Ini Dia 6 Bahaya Kekurangan Kalori Saat Diet yang Patut Diwaspadai

Bahaya Kekurangan Kalori Saat DietSeperti yang sudah kita ketahui, salah satu fungsi kalori bagi tubuh adalah untuk mengetahui besar energi yang dihasilkan dari zat-zat yang ada pada makanan yang kita konsumsi seperti lemak , karbohidrat dan protein.

ads

Energi yang dihasilkan  tersebut tentu digunakan oleh kita sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalankan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Tentu bahaya kekurangan kalori bisa mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan juga dapat menghambat untuk beraktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa dampak bahahya kekurangan kalori bagi tubuh yang perlu untuk diwaspadai dan perhatikan efek samping diet rendah kalori sebelum memutuskan untuk melakukan diet, terutama diet tanpa kalori

  1. Tubuh menjadi tidak bertenaga

Karena kalori merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui berapa besar energi yang ada pada tubuh, tentu salah satu bahaya kekurangan kalori yang terjadi pada tubuh adalah menjadi tidak bertenaga. Salah satu ciri yang bisa kita rasakan jika kekurangan kalori adalah tubuh menjadi cepat lelah dan jantung bisa berdebar lebih cepat saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

  1. Mempengaruhi siklus menstruasi

Bagi wanita, ternyata bahaya kekurangan kalori saat diet juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi yang biasa dialami menjadi tidak lancar atau teratur. Jika mengalami hal demikian ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori dan bila perlu konsultasi ke dokter atau ahli gizi.

  1. Menjadi mudah cemas

Bahaya kekurangan kalori ternyata tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik seseorang namun juga bisa berpengaruh terhadap kondisi psikisnya atau kejiwaannya juga. Ya, akibat kekurangan kalori tersebut, seseorang menjadi lebih mudah merasa cemas dan depresi akibat meningkatnya produksi kortisol di dalam tubuh.

  1. Mengalami kerontokkan rambut

Bahaya kekurangan kalori selanjutnya yang mungkin bisa terjadi adalah rambut yang menjadi rontok dan juga kulit yang menjadi terlihat kusam.  Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan  kalori, terutama yang terdapat pada protein dan juga zat-zat penting lainnya seperti zat besi dan juga Biotin.


  1. Mengalami sembelit atau konstipasi

Hal selanjutnya yang mungkin saja bisa terjadi akibat kekurangan jumlah kalori pada tubuh adalah konstipasi alias sulit untuk buang air besar. Maka dari itu jika memutuskan untuk diet pilihlah program diet sehat yang mempunysi nutrisi yang dibutuhkan saat diet dan juga menu diet dengan kandungan serat yang cukup bagi tubuh agar terhindar dari sembelit atau konstipasi.

  1. Memperlambat metabolisme tubuh

Banyak orang yang beranggapan jika melakukan diet dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori bisa menjadi cara diet yang baik untuk menurunkan berat badan.  Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan juga tergantung dari kondisi masing-masing pelaku diet.

Kekurangan kalori pada tubuh ternyata juga bisa memperlambat metabolisme pada tubuh  yang menyebabkan berat badam juga sulit turun. Maka dari itu jika ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan perhatikan juga pola makan untuk menjaga berat badan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuhmu

Demikian beberapa dampak bahaya kekurangan kalori pada tubuh yang perlu untuk dipertimbangkan sebelum melakukan diet. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet