11 Cara Diet Karbohidrat yang Benar, Baik dan juga Sehat (#Terbukti)

Cara Diet Karbohidrat dapat menjadi pilihan jenis diet yang dapat membantu anda menurunkan berat badan. Banyak sekali jenis dan program diet yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan berat badan impiannya. Namun semua itu harus dilakukan sesuai dengan aturan yang tepat dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan hal yang fatal. Untuk menghindari itu sebaiknya cari tahu terlebih dahulu secara pasti dan benar bagaimana cara diet yang akan anda lakukan. Selain menjalankan program diet, untuk menghasilkan berat badan yang ideal tidak jauh juga dari kata olahraga. Dan kali ini kita akan membahas tentang cara diet yang sedang terkenal juga di Indonesia, yaitu diet karbohidrat. Mari kita simak penjelasannya.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Karbohidrat 

cara diet karbohidratKarbohidrat yang paling kita ketahui adalah nasi dan nasi juga menjadi makanan pokok penduduk di Dunia. Nasi dengan nama latin Oriza Sativa mengandung tinggi karbohidrat yang apabila masuk kedalam tubuh akan diubah menjadi energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nasi juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan dalam tubuh, nasi juga mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Kandungan asam amino yang begitu tinggi pula pada nasi berfungsi untuk meningkatkan massa otot tubuh. Nasi berasal dari beras, dan beras sendiri terbagi dalam beberapa jenis seperti beras merah, beras ketan, beras hitam, beras coklat dan lainnya. Nasi putih sangat cocok apabila dijadikan sebagai menu utama untuk orang yang terkena gangguan ginjal dan juga hipertensi atau yang biasa disebut tekanan darah tinggi. (Baca Juga :  Minuman Sehat Untuk Diet )

Selain nasi putih, makanan lain yang mengandung tinggi karbohidrat yaitu Gula, Tepung Sagu, Jagung, Mie Instan, Singkong, Pasta, Pisang, Nanas, Mangga, Apel, dan lain sebagainya. Namun karbohidrat sendiri sangat dibutuhkan dalam tubuh, karena karbohidrat memiliki manfaat seperti :

  • Mengendalikan berat badan yang berlebih
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Menurunkan resiko penyakit jantung
  • Mengatasi sembelit
  • Menyehatkan sistem pencernaan
  • Menjaga terjadinya kerusakan pada otot tubuh
  • Mengatur kenaikan kadar gula darah
  • Meningkatkan kinerja otak
  • Menambah stamina tubuh

Namun dari sekian banyak manfaat yang dikandung oleh karbohidrat, jika anda mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan tak terkendali maka akan menimbulkan hal fatal seperti :

  • Terserang penyakit Diabetes 2
  • Merusak Enamel gigi
  • Jantung koroner
  • Pengerasan atau penyumbatan pada pembuluh darah
  • Stroke
  • Tubuh dapat memproduksi melak yang berlebih
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh
  • Sembelit

Baca Juga :

Jenis Karbohidrat 

Karbohidrat sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu :


1. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang mengandung satu atau pun dua molekul gula saja. Karbohidrat sederhana ini banyak ditemukan dalam gula dan juga permen yang diberi tambahan gula. Karbohidrat sederhana juga dibagi menjadi dua kategori yaitu Monosakarida (terdiri dari satu molekul gula) dan juga Disakarida (terdiri dari 2 monosakarida yang menjadi satu). Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah sirup, selai, gula pasir, gula merah, kue, permen, jelly, yogurt, susu, buah, dan juga coklat. (Baca Juga : Diet Golongan Darah B )


2. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang mengandung lebih dari 2 molekul gula dan terikat dalam satu rangkaian. Karbohidrat komplek juga terbagi akan dua kategori yaitu Oligosakarida (terdiri dari kurang dari 10 monosakarida dalam jumlah yang sangat kecil) dan juga Polisakarida (terdiri dari banyak monosakarida dan disakarida). Karbohidrat kompleks apabila dikonsumsi akan memerlukan waktu yang lama dalam proses pencernaannya dan mengakibatkan kenaikan kadar gula dalam darah. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu apel, asparagus, mentimun, terung, wortel, kubis, labu, umbi-umbian, tomat, dan juga kentang. (Baca Juga : Diet Golongan Darah A )



Makanan Yang Diperbolehkan Untuk Diet Karbohidrat

1. Sumber Protein Hewani

Makanan yang mengandung protein hewani tentunya dapat diperoleh dari hewan. Protein sendiri sangat baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang benar karena sebagai sumber energi, memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak, dan juga mengatur suhu dalam tubuh. Makanan yang diperbolehkan dan berasal dari protein hewani adalah daging ayam tanpa kulit, daging, ikan, telur, keju tanpa lemak, daging asap, dan juga susu. (Baca Juga : Diet Paleo )

2. Sayur-Sayuran

Sayur hijau memang baik dikonsumsi, karena sayuran mengandung mineral, serat dan juga mineral. Sayuran yang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam program diet karbohidrat adalah semua jenis sayuran namun cara pengolahannya tidak menggunakan santan kental. Santan mengandung banyak minyak dan juga lemak.

3. Buah-Buahan

Buah-buahan memang sangat baik untuk pencernaan, namun bagi anda yang sedang melakukan cara diet karbohidrat baik mengkonsumsi buah yang mengandung banyak serat. Buah yang banyak mengandung serat seperti pepaya, apel, pisang, alpukat, buah berry, pir, dan juga mangga. Serat dalam tubuh berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, dan juga mengontrol berat badan. (Baca Juga :  Cara Diet Cepat )

4. Protein Nabati

Protein Nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Makanan yang mengandung protein nabati dan baik untuk diet karbohidrat adalah tahu, tempe, kacang-kacangan, susu kedelai. Dalam pengolahan makanan tersebut tidak dianjurkan menggunakan santan maupun digoreng. (Baca Juga :  Cara Diet Alami )

5. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks memang susah untuk dicerna dalam tubuh, namun itu menyebabkan kita menjadi teteap kenyang dan tidak ingin untuk makan. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan baik dikonsumsi seseorang yang sedang diet karbohidrat adalah sereal, jagung, kentang, talas, dan juga umbi-umbian. (Baca Juga :  Pantangan Diet Mayo )

Makanan Yang Tidak Diperbolehkan Untuk Diet Karbohidrat

1. Protein Hewani

Jenis makanan dengan sumber protein hewani yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet karbohidrat adalah Daging berlemak, susu kental manis, jeroan, pengolahan daging dengan cara di beri santan atau digoreng. Pengolahan daging dengan cara dikukus menjadi pilihan terbaik untuk makanan anda. (Baca Juga :  Pantangan Diet Mayo )

2. Sayur-Sayuran

Sayuran hijau memang baik untuk dikonsumsi, sebanyak apapun anda mengkonsumsinya pasti tidak akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Namun jenis sayuran hijau yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet karbohidrat adalah semua jenis sayuran yang diolah dengan menggunakan santan kental.

3. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana memang sangat bagus apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan obesitas. Jenis karbohidrat sederhana yang harus dihindari oleh orang yang sedang melakukan diet karbohidrat adalah nasi putih, gula merah, sirup, dan juga makanan yang berasa asin dan gurih. (Baca Juga :  Cara Diet Dengan Jeruk Nipis )

4. Buah-Buahan 

Tidak ada buah yang tidak bermanfaat, pasti semua bermanfaat. Namun jika anda sedang melakukan diet karbohidrat anda harus menghindari seperti durian, alpukat, dan juga buah-buahan yang diolah dengan cara ditambahkan susu dan gula. Karena susu dan gula mengandung kalori yang cukup tinggi.

5. Santan 

Santan adalah hasil dari perasan kelapa parut. Dalam santan mengandung lemak, protein, kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. Karena kandungan lemak yang tinggi santan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan, menambah kolesterol dalam tubuh, kram pada otot, iritasi pada tenggorokan atau radang, penyakit jantung, dan juga stroke. (Baca Juga :  Cara Diet Dengan Buah Lemon )

6. Protein Nabati 

Jenis protein nabati yang harus dihindari saat melakukan diet karbohidrat adalah jenis kacang-kacangan yang cara memasaknya digoreng.

Baca Juga :

Bahaya Diet Karbohidrat

  1. Terkena penyakit Diabetes Tipe 2
  2. Mudah pusing dan lelah
  3. Dapat mengganggu dan merusak ginjal
  4. Menyebabkan sembelit atau susah buang air besar
  5. Menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang belakang
  6. Daya ingat berkurang

Jadi itulah cara-cara diet karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Namun tetap memperhatikan makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu juga diet ini menyebabkan berbagai jenis penyakit baru apabila dilakukan secara berlebihan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!