Inilah 5 Dampak Tidak Pernah Makan Nasi Bagi Tubuh Yang Wajib Kamu Tahu

Dampak Tidak Pernah Makan NasiBagi hampir seluruh orang yang ada di Asia, khususnya Indonesia, nasi, terutama nasi putih merupakan makanan pokok utama yang sudah ada dan juga sudah menjadi tradisi sejak zaman dahulu kala.

ads

Bahkan banyak orang Indonesia yang sering beranggapan bahwa dia belum makan jika hari itu belum mengkonsumsi nasi, padahal sudah mengkonsumsi makanan lain

Namun beberapa tahun ini ada beberapa program diet yang mengkampanyekan untuk tidak makan nasi karena dianggap sebagai biang penyebab obesitas dan dianggap tidak menyehatkan bagi tubuh.

Namun ada baiknya juga sebelum memutuskan untuk diet, sebaiknya pertimbangkan juga bahaya diet tanpa makan nasi karena walupun demikian nasi juga mempunyai nutrisi yang juga baik dan dibutuhkan tubuh.

Berikut ini adalah dampak tidak pernah makan nasi yang perlu diperhatikan dampaknya bagi tubuh sebelum memutuskan diet untuk tidak makan nasi.

  1. Tubuh menjadi kekurangan energi

Salah satu kandungan utama nasi adalah karbohidrat yang menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Maka dari itu,salah satu efek diet tidak makan nasi bagi tubuh yang perlu diperhatikan adalah kekurangan asupan karbohidrat untuk sumber energi.

Dalam memilih berbagai menu untuk program diet, khususnya diet karbo ada baiknya juga memilih makanan pengganti nasi yang mempunyai kalori dan juga jumlah karbohidrat yang cukup bagi tubuh kita. Selain itu perhatikan juga nutrisi yang dibutuhkan saat diet yang tentu mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh dan memberikan hasil yang efektif sesuai yang diharapkan.

  1. Mengalami bau mulut

Salah satu dampak tidak pernah makan nasi lainnya yang juga bisa kita rasakan adalah bau nafas yang menjadi tidak sedap. Hal ini dikarenakan ketika tidak mendapat asupan karbohidrat tubuh akan mengalami kondisi ketosis yang menyebabkan nafas mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  1. Menurunkan mood

Ternyata dampak tidak pernah makan nasi tidak hanya mempengaruhi seseorang secara fisik aja namun juga bisa mempengaruhi psikologis seseorang. Kandungan zat karbohidrat yang ada pada nasi  dapat meningkatkan senyawa serotonin pada otak yang bisa meningkatkan mood atau perasaan seseorang.


  1. Meningkatkan resiko penyakit

Dampak tidak pernah makan nasi juga tidak hanya membuat seseorang menjadi seakan tidak bertenaga,namun juga bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit. Beberapa penyakit ringan seperti sakit kepala hingga penyakit yang cukup berat seperti jantung dan kekurangan nutrisi bisa saja terjadi akibat tidak adanya asupan kalori atau karbohidrat yang masuk karena berhenti mengkonsumsi makanan berkabohidrat seperti nasi

  1. Menurunnya kadar gula darah

Dampak tidak pernah makan nasi lainnya yang juga bisa terjadi pada tubuh kita adalah menurunkan kadar gula darah akibat kurangnya karbohidrat. Hal ini sebenarnya baik karena bisa mengurangi potensi diabetes, namun juga bisa menjadi  gejala penyakit hipoglikemia dimana gula darah yang rendah  tersebut tidak cukup untuk membakar kalori di dalam tubuh

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa dampak tidak pernah makan nasi bagi tubuh kita yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih metode diet. Semoga bermanfaat dan terimakasih juga sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet