11 Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet Yang Sering Diabaikan

Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet sangatlah penting untuk diperhatikan demi kelancaran dan juga kestabilan tubuh. Tubuh tidak lepas dari kata makanan , dimana makanan digunakan untuk sumber energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi mengandung berbagai kandungan yang baik dan tidak baik bagi tubuh. Makanan yang tidak baik dikonsumsi mempunyai kandungan seperti pengawet , pewarna buatan dan pemanis buatan. Sedangkan makanan yang baik dikonsumsi mengandung banyak nutrisi seperti buah-buahan dan serat.Nutrisi memberikan berbagai manfaat bagi tubuh salah satunya saat kita melakukan diet. Diet yang baik bukan untuk menahan lapar melainkan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang sesua kebutuhan tubuh kita, Berikut nutrisi yang dibutuhkan saat melakukan diet .

ads

Baca juga :

Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet

1.Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting bagi makhluk hidup.Karbohidrat merupakan kebutuhan dasar manusia , karena karbohidrat digunakan sebagai sumber energi , sebagai bahan bakar, dan sebagai bahan pembangun. Saat kita melakukan diet , dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi karbohirat ini , karbohidrat dapat kita peroleh dari nasi, gandum, ubi dan kentang. (Baca juga : Cara Diet Bagi Orang Malas )

       2.Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang terpenting bagi tubuh , karena berfungsi untuk membentuk sel jaringan tubuh , dan mampu memperbaiki sel-sel yang telah rusak selain itu protein juga digunakan untuk meningkatkan proses metabolisme termasuk pada pambakara lemak di dalam tubuh. Saat berdiet sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein. (Baca juga : Khasiat Lada Hitam untuk diet )

       3.Serat

Serat sangat baik dikonsumsi bagi tubuh tidak hany yang menjalani program diet saja namun dianjurkan semua orang untuk mengkonsomsi serat ini . Serat berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol dan melancarkan kerja saluran pencernaan , selain itu serat juga berfungsi untuk menurunkan resikogangguan jantung , diabetes , dan beberapa jenis kanker. Serat bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran seperti buah pepaya , sayur bayam dan masih banyak lagi.( Baca juga : Diet Kentang Rebus )

     4.Potasium

Potasium merupakan salah satu nutrisi yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Dimana tekanan darah yang stabil akan meningkatkan kesehatan bagi tubuh. Selain itu potasium juga mampu membantu kesuburan serta fungsi otak dan saraf . Potasium dapat kita peroleh dari makanan seperti kentang , ubi-ubian dan juga pisang. (Baca juga : Cara Diet Dengan Pisang )

    5.Magnesium

Magnesium berfungsi untuk mencegah terjadinya osteoporosis , mencegah tekanan darah yang tinggi , mencegah diabetes, mencegah terjadinya kram otot dan mencegah adanya gangguan jantung, Magnesium dapat diperoleh dari makanan seperti bayam , kacang-kacangan dan lain sebagainya. Untuk terhindar dari  berbagai penyakit diatas maka di anjurkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium. ( Baca juga : Bahaya Diet Mayo  )

     6.Vitamin A

Kita tidak asing dengan kandungan vitamin A ini , bnyak produk makanan yang terdapat kandungan vitamin A . Karena vitamin A sangat berperan dalam tubuh manusia seperti membantu sistem mun tubuh, berperan dalam penglihatan serta dapat digunakan untuk menggantikan sel tubuh yang rusak . Kita dapat memperoleh vitmin A dari makanan seperti buah apel , tomat , strawberry , hati ayam dan sebagainya. ( Baca juga : Bahaya Diet Tanpa Karbohidrat  )

     7.Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit , penglihatan serta untuk menjaga daya tahan tubuh , Karena manfaatnya banyak Vitamin E ini salah satu makanan yang digemari bagi wanita , karena mampu memanjakan kulit dan mengkencangkan kulit. Manfaat lainnya yaitu mampu mengurangi plak yang menyumbat di pembuluh darah  . Vitamin E ini dapat kita peroleh dari buah alpukat , biji bunga matahari , dan kacang almond. (Baca juga :  Cara Diet Ibu Menyusui Secara Alami )

     8.Kalsium

Kalsium merupakan kandungan yang penting untuk tubuh dimana fungsi utamanya yaitu menjaga kepadatan tulang. Kalsium ini memang sangat baik untuk kesehatan tulang , selain itu kalsium juga mampu, menjaga kesehtan menjaga fungsi otot dan ritme detak jantung. Kandungan kalsium dapat diperoleh dari susu , keju , ikan salmon dan pisang. Akan tetapi kalsium ini diserap dengan bantuan vitamin D , tana adanya vitamin D maka tubuh akan kesulitan menyerap kalsium. (Baca juga : Pantangan Diet Pisang)

    9.Vitamin C

Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet yang ke sembilan adalah Vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, manfaat dari vitamin C ini antara lain menjaga tubuh agar tetap vit , sebagai antioksidan , menjaga kesehatan kulit , mengurangi gejala datangnya penyakit seperti demam hingga flu. Vitamin C ini juga sangat baik untuk seseorang yang menjalani diet , karena vitamin C mampu mengurangi nafsu makan. Maka dianjurkan pada orang yang menjalankan program diet untuk mengkonsumsinyaa , akan tetapi tidak boleh berlebihan karena akan mengakibatkan asam lambung naik dan terjadi keracunan.

    10.Lemak baik

Meskipun lemak selalu dianggap negatif akan tetapi lemak juga memiliki manfaat seperti cadangan makanan , melarutkan vitamin . Lemak yang dianjukan pada saat melakukan diet yaitu lemak tak jenuh atau lemak baik , dimana fungs lemak baik yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk mendapatkan lemak baik ini biasanya terdapat pada buah alpukat, minyak zaitun dan biji almond.

    11.Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah yang membantu menyimpan dan membawa oksigen dalam darah ke jaringan tubuh dan organ . Sehingga organ dan jaringan mendapatkan oksigen untuk melakukan fungsi kerjanya.

Nutrisi-nutrisi diatas dianjurkan bagi yang menjalankan diet agar proram diet yang di jalani mendapatkan hasil yang maksimal . Dalam mengkonsumsi nutrisi mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh.

Manfaat Nutrisi Bagi Tubuh

    1.Menjaga Metabolisme Tubuh

Nutrisi sangat berfungsi dalam meningkatkan kerja metabolisme tubuh dimana komponen pokok yang digunakan yaitu karbohidrat , lemak dan protein serta didukung komponen tambahan seperti vitamin dan mineral.


    2.Menjaga fungsi organ

Organ dalam tubuh akan bekerja secara maksimal juka kebutuhan nutrisinya tercukupi . Misalka pada mata akan lebih sehat jika mendapatkan vitamin A , juga pada pencernaan akan lebih  maksimal dalam menghancurkan makanan apabila terdapat Serat pada makanan.
Meningkatkan sistem imun
Sudah sangat jelas nutrisi yang baik di dalam tubuh maka akan menciptakan sistem imun yang baik pul. Tubuh kan terhindar dari berbagai penyakit apabila tubuh kebal terhadap patogen jaht dari luar tubuh . Maka dianjurkan bagi kita untuk memenuhi kebutuhn nutrisi dalam tubuh.

    3.Meningkatkan kualitas hidup

Apabila kita memiliki tubuh yang sehat , bugar , vit dn terhindar dari berbagai penyakit , maka akan meningkatkan taraf hidup seseorang. ( Baca juga : Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet  )

Dampak dari kekurangan nutrisi

Akan tetapi apabila kita kekuranga nutrisi maka yang terjadi adalah timbulnya berbagai masalah pada kesehatan kita .Berikut masalah-masalah yang timbul akibat kekurangan nutrisi.

    1.Menurunnya fungsi mental dan fisik

Jika kita kekurangan nutrisi maka yang terjadi pada fisik kita yaitu merasa cepat lelah saat melakukan aktivitas , merasa letih dan lesu . Selain itu kita juga akan mengalami gangguan memori pada sisitem saraf pusat kita , selain pada fisik kekurangan nutrisi akan menimbulkan dampak negatif untuk mental kita yakni terjadi perubahan kepribadian dan gangguan emosi. ( Baca juga :  Manfaat Buah Lemon untuk Diet  )

    2.Berkurangnya Imunitas Tubuh

Salah satu syarat untuk meningkatkan sistem imin yaitu kebutuhan nutrsi dalam tubuh tercukupi , apabila kebutuhan nutrisi tersebut tidak terpenuhi maka akan berdampak berkurangnya kerja sistem imun yang akan mendatangkan beberapa penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang semakin memburuk. ( Baca juga : Pantangan Dalam Diet  )

Baca juga :

Ternyata nutrisi sangat diperlukan bagi tubuh kita  karena mempunyai berbagai manfaat kesehatan tubuh maka dianjurkan agar kita mencukupi kebutuhan nutrisi apalagi saat menjalankan program diet.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet
Search
Info Diet

Mitos Diet Ini Tak Perlu Anda Percaya Lagi!