8 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Supaya Sehat dan Kuat

Fungsi Karbohidrat Bagi TubuhBagi manusia, karbohidrat merupakan suatu senyawa penting untuk melangsungkan hidup. Sumber karbohidrat yang umum dijumpai terbagi atas dua kategori yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat simpleks dimana keduanya merupakan asupan penting setiap harinya. Adapun alasannya tak lain ialah fungsi karbohidrat itu sendiri.

ads

Tidak hanya fungsi karbohidrat untuk otot, pengaruh karbohidrat untuk tubuh pun perlu diperhatikan supaya terjadi kelancaran beraktivitas sehari-hari maupun peningkatan kualitas fisik yang diharapkan. Inilah 8 fungsi karbohidrat bagi tubuh supaya sehat dan kuat:

1. Sebagai bentuk simpanan energi dalam berbagai fungsi

Banyak orang tidak pernah merasa cukup dalam mengonsumsi sumber gizi entah karena menyukai makanan tersebut atau merasa perlu untuk melakukan aktivitas padat. Ketika hanya sedikit energi yang dikeluarkan, masih ada sisa atau cadangan energi yang disimpan dalam tubuh. Salah satu zat gizi atau energi cadangan tersebut ialah karbohidrat.

Karbohidrat menjadi energi cadangan yang berbeda ketika memasuki organ yang berbeda pula. Misalnya dalam hati, glukosa sebagai salah satu bentuk molekul karbohidrat akan disimpan dalam bentuk glikogen. Senyawa ini berguna untuk menormalkan kadar gula dalam darah di antara waktu makan.

Tidak hanya di hati, glikogen atau cadangan karbohidrat berupa glukosa mampu disimpan oleh otot. Disebut dengan glikogen otot, senyawa ini digunakan oleh sel otot supaya Anda mampu melakukan latihan atau berolahraga intensitas tinggi. Kaitan aktivitas dan makanan ini perlu dipelajari lebih lanjut seperti pilihan antara lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga sesuai dengan orientasi jangka panjang.

Ketika karbohidrat dalam bentuk glukosa dan glikogen sudah melebihi jumlah normal, maka sisa karbohidrat akan disimpan menjadi lemak. Dalam kadar baik, lemak berguna untuk memberi perlindungan berupa pengaturan suhu tubuh, kesuburan, dan penyerapan vitamin. Namun jika jumlahnya terlalu banyak akan menjadi penyebab obesitas yang paling sering dijumpai.

2. Sebagai sumber energi utama

Tubuh terdiri atas berbagai organ yang bekerja dengan bantuan energi. Adanya karbohidrat berguna untuk menjadi sumber energi dalam melakukan hampir semua aktivitas. Selain menjadi bahan bakar bagi otak untuk menerima dan melakukan perintah, karbohidrat juga diproses sedemikian rupa sampai menjadi gula dalam darah. Gula darah ini berperan dalam menjamin kelangsungan hidup yang meliputi menjaga kehidupan sel-sel, menghasilkan gerakan tubuh, menghasilkan panas tubuh, dan lain-lain.

3. Sebagai penjaga kesehatan pencernaan

Saat mengalami masalah pencernaan, tubuh bagian perut akan merasakan sakit yang berbeda-beda mulai dari ringan hingga luar biasa. Hal ini tentu mengganggu kelancaran aktivitas maupun istirahat Anda. Inilah pentingnya karbohidrat yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan secara berkelanjutan.

Adapun jenis karbohidrat yang dimaksud ialah serat. Pada jenis serat larut dalam air, makanan seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan akan menyerap air lalu menjelma berbentuk gel. Hal ini terjadi untuk meningkatkan frekuensi buang air besar bagi penderita sembelit serta mengurangi rasa sakit yang melibatkan gerak usus. Sementara bagi orang tanpa penyakit pencernaan, serat ini akan melancarkan keluarnya feses secara rutin.

Selain serat larut dalam air, ada pula serat tak larut dalam air seperti biji-bijian dan beberapa jenis sayuran. Jenis serat dalam sumber karbohidrat kompleks ini dapat membantu kotoran selama bergerak melewati usus. Maka, Anda akan terlindungi dari potensi penyakit saluran pencernaan.


4. Sebagai penahan asupan kalori berlebih

Pada jenis sumber karbohidrat berserat tinggi atau karbohidrat kompleks, proses pencernaan akan terjadi dalam waktu lebih lama. Hal ini karena struktur kimia dari senyawa di dalamnya lebih rumit. Anda dapat memanfaatkan keuntungannya yaitu rasa kenyang menjadi lebih lama.

Tubuh pun tidak akan cepat tersiksa dengan rasa lapar yang tiba-tiba datang. Dari penjelasan ini, karbohidrat memegang salah satu dari 8 fungsi karbohidrat bagi tubuh supaya sehat dan kuat yaitu penahan masuknya kalori berlebih.

5. Sebagai pencegahan datangnya penyakit bagi organ penting

Masih banyak orang yang keliru karena mengonsumsi karbohidrat justru memicu penyakit khusus seperti diabetes. Nyatanya, penyakit yang dimaksud justru menyerang orang yang sering mengonsumsi contoh makanan karbo simplex seperti sirup, kue manis, mie instan, dan lain-lain, bukannya karbohidrat kompleks.

Justru dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, kadar gula darah dan jantung akan menjadi lebih sehat. Hal ini karena indeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan gula darah secara signifikan serta lebih lama dicerna tubuh. Bahkan tidak semua buah baik dikonsumsi untuk mengontrol gula darah seperti contoh buah yang tidak boleh dimakan saat diet maupun mengalami diabetes menurut indeks glikemiknya.

6. Penjaga berat tubuh seimbang

Salah satu fungsi karbohidrat kompleks yang memotivasi pelaku diet ialah kandungan kadar kalori yang wajar di dalamnya. Sumber makanan tersebut akan mengontrol nafsu makan secara teratur bukannya berlebihan sehingga memengaruhi berat badan. Hal ini benar adanya tanpa mendatangkan kelaparan karena sejatinya Anda sudah memenuhi batas minimal asupan kalori yang wajib masuk ke dalam tubuh.


7. Mengoptimalkan manfaat protein

Rupanya, karbohidrat berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja protein dalam tubuh. Ketika Anda kekurangan karbohidrat, maka tubuh mengambil protein sebagai sumber energi. Akhirnya fungsi protein itu sendiri tidak berjalan dengan baik karena keseimbangan jumlahnya terganggu. Supaya hal ini tak terjadi sebagai ciri-ciri metabolisme tubuh yang baik, Anda harus memenuhi kebutuhan karbohidrat.

8. Menyuplai zat bermanfaat lain

Tidak hanya karbohidrat saja, banyak zat gizi yang dapat ditemukan pada kebanyakan makanan berkarbohidrat. Secara tidak langsung, Anda pun memeroleh manfaat selain dari karbohidrat. Salah satu contohnya ketika mengonsumsi roti gandum, Anda dapat memeroleh berbagai jenis vitamin, antioksidan, zat besi, kalium, dan lain-lain. Ada pula sayuran yang mengandung karbohidrat seperti kentang, jagung, dan kacang polong dimana mudah diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Tidak hanya memelajari 8 fungsi karbohidrat bagi tubuh supaya sehat dan kuat, Anda pun disarankan untuk rutin berolahraga. Bentuk kegiatan olahraga yang dimaksud tidak harus olahraga berat melainkan boleh olahraga ringan seperti bersepeda, lari, maupun berbagai sumber manfaat olahraga pagi bersama orang-orang terdekat. Bagaimana dengan Anda, sudahkah mengonsumsi karbohidrat secara teratur?

, , , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet