4 Cara Diet Atkins Yang Benar, Aman, Dan Efektif Untuk Pemula

Diet secara definisi merupakan jumlah makanan yang dikonsumsi oleh makhluk hidup dalam hal ini manusia. Kata diet yang sebenarnya berarti jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi menjadi berubah makna sebagai aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan kondisi berat badan ideal meskipun secara prinsip tetap dilakukan dengan mengatur pola makan.

ads

Aktivitas diet merupakan salah satu bentuk pengaturan pola makan yang sekarang ini banyak dilakukan dengan berbagai metode untuk mendapatkan berat badan ideal.

Salah satu teknik atau metode diet yang belakangan cukup banyak diikuti adalah diet atkins yang diadaptasi dari Dr. Robert Atkins. Diet Atkins secara definisi merupakan program untuk menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan rendah karbohidrat lewat konsumsi makanan tertentu.

Untuk dapat berhasil dalam menjalankan diet atkins tersebut tentu ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dengan baik. Berikut penjelasan mengenai cara diet atkins yang benar dalam pembahasan di bawah ini.

  1. Fase induksi atau pengenalan

Cara diet atkins yang benar adalah memperhatikan setiap menu makanan yang dikonsumsi sesuai dengan fase yang dilewati. Fase pertama dalam proses diet atkins disebut sebagai fase induksi dimana tubuh akan dipaksa untuk mengganti sumber energi dari karbohidrat menjadi lemak.

Proses induksi yang disebut juga sebagai ketosis ini dilakukan selama kurang lebih dua minggu awal program diet atkins. Selama dua minggu tersebut, menu makanan yang dikonsumsi hanya boleh mengandung 20 gram karbohidrat saja dengan pilihan makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah lemak sehat, protein tinggi, dan sayuran rendah karbohidrat. Proses induksi yang berhasil akan mampu menurunkan berat badan cukup banyak.

  1.  Fase balancing atau penyeimbang

Fase lanjutan setelah dua minggu menjalani induksi diet atkins yang harus dilakukan adalah fase balancing atau penyeimbang. Fase balancing merupakan proses yang dilakukan untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh setelah fase induksi dilakukan.

Dalam fase balancing ini, beberapa menu sehat untuk diet atkins sebagai tambahan dapat diberikan dengan jumlah 10 – 20 gram per sajian yang diantaranya seperti kacang kacangan, biji bijian, buah buahan, dan sayuran lain yang juga rendah karbohidrat. Menghindari gula yang terlalu tinggi juga perlu diperhatikan dalam fase ini sebagai salah satu pantangan diet atkins.

  1. Fase tuning atau penyetelan

Fase tuning merupakan fase lanjutan dari program diet atkins yang terjadi ketika berat badan yang dimiliki merupakan berat badan ideal yang diinginkan. Fase tuning ini dilakukan setelah proses fase balancing berlangsung hingga berat badan yang ada sudah sesuai dengan tujuan berat badan yang diinginkan.


Pada fase tuning ini, karbohidrat dapat ditambahkan dalam menu makanan yang dikonsumsi secara bertahap setiap 10 gram hingga penurunan berat badan yang dirasakan berlangsung secara perlahan. Fase tuning perlu diperhatikan dengan baik dalam cara diet karbohidrat atau diet atkins.

  1. Fase maintenance atau penjagaan

Tahapan akhir dari cara diet atkins adalah fase maintenance dimana tubuh sudah dapat mengkonsumsi berbagai karbohidrat secara bebas karena adanya kebiasaan tubuh untuk mentolerir karbohidrat yang masuk tanpa menyebabkan kenaikan berat badan.

Konsumsi air putih yang cukup harus diperhatikan dalam program diet atkins agar tidak terjadi kondisi dehidrasi. Dalam tahapan penjagaan ini, jenis makanan yang dikonsumsi tetap perlu diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan kalori sehingga berat badan tetap terjaga.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara diet atkins yang benar sesuai dengan fase fase yang harus dilewati dengan baik. Fase induksi yang berlangsung selama dua minggu awal merupakan tahapan kritis yang harus dilakukan dengan baik agar proses diet berhasil dan harus dijaga agar terhindar dari bahaya diet yang salah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan