Yuk Ikuti 5 Cara Diet di Bulan Ramadhan Agar Puasamu Tetap Khusyuk

Cara Diet di Bulan RamadhanBerpuasa di bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Anda dapat memanfaatkan khasiat puasa untuk diet. Namun, seringkali Anda mendapati berat badan naik setelah selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Anda pasti tidak ingin hal itu terjadi. Anda perlu mengetahui cara diet di bulan Ramadhan supaya tubuh ideal Anda tetap terjaga.

ads

Cara turunkan berat badan di bulan puasa sebenarnya tidaklah sulit. Berikut adalah cara diet di bulan Ramadhan:

  1. Asupan nutrisi yang seimbang

Perhatikan keseimbangan asupan nutrisi saat berbuka dan sahur. Anda dapat mencoba 8 menu diet saat puasa ramadhan sehat dan mengenyangkan. Asupan nutrisi yang seimbang terdiri dari:

  • Karbohidrat diperlukan oleh tubuh untuk membuat glukosa, yang merupakan sumber energi tubuh. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat misalnya gandum utuh, nasi merah, dan kentang.
  • Protein diperlukan untuk menyediakan asam amino esensial yang hanya dapat diperoleh dari makanan. Jenis makanan yang mengandung protein misalnya telur dan kacang-kacangan.
  • Serat membantu usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah dan membantu mengontrol kadar kolestrol dalam darah yang biasanya memuncak saat menyantap hidangan berbuka puasa. Jenis makanan yang mengandung protein diantaranya sayuran dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, apel, dan pisang.
  • Pada kondisi normal maka glukosa tersimpan dalam liver dan otot sebagai sumber energi utama. Saat berpuasa apabila glukosa dalam tubuh habis dibakar maka lemak akan menjadi sumber energi selanjutnya. Lemak sehat dapat diperoleh dari makanan seperti keju, ikan, dada ayam, dan daging sapi tanpa lemak.
  1. Menghindari produk olahan

Hindari produk olahan karena tidak baik untuk kesehatan Anda. Produk makanan olahan dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit seperti obesitas, diabetes, kanker, fertilitas, dan gangguan ginjal. Berpuasa bukan menjadi alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan, sehingga mengandalkan produk makanan olahan.

Anda sebaiknya memasak sendiri menu buka puasa yang sehat dan menu makanan sahur untuk orang diet. Anda lebih baik menggunakan metode tumis, rebus, kukus, dan panggang supaya kandungan nutrisi makanan tetap terjaga.

  1. Makan secara bertahap

Saat berbuka puasa, kebanyakan dari Anda ingin melahap berbagai macam jenis makanan dalam satu waktu. Anda akan merasa kekenyangan, perut terasa sakit, dan kembung. Anda seharusnya berbuka puasa dengan menu yang ringan, seperti memakan buah kurma dan air putih. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan semangkuk kecil salad sayuran atau buah.

Resep menu buka puasa untuk diet ini baik untuk kesehatan Anda. Apabila Anda sudah merasa kenyang setelah mengonsumsi salad, Anda dapat mengonsumsi makanan utama 2 – 3 jam setelahnya atau sehabis melaksanakan shalat Tarawih. Makanan yang berkuah lebih disarankan karena dapat menenangkan perut dan menyegarkan tubuh Anda.


  1. Hindari makanan tinggi gula

Mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa adalah hal yang sangat umum dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Hal ini memang baik, tetapi jangan mengonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah berlebihan. Memakan kurma saat berbuka puasa dapat menjadi pilihan tepat saat berbuka puasa.

Kurma adalah sumber gula yang baik sehingga dapat meningkatkan energi. Kandungan magnesium, potassium, dan serat yang tinggi pada kuram dapat menjaga pencernaan, memperlancar aliran darah, dan mengurangi rasa haus.

  1. Perhatikan asupan cairan dalam tubuh

Pada saat berpuasa, tubuh Anda rentan mengalami dehidrasi. Manfaatkanlah waktu saat berbuka puasa dan sahur untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air supaya dapat membantu tubuh memenuhi asupan cairannya.

Anda dapat mengonsumsi air kelapa, semangka, mentimun, jeruk, dan jenis buah lainnya yang mengandung banyak air. Namun, dari berbagai jenis minuman dan buah-buahan, yang paling wajib dikonsumsi adalah air mineral atau air putih. Minumlah 5 gelas air mineral saat sahur dan 5 gelas saat berbuka puasa.

Inilah penjelasan cara diet di bulan Ramadhan atau tips diet ketika puasa. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara mempertahankan berat badan agar tidak turun dan tips diet setelah berpuasa ramadhan agar tubuh tetap ideal setelah melewati bulan Ramadhan. Bagi Anda yang merasa malas berolahraga saat berpuasa, Anda dapat menerapkan cara diet saat puasa tanpa olahraga.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan