8 Efek Samping Diet Rendah Kalori yang Patut Di Waspdai

diet-rendah-kaloriAda banyak sekali menu sehat untuk diet yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan. Dalam proses diet tentunya membutuhkan menu yang mengandung banyak energi tetapi tetap rendah lemak dan kalori.

ads

Cara diet ada banyak sekali macamnya dan tidak sedikit orang yang mencoba daftar menu rendah kalori seminggu. Ini artinya cara diet rendah kalori mengharuskan Anda untuk mengurangi kandungan kalori di dalam makanan Anda. Namun ternyata ada efek samping diet rendah kalori yang harus Anda waspadai di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dapat merusak jaringan otot pada tubuh Anda

Efek samping diet rendah kalori yang pertama adalah dapat menyebabkan rusaknya jaringan otot pada tubuh Anda. Ada banyak sekali pantangan dari diet kalori yang menyebabkan berkurangnya energi pada tubuh sehingga jaringan otot Anda lambat laun akan mengalami kerusakan hal ini sama dengan pantangan untuk diet kabohidrat.

2. Metabolisme tubuh menjadi lebih lambat

Proses metabolisme pada tubuh merupakan suatu proses penting yang menjaga tubuh Anda dari penyakit serius. Dengan menerapkan sistem diet rendah kalori ini artinya tubuh Anda akan kehilangan kecepatan proses metabolismenya sehingga tubuh Anda rawan terkena penyakit. Bagi Anda yang sedang diet mengecilkan perut Anda juga harus memperhatikan pantangan diet mengecilkan perut.

3. Mulai tidak berfungsinya hormon thyroid

Hormon thyroid adalah hormon yang berfungsi untuk membakar lemak ketika Anda sedang tidur. Ketika Anda sedang menjalankan diet rendah kalori maka hormon thyroid tidak akan bekerja seperti seharusnya karena tidak ada kandungan kalori yang harus di bakar. Anda harus mewaspadai tentang bahaya diet ketogenik bagi tubuh Anda.

4. Produksi enzim penyimpan lemak akan lebih banyak daripada enzim pembakar lemak

Ketika Anda menerapkan diet rendah kalori pada tubuh Anda maka secara otomatis enzim pembakar lemak akan kehilangan pekerjaannya dan enzim penyimpan lemak mulai mengambil alih fungsi enzim pembakar lemak. Selain itu bahaya diet tinggi protein juga harus di hindari.

5. Rasa lapar dan nafsu makan akan meningkat

Tujuan diet adalah agar dapat menekan rasa lapar pada perut tetapi jika Anda memilih diet rendah kalori ini maka nafsu makan dan rasa lapar Anda akan semakin meningkat. Ada baiknya Anda mencoba menu vegetarian pemula daripada menerapkan diet rendah kalori.

6. Produksi lemak menjadi lebih banyak

Ketika awal proses diet rendah kalori maka Anda akan senang karena hasilnya terlihat sangat cepat tetapi jangan salah karena tubuh Anda akan kembali cepat gemuk ketika melakukan diet rendah kalori ini. Anda juga harus mewaspadai efek samping jahe untuk diet.


7. Energi menjadi berkurang

Sumber utama energi pada tubuh adalah dari kalori. Ketika Anda melakukan diet rendah kalori maka tidak ada asupan energi pada tubuh Anda yang akan di bakar sehingga Anda menjadi kekurangan energi untuk beraktifitas. Ada baiknya Anda mencoba cara diet jeruk nipis sebelum tidur yang bagus untuk tubuh Anda.

8. Tubuh menjadi lemas

Karena tidak ada asupan kalori untuk tubuh maka tubuh Anda akan menjadi lemas dan kurang bergairah ketika bekerja.

Beberapa efek samping diet rendah kalori memang harus di waspadai. Dan ada baiknya Anda mencoba cara diet tanpa menyiksa tubuh sehingga badan Anda tetap sehat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet