengganti energi dan menggunakan lemak untuk menjalankan fungsi otak agar tetap berjalan dengan baik. Hal ini hanya terjadi sementara sampai tubuh terbiasa dengan kondisi rendah karbohidrat tersebut.


9. Susah Tidur

Rendahnya kadar serotonin dan insulin dalam tubuh memicu insomnia yang menyebabkan Anda susah tidur di malam hari. Kurang tidur tentunya dapat membuat kondisi lebih buruk karena tubuh menjadi kurang fit dan mudah terserang penyakit.

10. Detak Jantung Lebih Cepat

Saat tubuh dehidrasi dan kadar sodium pun rendah disebabkan oleh kurangnya asupan karbohidrat, jantung berdetak lebih cepat dan lebih kencang dari biasanya karena jantung harus bekerja lebih keras memompa darah dikarenakan kurangnya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kondisi ini normal terjadi di awal diet dan mungkin tubuh lama-lama akan terbiasa sehingga detak jantung bisa kembali normal. Cara alami untuk menguruskan badan salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih, disamping untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi, air juga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak.

Beberapa bahaya diet atkins diatas memang kelihatannya sepele, namun jika dibiarkan tentunya dapat membahayakan kesehatan. Mengurangi asupan karbohidrat memang baik, namun jika jumlahnya terlalu kecil maka tubuh pun akan kehilangan salah satu nutrisi yang dibutuhkannya. Jadi meskipun sedang menjalani diet atkins, tetap konsumsi gizi seimbang dan makanan sehat agar tubuh kurus namun tidak berpenyakit. Anda juga bisa mempelajari beberapa cara diet alami dalam waktu singkat sebagai alternatif dari diet atkins.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet